8 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman, Bisa Memiringkan Kepala

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 12 Agu 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 19:10 WIB
9 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman, Bisa Memiringkan Kepala
Perbesar
Ilustrasi Telinga Credit: pexels.com/Leva

Liputan6.com, Jakarta Cara mengeluarkan air dari telinga sangat penting diketahui. Saat berenang atau mandi, tiba-tiba telinga kemasukan oleh air, hal ini membuat telinga terasa mampet dan pendengaran menjadi tidak jelas.

Kondisi tersebut membuat kita merasa tidak nyaman dan terganggu setiap kali melakukan komunikasi dengan orang lain. Sayangnya, air yang terlanjur masuk ke dalam telinga sulit untuk keluar.

Kondisi ini apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama akan meningkatkan risiko peradangan dan infeksi pada saluran telinga. Untuk itu, mengetahui sejumlah cara mengeluarkan air dari telinga sangat penting, terutama bagi perenang.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengeluarkan air dari telinga dengan aman yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman

9 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman, Bisa Memiringkan Kepala
Perbesar
Ilustrasi Miringkan Kepala Credit: pexels.com/Karolina

1. Miringkan Kepala

Cara mengeluarkan air dari telinga dengan aman yang pertama adalah dengan memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air.

Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, anda bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

2. Menggunakan Hair Dryer

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah dengan menggunakan hair dryer. Cara menggunakannya adalah dengan pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah. Setelah itu, nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi hingga telinga terasa benar-benar lega.

3. Pencet Hidung

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah pencet hidung. Langkahnya yaitu tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung. Cara mengeluarkan air dari telinga ini akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian. Hal ini bisa mengurangi rasa tak nyaman pada telinga yang kemasukan air.


Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman

9 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman, Bisa Memiringkan Kepala
Perbesar
Ilustrasi bawang putih. (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)

4. Menggunakan Garam dan Kain

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah menggunakan garam dan kain. Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Setelahnya, letakkan garam tersebut dalam kain katun. Letakkan kain tersebut di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit. Cara mengeluarkan air dari telinga ini bisa membantu garam menyerap air di dalam telinga.

5. Teteskan dengan Air

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah meneteskan air kembali ke dalam telinga. Pertama-tama siapkan air hangat (hangat-hangat kuku), kemudian teteskan ke dalam telinga yang kemasukan air sambil memiringkan kepala hingga telinga yang tersumbat menghadap ke atas.

Setelah itu, siamkan selama beberapa detik dan miringkan kembali telinga ke posisi yang berlawanan. Tunggu beberapa saat dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap bahu sampair air mengalir keluar.

6. Bawang Putih

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah dengan bawang putih. Langkahnya yaitu hancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air.

Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti nomor dua. Ini akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.


Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman

9 Cara Mengeluarkan Air dari Telinga dengan Aman, Bisa Memiringkan Kepala
Perbesar
Ilustrasi telinga (Sumber: Unshplash)

 

7. Gerakkan Rahang dan Mulut

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah dengan menggerakkan rahan dan mulut secara bersamaan. Telinga yang memiliki saluran sempit membuat air yang masuk ke dalam telinga sulit untuk keluar. Dengan cara peregangan mulut dan rahang seperti mengunyah dan menguap kadang bisa membantu melegakan saluran yang tersumbat ini. Untuk itu, cobalah menggerak-gerakan rahang dan mulut sampai telinga Anda terasa bebas kembali. Hal ini sedikit membutuhkan waktu lama untuk dapat membuat air di dalam telinga menguap ataupun keluar.

8. Berbaring Miring

Cara mengeluarkan air dari telinga yang selanjutnya adalah berbaring miring. Langkah ini dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan gaya gravitasi, umumnya air akan mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Untuk itu, dengan cara berbaring miring selama beberapa menit dapat membuat cairan bisa dengan mudah keluar. Biasanya daun telinga akan terasa hangat ketika air keluar.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya