15 Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui dan Penjelasannya

Oleh Laudia Tysara pada 13 Agu 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas
Perbesar
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas. Photo by Max Fischer from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah segala energi yang jumlahnya tidak terhingga dan tidak akan pernah habis. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air, angin, udara, matahari, tumbuhan, hewan, hingga mutiara.

Dalam buku berjudul Indahnya Negeriku Ilmu Pengetahuan Alam yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pengertian sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah termasuk sumber daya alam yang dapat dibudidayakan atau dikembangbiakan.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah energi yang akan selalu tersedia, bisa didaur ulang, dan selalu bisa dirasakan manfaatnya bagi makhluk hidup di bumi, khususnya manusia. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dikelompokkan berupa hayati (dari makhluk hidup) dan non-hayati (bukan dari makhluk hidup).

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lima belas contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dari berbagai sumber, Sabtu (13/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui dan Penjelasannya

Gaya
Perbesar
Ilustrasi belajar. Credit: unsplash.com/Windows

1. Air

Air adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau energi yang tidak terhingga. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup. Air bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik. Hampir seluruh makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk kehidupannya.

2. Matahari

Sinar matahari termasuk contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini bahkan bisa dipakai terus menerus. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga. Matahari kerap disebut sebagai pusat galaksi bima sakti.

Sebagian manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga karena sangat ramah lingkungan. Sebagian lagi menggunakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan.

3. Tanah

Tanah adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga bisa mengembangkan dirinya sendiri. Tanah memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Tanah sangat bermanfaat untuk pertanian, perkebunan, dan pembangunan.

Terkadang, tanah sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui di pakai untuk memasak. Beberapa juga mengganggapnya sebagai pengganti minyak untuk menggoreg kerupuk. Sebagian lagi menjadikannya sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.

4. Tumbuhan

Tumbuhan adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Keberadaannya terkadang harus dikembangkan oleh manusia. Terkadang juga bisa berkembang dengan sendirinya.

Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup di bumi. Tumbuhan sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui bisa pula berupa hasil pertanian. Mulai dari padi, jagung, sayur-mayur, cabai, bawang, dan buah-buahan.

5. Pasang dan Surut Air Laut

Pasang surut air laut adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Bisa disebut sebagai naik dan turun permukaan air laut. Beberapa manusia menjadikannya sebagai sumber tenaga listrik. Sumber tenaga listrik ini sangat membantu pasokan listrik di desa sekitar pesisir pantai.

6. Biomassa

Biomassa adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ini disebut sebagai sisa mahkluk hidup yang sudah mati. Makhluk hidup yang sudah mati ini masih memiliki manfaat untuk kehidupan manusia.

Misalnya saja contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini berupa sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu. Bahan ini biasanya masih bisa di pakai kembali untuk mebel.

Ada pula sisa rumput kering yang bisa digunakan untuk bahan pupuk kompos. Kemudian sisa kotoran hewan yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar seperti biogas.

7. Geotermal

Geotermal adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Dikenal sebagai energi yang berasal dari panas bumi. Energi dari geotermal juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Berbeda dengan batu bara dan bensin.

Geotermal sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui lebih bersih dan ramah lingkungan. Energi ini memang belum banyak dipakai. Jadi, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

8. Udara

Udara adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ini berupa campuran berbagai macam gas yang tak berwarna, tak berbau, dan memenuhi ruang di Bumi. Udara sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui bermanfaat untuk bernapas, membantu penyerbukan bunga, tenaga gerak, dan lain-lain.


Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui dan Penjelasannya

Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas
Perbesar
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas. (Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels)

9. Angin

Angin adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Angin disebut juga udara yang bergerak. Angin biasanya digunakan manusia untuk alternatif pembangkit listrik tenaga angin.

Beberapa manusia juga menjadikan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini sebagai alat pengairan. Sama seperti matahari, angin sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Energi alternatif dari angin sangat murah dan ramah lingkungan.

10. Nuklir

Nuklir adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ini termasuk salah satu energi buatan dari proses pemecahan atom. Nuklir adalah salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini juga kini kerap dipakai sebagai pembangkit listrik. Salah satunya yang sudah menerapkan adalah negara jepang. Nuklir menjadi alasan berhentinya perang dunia kedua.

11. Hewan Darat

Hewan darat adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Seperti tumbuhan, hewan darat bisa berkembang biak sendiri atau dikembangbiakkan oleh manusia.

Hewan darat sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, termasuk makhluk hidup yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Selain berfungsi untuk sumber pangan, hewan darat juga membantu meringankan pekerjaan manusia.

12. Hewan Air

Hewan air adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hewan ini sudah pasti hidup di air. Keberadaan hewan air hampir sama pentingnya dengan hewan darat. Keduanya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pangan makhluk hidup seperti manusia. Ada hewan air tawar dan hewan air asin.

13. Ombak

Ombak adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Ini aliran air laut yang dipengaruhi tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak termasuk contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Keberadaan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini sangat bermanfaat bagi manusia terutama nelayan. Ombak memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Ada pula manusia yang menggunakannya sebagai sumber listrik mercusuar tebing.

14. Mikroba

Mikroba adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tak hanya berperan sebagai pengurai (dekomposer) dalam ekosistem, mikroba sebagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Mulai dari sebagai bahan pangan, obat-obatan, membasmi hama, dan penyelesai masalah pencemaran lingkungan hidup.

15. Mutiara

Mutiara adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Mutiara berupa benda keras yang terbentuk dari jaringan lunak. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini memiliki nilai ekonomi tinggi, misalnya untuk perhiasan dan bahan dasar kosmetik serta obat-obatan. Umumnya mutiara sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui dibudidayakan oleh manusia.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya