31 Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh Laudia Tysara pada 12 Agu 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 08:45 WIB
Geliat Perajin Patung Garuda Pancasila Bertahan di Tengah Pandemi
Perbesar
Perajin menyelesaikan proses pewarnaan patung Garuda Pancasila di industri rumahan di Jalan Bali Raya, Jakarta, Kamis (1/10/2020). Selama pandemi, perajin mengaku hanya dapat membuat hingga 15 buah patung Garuda Pancasila dalam sehari sesuai pesanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui bunyi dan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah upaya mengimani dan benar-benar menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Hakikatnya, Pancasila dengan lima sila di dalamnya diciptakan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Dalam buku berjudul Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017) yang dipublikasikan Tunas Karya Guru, dijelaskan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila penting di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan lebih luas lagi diterapkan di lingkungan antarnegara.

Bunyi sila ke-2 Pancasila adalah “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” untuk berbangsa dan bernegara. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah berhubungan dengan norma-norma, moral, dan adab. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah mengutamakan asas kemanusiaan serta saling hormat menghormati.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Jumat (12/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Usaha Menjadikan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO Lewat CFD Berkebaya
Perbesar
Usaha Menjadikan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO Lewat CFD Berkebaya.  foto: dok. Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI)

Memahami contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila berasal dari bunyi sila ke-2 itu sendiri. Bunyi sila ke-2 pancasila adalah “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” yang mengarah pada sikap dan tindakan adil dengan adab kepada seluruh umat manusia, tidak memandang status sosialnya.

Di mana saja contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila ini seharusnya diterapkan?

Dalam buku berjudul Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017) yang dipublikasikan Tunas Karya Guru, dijelaskan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila penting di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan lebih luas lagi diterapkan di lingkungan antarnegara.

Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah berhubungan dengan norma-norma, moral, dan adab. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menjelaskan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah berhubungan dengan nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada potensi hati nurani manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan.

“Sila ini berlaku untuk diri sendiri, juga sesama manusia dan lingkungannya,” dijelaskan.

Adanya contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menjadi penting, mengingat keberagaman dan kemajemukan ras, budaya, bahasa, suku bangsa, dan agama di negara Indonesia. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila adalah mengutamakan asas kemanusiaan serta saling hormat menghormati.

Apa saja contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila yang dimaksudkan? Ini penjelasan contoh pengamalan sila ke-2 yang dijabarkan BPIP:

1. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

2. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

3. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.

4. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.

5. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.

6. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

7. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

8. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah berani membela kebenaran dan keadilan.

9. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.

10. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.


Contoh Pengamalan Sila ke-2 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Selanjutnya

FOTO: Tunjukan Indonesiamu, Satukan Negeri
Perbesar
Penari mengenakan pakaian tradisional menampilkan tarian khas daerah-daerah Indonesia dalam acara "Tunjukan Indonesiamu, Satukan Negeri" di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). Acara yang digelar virtual tersebut untuk mengampanyekan budaya Indonesia dan memperingati HUT ke-75 RI. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila yang sudah dijelaskan BPIP, simak contoh selanjutnya. Ini contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

11. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah setiap manusia Indonesia mengakui dan menghormati adanya martabat manusia lain.

12. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah memanusiakan manusia dan melihat manusia lain sebagai makhluk Tuhan.

13. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam berhubungan dengan manusia lain.

14. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menerapkan perilaku yang beradab.

15. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menjaga adab dan sopan santun dalam berhubungan sosial.

16. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

17. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menghormati hak-hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing orang sehingga tidak terjadi pelanggaran HAM.

18. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak membeda-bedakan suku, ras, bangsa dan agama.

19. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah memberi kebebasan dalam memilih pendidikan.

20. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

21. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah memberi keputusan yang adil dalam keputusan tentang urusan bersama.

22. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menghormati orang tua, menyayangi saudara, dan berbuat baik kepada tetangga.

23. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak mudah hakim sendiri, tidak merasa benar-benar sendiri, serta tidak suka berperang.

24. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah memperlakukan manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai manusia.

25. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak pilih kasih kepada siapapun dan di lingkungan mana pun.

26. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mampu membela yang benar dan tidak ragu menegakkan kebenaran serta mengungkap kebohongan.

27. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi relawan bencana dan membantu korban.

28. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah peka dan memiliki sikap peduli kepada siapapun dan di lingkungan mana pun.

29. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mengembangkan sikap tenggang rasa antar sesama manusia.

30. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah mau saling mencintai antar sesama manusia bahkan hewan.

31. Contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak berlaku dan bersikap semena-mena terhadap orang lain dan makhluk hidup lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya