6 Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami dan Pasti Aman

Oleh Laudia Tysara pada 13 Agu 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 17:30 WIB
Mata Merah
Perbesar
Ilustrasi belekan. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui cara mengobati sakit mata belekan secara alami akan memudahkan perawatan sakit mata di rumah saja, tanpa konsumsi obat. Pahami, penyebab sakit mata belekan adalah infeksi virus atau bakteri, alergi serbuk sari, saluran air mata tersumbat, mata kering, peradangan kornea, dan iritasi.

Dokter Mata terlatih di negara bagian Washington, Ann Marie Griff, O.D. melansir dari Health Line, pada Sabtu (13/8/2022) menjelaskan cara mengobati sakit mata belekan secara alami tidak semuanya aman. Cobalah cara mengobati sakit mata belekan secara alami yang pasti aman. Seperti apa saja?

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami yang direkomendasikan Dr. Ann adalah mengandalkan air garam steril, kantong teh, kompres hangat, kompres dingin, lebih rajin mencuci handuk dan sarung bantal, serta membuang riasan yang sudah digunakan saat mata belekan.

Berbagai macam cara mengobati sakit mata belekan ini dilakukan untuk mengurangi gejala seperti memulihkan peradangan dan pembengkakan. Kemudian cara mengobati sakit mata belekan secara alami ini dilakukan agar infeksi mata untuk kesekian kali atau pada mata yang lain tidak terjadi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam enam cara mengobati sakit mata belekan secara alami, Sabtu (13/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami

kantong teh
Perbesar
Ilustrasi kantong teh. (sumber: pexels)

1. Air Garam

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah mengandalkan air garam. Menggunakan air garam sebagai cara mengobati sakit mata belekan secara alami dinilai efektif.

Dijelaskan, saline atau cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan air garam mirip dengan air mata, yang merupakan komponen penting mata untuk membersihkan dirinya sendiri secara alami.

Garam memiliki sifat antimikroba, maka cocok dijadikan cara mengobati sakit mata belekan secara alami. Jangan asal membuat air garam sebagai cara mengobati sakit mata belekan secara alami. Lebih direkomendasikan membeli larutan garam steril di apotek atau toko online.

2. Kantong Teh

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah bisa pakai kantong teh.Menempatkan kantong teh dingin di mata saat ditutup bisa menjadi cara untuk beristirahat dan bersantai. Beberapa mengatakan kompres kantong the efektif sebagai cara mengobati sakit mata belekan secara alami.

Beberapa jenis teh memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan. Diungkap, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau, chamomile, rooibos, dan teh hitam semuanya memiliki sifat anti-inflamasi. Inilah mengapa cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kantong teh bisa mengurangi pembengkakan.

Meski demikian, sejauh ini tidak ada penelitian yang menunjukkan bagaimana kantong teh mempengaruhi mata, atau apakah mereka dapat digunakan untuk mengobati infeksi mata. Ingatlah bahwa perawatan anti-inflamasi dapat meredakan gejalanya, infeksi mata seperti belekan harus diobati pada penyebabnya.

3. Kompres Hangat

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah bisa pakai kompres hangat. Jika mata sakit, terinfeksi, atau teriritasi, kompres hangat dapat membantu. Bukti cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres hangat diungkap dalam sebuah studi 2014.

Diungkap, pada studi yang dilakukan untuk 22 peserta, mereka mendapat saran bahwa kompres hangat dapat meningkatkan kesehatan mata pada mereka yang memiliki mata sehat. Kemudian studi tahun 2012, diungkap kompres hangat dapat membantu mereka yang menderita blepharitis, suatu kondisi yang melibatkan kelopak mata yang meradang dan berkerak.

Penting untuk dicatat, meskipun kompres hangat dapat memberikan kelegaan atau menjadi cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan meredakan gejala, tetapi ini tidak dapat menyembuhkan kondisi tersebut.

Begini cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres hangat yang dimaksudkan:

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres hangat, rendam kain dalam air hangat dan oleskan dengan lembut ke mata.

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres hangat, gunakan air panas, tapi jangan terlalu panas, agar tidak membakar diri sendiri.

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres hangat, pastikan kain yang digunakan bersih, agar mata tidak terkena lebih banyak kuman.


Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami

Hobi Mengunyah Es batu
Perbesar
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/Troung

4. Kompres Dingin

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah menggunakan kompres dingin. Mirip dengan kompres hangat, Seperti kompres hangat, cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres dingin tidak sepenuhnya menyembuhkan infeksi mata. Melainkan meredakan gejala serta mengurangi pembengkakan.

Begini cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres dingin yang dimaksudkan:

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres dingin, rendam kain dalam air dingin dan oleskan dengan lembut pada mata atau mata.

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres dingin, membekukan kain basah dalam kantong plastik yang dapat ditutup rapat selama beberapa menit sebelum menggunakannya pada mata.

- Cara mengobati sakit mata belekan secara alami dengan kompres dingin, jangan menekan keras pada mata atau meletakkan es langsung di mata atau kelopak mata.

5. Mencuci Handuk dan Sarung Bantal

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah lebih rajin mencuci handuk dan sarung batal. Melakukan cara mengobati sakit mata belekan secara alami ini penting karena benda-benda ini bersentuhan dengan mata yang terinfeksi.

Bahayanya, mereka dapat menyebarkan infeksi ke mata yang lain, atau menyebabkan orang lain atau orang terdekat juga terkena infeksi. Cara mengobati sakit mata belekan secara alami ini direkomendasikan pakai air panas dan deterjen untuk membunuh bakteri yang tersisa.

6. Membuang Riasan

Cara mengobati sakit mata belekan secara alami adalah membuang riasan. Berbagi alat rias tidak dianjurkan. Seperti maskara, eye shadow, dan eye liner, karena berisiko menyebabkan belekan atau infeksi mata.

Maka dari itu, cara mengobati sakit mata belekan secara alami harus disertai membuang riasan milik sendiri yang sempat digunakan saat mata belekan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak akan terjadi infeksi ulang pada diri sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya