9 Cara Melunasi Utang yang Banyak dengan Cepat dan Bijak

Oleh Laudia Tysara pada 12 Agu 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 11:15 WIB
Mimpi Menghitung Uang
Perbesar
Ilustrasi Menghitung Uang. Credit: pexels.com/Olia

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak ketika meminjam pada rentenir hingga pinjam online (pinjol), ini bukan hal yang tidak mungkin. Meski cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak bisa dilakukan kepada pihak-pihak tersebut, lebih baik untuk tidak lagi melakukannya.

Rentenir meminjamkan uang tidak dengan syarat atau dokumen serta identitas lainnya. Banyak orang merasa utang kepada rentenir lebih mudah daripada berutang kepada lembaga jasa keuangan formal. Padahal, rentenir memberi kesempatan utang demikian karena bunga yang dikenakan jauh lebih tinggi atau besar.

Kemudian tak jarang banyak pihak rentenir hingga pinjol yang menagih utang dengan tindakan sewenang-wenang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan pihak-pihak pemberi utang ini berlaku demikian karena tidak ada jaminan atau angunan yang dipersyaratkan pada akad pertama kali.

Nah, agar bisa segera terbebas dari belenggu utang yang banyak, cobalah cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak. Cara melunasi utang yang banyak bisa dilakukan dengan menentukan prioritas, menghitung keseluruhan secara teliti, hingga melakukan negosiasi.

Berikut Liputan6.com ulas sembilan cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak, Jumat (12/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Melunasi Utang yang Banyak dengan Cepat dan Bijak

Menghitung
Perbesar
Ilustrasi menghitung. (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bagi yang sudah terlanjur berutang pada pihak-pihak tersebut, simak cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak berikut. Ini penjelasan cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak dijelaskan oleh OJK:

1. Menghitung Nominal Pembayaran Detail

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah mulai menghitung secara detail nominal pembayaran angsuran. Apabila pemberi utang melakukan penagihan pinjaman, maka ini akan menjadikan penerima utang dapat menerima dan membicarakannya dengan baik-baik.

Mulailah cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak seperti melakukan negosiasi dengan menghitung kembali utang dan bunga yang harus dibayar secara bersama-sama. Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak seperti mengetahui nominal yang harus dibayar dan disepakati bersama, maka pihak penerima utang akan terhindar dari biaya penagihan yang tidak wajar.

2. Memohon Penghapusan Bunga

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah memohon penghapusan bunga angsuran. Bunga angsuran memang sudah menjadi bagian dari utang. Ini yang cukup memberatkan dalam proses pelunasan, apalagi jika persentase bunganya sangat tinggi.

Apabila pihak penerima utang benar-benar merasa tidak mampu untuk membayar sedemikian besar utang, cobalah memberanikan diri melakukan negosiasi dan meminta kebijakan penghapusan bunga kepada rentenir.

Jika rentenir berbaik hati, bukan tidak mungkin permintaan penerima utang dapat dikabulkan. Jikapun rentenir menolak, cobalah untuk meminta potongan atau keringanan bunga kepada pemberi utang. Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak ini solusi kunci agar utang lebih ringan ditanggung.

3. Melakukan Negosiasi Perpanjangan Waktu Pelunasan

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah melakukan negosiasi perpanjangan waktu pelunasan. Negosiasi dapat dilakukan jika penerima utang mengalami kendala dalam melunasi pinjaman.

Pihak penerima utang yang belum pernah meminta perpanjangan waktu kepada pemberi utang, bisa mencoba cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak dengan bernegosiasi terkait perpanjangan tenggat waktu pinjaman.

Jangan asal meminta perpanjangan waktu pelunasan. Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak, wajib menentukan batas waktu pelunasan yang sesuai dengan kemampuan. Lalu pastikan tidak terlalu lama agar tidak semakin terbebani dengan bunga.

4. Meminta Pendampingan Pihak yang Paham

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah meminta pendampingan pihak yang paham tentang utang piutang. Bagi orang yang awam, meminta pendampingan dapat mencegah timbulnya penagihan utang secara paksa dengan menyita barang ataupun menggunakan ancaman.

Penagihan utang sedemikian kejam tidak hanya terjadi di televisi, tetapi benar-benar terjadi di dunia nyata. Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak seperti meminta pendampingan kepada orang yang mengerti kasus utang piutang, akan menjadikan penerima utang lebih tenang menghadapi situasi demikian.


Cara Melunasi Utang yang Banyak dengan Cepat dan Bijak Lainnya

Menghitung
Perbesar
Ilustrasi menghitung. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain cara melunasi utang yang sudah dijelaskan sebelumnya, simak pula cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak lainnya. Cara-cara ini akan membuat proses pelunasan utang menjadi lebih mudah dilakukan dan lancar. Ini cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

5. Menetapkan Skala Prioritas

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah menetapkan skala prioritas. Apabila pihak penerima utang sudah menyusun semua daftar utang yang dimiliki, tetapkan dengan memilih utang dengan suku bunga paling tinggi terlebih dahulu untuk dilunasi.

Kemudian cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak, bayar utang dengan jumlah paling kecil atau tangihan paling ringan terlebih dahulu jika memungkinkan. Apabila sudah, cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah barulah pilih suku bunga yang terbilang rendah.

6. Jangan Selesaikan dengan Berutang

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah benar-benar hindari untuk menyelesaikan utang dengan berutang. Jika sedang giat melunasi utang, jangan membuat utang baru seperti menggunakan kartu kredit.

Sebaiknya cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah selesaikan dulu utang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan pola atau gaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menyelesaikan utang. Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak satu ini perlu benar-benar dipahami.

7. Menggunakan Tabungan

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah menggunakan tabungan yang dimiliki bila memungkinkan. Misalnya tabungan pendidikan atau tabungan pensiun. Jika memiliki tabungan dana darurat, cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah gunakan ini terlebih dahulu.

Apabila utang diperoleh dari dari keluarga, cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak lebih baik melakukan negosiasi agar jangka waktu pelunasan pinjaman diperpanjang. Meski demikian, cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak harus memiliki komitmen untuk melunasi dari penghasilan sehari-hari dan tabungan.

8. Menggadaikan Barang Berharga

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah bisa dengan menggadaikan barang berharga. Misalnya saja bisa menggadaikan perabotan, perhiasan, atau benda lain untuk mendapatkan dana segar untuk melunasi utang.

Melakukan cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak dengan menggadaikan dilakukan untuk menstabilkan keuangan. Apabila sudah melunasi pinjaman dan arus kas stabil, maka menebus barang gadai sudah bisa dilakukan. Selain menggadai, menjualnya juga bisa jadi pilihan.

9. Mencairkan Produk Investasi

Cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak adalah mencairkan produk investasi. Bagi penerima utang lalu kesulitan membayar tetapi memiliki investasi seperti emas atau deposito, cara melunasi utang yang banyak dengan cepat dan bijak cairkan produk investasi ini.

Apabila sudah berhasil melunasi pinjaman utang tersebut, sisihkan kembali penghasilan dan mulailah melakukan investasi kembali. Produk investasi memiliki nilai manfaat keuangan jangka panjang, sehingga cukup penting untuk dimiliki.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya