24 Tempat Wisata Bangkok, Nikmati Pertunjukan Seni hingga Balapan

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 11 Agu 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 14:45 WIB
Grand Palace
Perbesar
Istana Raja Thailand di Bangkok (foto: bangkok.com)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bangkok memang sudah banyak dikenal di seluruh dunia. Ini tidak lain karena daya tariknya yang luar biasa, baik dari dalam hal kesenian, keindahan alam, budaya, dan yang tak kalah penting adalah cita rasa kulinernya.

Selain itu, tempat wisata Bangkok juga memiliki tempat-tempat yang indah, sarat nilai arsitektur dan sejarah yang bisa digali. Dengan mayoritas penduduk beragama Buddha, tempat wisata Bangkok jelas menawarkan keindahan kuil, vihara, dan banyak bangunan menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Sajian kuliner juga menjadi daya tarik lain dari tempat wisata Bangkok. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati sesasi makanan-makanan khas Thailand yang menggugah selera. Yang jelas, Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat wisata Bangkok.

Berikut adalah 25 rekomendasi tempat wisata Bangkok, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tempat Wisata Bangkok: Menikmati Pertunjukan Seni sampai Balapan

1. Bangkok Art and Culture Center

Bagi pecinta seni, Bangkok Art and Culture Center adalah tempat wisata Bangkok yang wajib dikunjungi. Tempat wisata Bangkok ini memiliki berbagai kegiatan dan pertunjukan yang berhubungan dengan seni. Menariknya, para pengunjung bisa membuat perhiasan sendiri. Pengunjung bisa membuat sendiri perhiasan seperti liontin nama dengan huruf Mandarin, Sansekerta, Jawa, ataupun dengan huruf Thai.

Selain itu, di Bangkok Art and Culture Center, pengunjung bisa melihat berbagai macam lukisan mulai dari abstrak hingga potret foto kenangan para Raja Thailand. Kalian juga bisa melihat pesona keindahan dan kekayaan bumi Thailand yang dikemas semenarik mungkin.

2. Impact Speed Park & Drift Park

{enggemar otomotif dan balapan wajib mengunjungi Impact Speed Park and Drift Park. Sesuai namanya, objek wisata Bangkok Thailand terkenal ini menawarkan speed park dan drift park bagi kalian yang ingin menjajal kemahiran di dalam trek. Selain itu, di sini juga menawarkan Gokart listrik dari Sodi yang pertama di Asia.

Bagi kalian yang sudah mahir speeding, cobalah untuk menantang adrenalin dengan menjajal drifting di Impact Drift Park. Tenang saja, semua wahana ini tersedia untuk segala jenis umur termasuk anak-anak di atas usia 7 tahun.

3. Siam Serpentium

Rekomendasi tempat wisata Bangkok berikutnya adalah Siam Serpentium. Siam Serpentium memiliki koleksi 70 ular yang mengagumkan dari seluruh dunia. Mulai dari yang terpanjang, terbesar hingga yang paling eksotis.

Menariknya, dari awal masuk kalian akan disuguhkan dengan patung kepala ular raksasa yang sedang membuka mulutnya. Jika masuk lebih dalam lagi, para pengunjung akan diajak seperti sedang menelusuri hutan.

4. Koh Phangan

Banyak orang mungkin telah salah sangkah dengan Koh Phangan. tempat wisata Bangkok ini lebih dikenal dengan pesta liar dan kehidupan malam hedonisnya, terutama saat bulan purnama. Namun siapa sangka ini adalah tempat impian para pecinta alam.

Untuk bersenang-senang dan berpesta, Haad Rin adalah tempatnya. Keluar dari keramaian dan temukan pantai yang relatif tenang, air terjun yang masih asli, dan hutan yang rimbun, dan Anda akan melihat bahwa ada lebih banyak hal di pulau pesta yang terkenal itu daripada hanya ember koktail dan cat tubuh neon.

Pasar malam adalah tempat yang tepat untuk mencari makanan Thailand yang lezat dengan harga murah. Di sana juga ada banyak sekolah memasak di mana Anda bisa belajar memasak masakan Thailand.

Di Koh Phangan, Anda akan dengan mudah menemukan pusat meditasi dan yoga, komunitas zaman baru, retret, lokakarya, dan cara lain untuk menemukan keseimbangan batin dan kedamaian.

5. Pantai Railay

Rekomendasi tempat wisata Bangkok lainnya adalah Pantai Railay. Railay merupakan salah satu pantai terindah di Thailand. Pantai ini memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang sangat jernih. Selain menikmati pemandangan pantai, Anda juga bisa mencoba panjat tebing. Sebab, tebing batu di pantai ini seringkali digunakan untuk olahraga memanjat. Cocok banget untuk liburan musim panas.


Tempat Wisata Bangkok: Belanja sampai Dapat Harga Murah

Pulau Koh Phangan, Thailand
Perbesar
Pulau Koh Phangan, Thailand (unsplash.com/Darren Lawrence)

6. Chiang Mai

Tempat wisata Bangkok hampir mirip dengan di Indonesia. Anda juga bisa berbelanja dan bisa melakukan tawar menawar terlebih dahulu. Akan tetapi, Anda harus bisa bahasa Thailand.

Tempat wisata Bangkok di mana Anda bisa berbelanja dan tawar menawar tidak lain adalah Chiang Mai. Chiang Mai buka mulai pukul 05.00 hingga tengah malam. Di sini ada banyak makanan khas Thailand yang Anda wajib coba. Di antaranya seperti tom yam kung, mango sticky rice, pad thai, dan masih banyak lagi.

7. Koh Phi Phi

Koh Phi Phi menjadi salah satu daerah wisata Bangkok yang terkenal. Salah satu tempat yang Anda harus kunjungi adalah Monkey Beach. Anda bisa bertatap muka langsung dengan monyet. Lebih serunya lagi, Anda bisa mendayung sendiri perahu kayu kecil yang disewakan. Pantai lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Long beach, spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset.

8. Pulau Krabi

Pulau Krabi dengan keindahan alamnya merupakan destinasi tempat wisata Bangkok yang seakan tenggelam oleh nama Phuket yang terkenal. Bagaimanapun, dapat dikatakan, inilah surga tersembunyi di Thailand, karena keberadaannya tidak banyak diketahui orang.

Bagi yang suka wisata alam dan juga laut, maka Krabi akan menjadi destinasi wajib yang Anda kunjungi saat di Thailand. Pulau yang indah ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan mengagumkan tiada tara.

Bukan hanya pulau Krabi saja, namun gugusan pulau-pulau kecil di sekitar wisata bangkok thailand terkenal juga tak kalah indah dan akan membuat perjalanan liburan semakin berkesan serta menyenangkan. Panorama laut dengan keindahan pulau yang tenang, akan memberikan nuansa liburan yang berbeda dari biasanya.

Bagi para penggemar olahraga diving maupun panjat tebing, Pulau Krabi akan menjadi kombinasi yang sangat sempurna untuk dikunjungi dalam rentetan Wisata Thailand ini. Di sana, Anda dapat menyaksikan beragam pemandangan, mulai dari perkampungan nelayannya yang cantik, hamparan pasir putih halus, pantai berair jernih, hingga jajaran bukit kapur dengan bentuknya yang unik.

Aktivitas seru lainnya seperti snorkeling, kayak atau tracking menyusuri hutan tropis yang rindang juga dapat dilakukan di pulau ini, membuktikan betapa menyenangkannya liburan di Krabi ini. Bahkan tidak hanya itu saja, terdapat pula beberapa sumber air panas yang amat cocok untuk menghilangkan kepenatan saat di sini.

9. Chiang Rai

Candi buatan di tempat wisata Bangkok Thailand terkenal ini berlokasi di wilayah pegunungan Thailand. Yang paling fenomenal di Chiang Rai adalah kuil putihnya. Anda akan merasa di negeri salju, karena candi ini berwarna putih salju seperti kerajaan-kerajaan yang bertahun-tahun lalu.

10. Madame Tussauds

Madame Tussauds merupakan salah satu tempat wisata Bangkok, di mana pengunjung akan dapat bertemu berbagai macam tokoh terkenal. Namun tokoh terkenal itu hadir dalam bentuk patung lilin. Meskipun hanya sekedar patung lilin, namun patung-patung tersebut sangat menyerupai bentuk aslinya.

Madame Tussauds memiliki patung dari beberapa tokoh besar seperti Ir. Soekarno, Lady Diana, Barack Obama, Einstein hingga Mahatma Gandhi. Mark Zuckerberg, Anggun C Sasmi, Beyonce dan Michael Jackson juga ikut memeriahkan museum patung lilin ini. Menariknya, Madame Tussauds juga menyediakan beberapa show seperti Michael Jackson serta Beyonce.


Tempat Wisata Bangkok: Nikmati Pengalaman Serasa di Negeri Dongeng

Wat Arun
Perbesar
Wat Arun (Foto: Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

11. Wat Arun

Wat Arun yang merupakan tempat wisata Bangkok berupa kuil tertua di Thailand, pemandangan di kuil ini benar-benar indah. Terlebih saat malam hari, bias lampu yang menerangi wisata bangkok thailand terkenal di sungai Chao Phraya sangat indah.

12. Phu Tok

Bila ingin menikmati keindahan alam pegunungan, Phu Tok inilah tempatnya. Bagi orang-orang yang gemar mendaki gunung maupun hanya ingin sekedar berjalan-jalan, Phu Tok adalah pilihan bagus. Phu Tok berada di sisi tebing dengan kemiringan yang lumayan terjal.

Inilah mengapa Phu Thok juga populer dengan wisata adrenalinnya, terutama dengan kontur tebing dan jurang yang cukup terjal tersebut. Ketika pagi datang, kabut akan muncul dan menyelimuti permukaan pegunungan, sejenak mengantarkan kita pada sensasi negeri di atas awan, dengan semua keindahan yang ditawarkan tempat dingin ini.

13. Sukhothai

Tempat wisata Bangkok selanjutnya adalah Sukhothai. Sukhothai menawarkan reruntuhan yang megah di berbagai negara bagian pelestarian. Situs tersebar di seluruh kota, sehingga cukup mudah untuk menemukan tempat-tempat yang tenang dan atmosfer untuk dinikmati hampir sendirian.

Dinding yang runtuh, fondasi yang luas, chedi dan pagoda yang mengesankan, patung Buddha dalam semua ukuran dan pose, tiang-tiang yang menjulang tinggi, dan sisa-sisa aula dan bangunan lainnya adalah beberapa di antara hal-hal yang dapat ditemukan di sini.

Kolam yang dipenuhi teratai mengumpulkan sinar matahari dan papan informasi memberikan banyak informasi tentang masa lalu daerah itu yang megah. Wat Traphang Ngoen, Wat Mahathat, Wat Si Chum, Wat Sra Si, dan Wat Sorasak hanyalah beberapa situs untuk ditambahkan ke daftar. Taman Bersejarah Si Satchanalai di dekatnya adalah perpanjangan yang bagus untuk perjalanan.

14. Phuket

Phuket merupakan satu pulau wisata yang ada di Thailand. Tidak berbeda jauh dengan wisata pantai pada umumnya, tempat wisata Bangkok ini menawarkan panorama pantai yang memukau, dengan air laut yang biru dan jernih. Phuket sendiri merupakan satu pulau terbesar di Thailand, yang secara geografis justru didominasi oleh kontur pegunungan.

Di Phuket Anda bisa mengunjungi beberapa tempat di antaranya adalah The Big Buddha, Kamala Beach, Patong Beach, Bang La Road, Phuket Island Safari, Simon Cabaret Show, Wat Chalong, Phuket Old Town, Phuket Butterfly Garden and Insect World, Phuket Aquarium, Crocodile Farm, dan wisata-wisata lainnya.

15. Sung Nong Nooch

Sung Nong Nooch menawarkan pengalaman seperti berada di negeri dongeng. Taman yang sangat indah ini terletak di Pattaya. Eksistensinya pun sudah diakui turis mancanegara. Tempat wisata bangkok ini juga menjadi salah satu taman terindah di dunia. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, kolam renang, kebun binatang, dan ragam kuliner khas Thailand yang lezat.


Tempat Wisata Bangkok: Melihat Ikan Jalan Kaki

Sea Life Bangkok
Perbesar
Sebelum di Malaysia, Sea Life terlebih dulu hadir di Bangkok. (Instagram @grredge/https://www.instagram.com/p/BrWOFOfAEkn/Esther Novita Inochi)

16. Dream World

Dream World memiliki 4 zona di dalamnya yaitu Dream World Plaza, Fantasy Land, Dream Garden serta Adventure Land. Menariknya, di zona Fantasy Land para pengunjung disuguhkan dengan beberapa miniatur bangunan serupa dengan fairy tale seperti Sleeping Beauty, Giant House serta Gingerbread House. Tidak hanya itu saja yang menarik, di zona Adventure Land para pengunjung bisa menikmati sejumlah permainan seperti Viking Ship, Snow Town serta Space Train. Wahana terbaik di Dream World yang tak boleh dilewatkan yaitu bioskop 4 dimensi (4D).

17. The Grand Palace

Thailand merupakan negara dengan bentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Oleh karena itu Negeri Gajah Putih memiliki banyak bangunan dengan arsitektur-arsitektur kuno bertema kerajaan, tidak terkecuali Grand Palace. Bangunan tua yang memiliki berbagai peninggalan sejarah Thailand ini begitu kaya dan unik, di tempat wisata bangkok thailand terkenal ini kamu akan disuguhi pemandangan yang tak ada duanya.

Lokasi ini terdiri dari berbagai bagian, meliputi: kuil, ruang bawah tanah yang menarik dan berisi labirin aula dari kerajaan Thailand di masa lalu, beragam peninggalan sejarah, serta arsitektur yang begitu indah. Kamu akan melihat kekayaan budaya dan kejayaan negara ini di masa lalu dalam arsitektur kuno yang begitu indah dan menakjubkan.

Grand Palace ini amatlah luas. Luas tempat wisata Bangkok ini 500x300 meter. Ada 35 bangunan di dalamnya. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan Raja Rama I. Istana ini berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke-18 hingga tahun 1945. Setelah itu, itu lebih banyak digunakan sebagai tempat menggelar upacara dan ritual kerajaan. Raja Thailand pun tinggal di Istana Chitralada.

18. Sea Life Bangkok Ocean World

Tempat wisata Bangkok memiliki objek wisata yang tak kalah seru yaitu Sea Life Bangkok Ocean World. Ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik bagi anak-anak. Di Sea Life Bangkok Ocean World, para pengunjung akan diajak melihat dan belajar mengenal makhluk laut mulai dari ikan biasa hingga ikan yang unik.

Menariknya, kalian bisa melihat berbagai macam ikan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Misalnya seperti ikan yang berjalan kaki, gurita raksasa, ikan raksasa, ikan dari hutan Amazon serta hiu martil. Para pengunjung juga bisa menikmati berjalan di dalam air serta menyaksikan pertunjukan 4D yang spektakuler mengenai kehidupan laut.

19. Asiatique The Riverfront

Ingin menikmati malam Kota Bangkok? Jika iya, cobalah datang ke Asiatique The Riverfront. Tempat wisata Bangkok ini berhadapan langsung dengan Sungai Chao Phraya yang sangat terkenal. Di sini para pengunjung bisa menikmati berbagai macam kuliner, tempat belanja hingga atraksi permainan yang ditawarkan.

Sembari para orang tua menikmati kegiatan berbelanjanya, sang anak bisa menaiki wahana Ferris Wheel yang menjadi ikonik tempat wisata bangkok thailand terkenal ini.

Tidak hanya itu saja, Asiatique juga menyuguhkan virtual reality seperti menonton secara langsung Muay Thai. Menariknya, di sini terdapat salah satu restoran yang sudah memenangkan Michelin Star yaitu Baan Khanitha. Tenang saja, di sini juga menawarkan beragam kedai makanan, minuman serta pusat oleh-oleh khas Thailand dengan harga murah.

20. Ayutthaya

Salah satu kota kuno Thailand, Ayutthaya yang terdaftar di UNESCO adalah suatu keharusan bagi para penggemar sejarah. Tempat wisata Bangkok ini mudah dijangkau dari pusat kota. Ayutthaya memiliki reruntuhan yang menggugah membawa Anda dalam perjalanan kembali ke masa keemasan Siam.

Wat Yai Chai Mongkhon sangat fotogenik, dengan stupa tinggi yang bisa Anda panjat, dikelilingi oleh deretan patung Buddha berbalut saffron. Sorotan lainnya termasuk Wat Mahathat, dengan kepala batu yang terkenal terbungkus pohon, Wat Ratchaburana, dan Wat Si Sanphet.

Daerah Belanda dan Portugis kuno sangat layak untuk dikunjungi dan pasar terapung adalah tempat yang tepat untuk membeli suvenir. Menyewa sepeda atau, jika Anda seorang pengendara berpengalaman, skuter adalah cara ideal untuk menikmati Ayutthaya, meskipun ada juga banyak tuk tuk di setiap sudut.


Tempat Wisata Bangkok: Kuil hingga Rumah Kayu Jati

Khao San Road Thailand
Perbesar
Suasana malam di Khao San Road, Thailand.

21. Wat Phra Kaew

Tempat wisata di Bangkok Wat Phra Kaew masih berada di dalam kompleks Grand Palace. Kuil paling suci di Thailand ini tampil megah dan mewah karena bangunannya dilapisi warna emas. Di kuil ini, kamu juga bisa melihat patung Buddha paling suci di Thailand, yaitu Emerald Buddha. Kuil yang terbuka untuk umum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik yang ingin beribadah, maupun hanya sekadar berfoto ataupun ingin mengetahui sejarahnya.

22. Khao San Road

Khao San Road adalah tempat wisata di Bangkok yang paling cocok untuk kamu yang ingin berhemat ala backpacker. Di Khao San Road kamu dapat menemukan banyak penginapan murah, tempat wisata kuliner murah, bar, pijat, spa, kios souvenir, penjual pakaian, tas, aksesoris, buku, CD, DVD, jasa tour, tato sementara, dan lain-lain.

Khao San Road cocok dikunjungi pada malam hari, karena Khao San Road baru akan ramai pada saat matahari sudah tenggelam.

23. Vimanmek Teak Mansion

Vimanmek Teak Mansion yang berada di daerah Dusit adalah salah satu tempat wisata di Bangkok yang menarik karena arsitektur bangunannya. Vimanmek Teak Mansion sesuai dengan namanya adalah sebuah istana besar yang seluruhnya terbuat dari kayu jati emas.

Vimanmek Teak Mansion dulunya digunakan sebagai tempat tinggal raja Bangkok dan merupakan istana kayu jati yang terbesar di dunia.

24. Jim Thompson House and Museum

Jim Thompson House and Museum adalah sebuah museum dengan suasana tenang dan damai. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah rumah yang dulunya dimiliki oleh Jim Thompson, seorang pengusaha sutra yang hobi mengoleksi barang-barang kesenian dari negara lain.

Namun, pada tahun 1967, Jim Thompson menghilang pada saat sedang berada di hutan Malaysia dan tidak pernah ditemukan lagi. Sekarang ini di Jim Thompson House and Museum yang telah menjadi salah satu tempat wisata di Bangkok yang menarik, kamu dapat melihat rumahnya yang ia desain sendiri, barang kesenian koleksinya, dan industri sutranya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya