10 Wisata di Padang Bertema Laut, Indahnya Alam Sumatera Barat

Oleh Bimo Bagas Basworo pada 11 Agu 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 11:35 WIB
[Bintang] Sumatera Barat
Perbesar
Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat. (tourerindonesia.blogspot.com)

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai tempat wisata di Padang yang menawarkan segudang pengalaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini memang menawarkan berbagai macam daya tarik bagi para pengunjung, mulai dari kulinernya yang lezat, hingga alamnya yang indah.

Kota Padang identik dengan kulinernya yang terkenal dan juga budayanya yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Akan tetapi, tahukah kamu kalau ada berbagai tempat wisata di Padang bertema laut yang siap untuk dinikmati oleh para pengunjung?

Kota Padang sendiri terletak di pesisir Pantai Barat Sumatera. Di kota ini para wisatawan dapat menemukan banyak destinasi wisata di Padang bertema laut yang menyajikan pesona alam yang indah. Para pengunjung bisa mengunjungi berbagai pantai yang indah yang terdapat di kota ini. Para pengunjung juga dapat mengunjungi berbagai pulau yang terdapat di sekitar Kota Padang sebagai destinasi wisata mereka.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa tempat wisata di Padang bertema laut yang dapat kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata di Padang - Pulau

Pulai Sikuai
Perbesar
Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang ada di Sumatera Barat. (dok.Instagram @pulausikuai/https://www.instagram.com/p/BoBv0wRAN05/Henry

A. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera. Pulau seluas 44 hektar ini adalah tempat wisata di Padang yang terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang.

Di sini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam laut di sekitar Kota Padang. Kamu bisa menikmati indahnya pantai berpasir putih dengan laut birunya yang bersih dan alami di pulau ini. Para pengunjung juga dapat menikmati sajian panorama bawah laut yang indah dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Bila kamu ingin menikmati keindahan pemandangan laut dari ketinggian, kamu juga bisa mendaki ke puncak bukit hutan tropis yang terdapat di Pulau Sikuai. Para pengunjung juga dapat turut berpartisipasi dalam menjaga ekosistem bawah laut di Pulau Sikuai dengan ikut menanam terumbu karang. Di Pulau Sikuai ini juga terdapat resort bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di tempat wisata di Padang ini.

B. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan adalah salah satu tempat wisata di Padang yang populer dan favorit. Pulau ini terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang, tidak jauh dari Pulau Sikuai.

Sama seperti Pulau Sikuai, Pulau Pasumpahan menyajikan potensi alam laut yang sangat indah. Di sini kamu dapat menikmati cantiknya panorama bawah laut dengan jajaran terumbu karangnya yang indah. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati pesona berbagai macam ikan laut yang hidup di perairan di sekitar pulau ini.

Selepas menikmati ekosistem bawah lautnya yang indah, kamu bisa bersantai sembari menyaksikan panorama pantainya yang mengagumkan. Di pulau ini kamu akan disuguhi pemandangan pantai dengan pasir putihnya yang cantik serta laiutnya yang bersih dan alami yang menggoda.

 


Wisata di Padang - Pulau

Pesona Pulau Sirandah Kota Padang. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Perbesar
Pesona Pulau Sirandah Kota Padang. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

C. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah adalah tempat wisata di Padang bertema laut lainnya yang cukup populer. Pulau ini juga terletak di wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Pulau ini terkenal dengan pemandangan pantai berpasir putihnya yang cantik dan pemandangan lautnya yang masih jernih dan eksotis. Dari pantai ini para wisatawan juga dapat menemukan pulau kecil yang berbentuk seperti penyu. Kamu juga bisa berkeliling menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan pantai di Pulau Sirandah dengan menyewa ATV yang disediakan oleh pihak pengelola.

Sama seperti pulau lainnya yang terdapat di sekitaran Kota Padang, Pulau Sirandah juga menawarkan pemandangan bawah lautnya yang indah dan eksotis. Para pengunjung dapat menikmati cantiknya panorama bawah laut perairan di sekitar Pulau Sirandah dengan melakukan berbagai aktivitas laut seperti diving dan snorkeling.

Kamu juga dapat bermalam di Pulau Sirandah. Pihak pengelola menyediakan penginapan berupa cottage yang dapat di sewa para wisatawan yang ingin menikmati suasana malam hari di Pulau Sirandah. Kalau kamu ingin lebih menyatu dengan alam, kamu juga bisa camping di area camping yang disediakan oleh pengelola.

D. Pulau Pamutusan

Tempat wisata di Padang bertema laut lainnya yang dapat kamu kunjungi saat datang ke Sumatera Barat ialah Pulau Pamutusan. Pulau ini dinamakan "Pamutusan" karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir putih ketika air laut surut.

Di Pulau Pamutusan, para pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan pantai berpasir putih dan lautnya yang masih jernih dan alami yang menggoda mata. Selain bersantai di pantai, pengunjung juga dapat mendaki ke puncak bukit yang ada di sekitaran pulau ini untuk menikmati keindahan panorama pantai dan laut dari ketinggian.

Selain bersantai di tepi pantai yang indah, para pengunjung juga dapat menikmati cantiknya panorama bawah laut di Pulau Pamutusan dengan menyewa alat snorkeling yang disediakan oleh pengelola. Para wisatawan akan disuguhi indahnya jajaran terumbu karang yang tumbuh di perairan pulau ini. Pemandangan bawah laut ini semakin cantik dengan hadirnya berbagai macam ikan laut yang berwarna-warni yang hidup di perairan ini.

Para wisatawan juga bisa bermalam di Pulau Pamutusan. Kamu bisa menginap di penginapan yang berada di pulau ini ataupun mendirikan tenda untuk camping di Pulau Pamutusan. Pulau ini terletak di Bungus Teluk Kabung, Padang.


Wisata di Padang - Pantai

Pantai Padang
Perbesar
Pantai Padang (sumber: pariwisata.padang.go.id)

E. Pantai Padang

Pantai Padang adalah salah satu tempat wisata di Padang bertema laut yang terkenal dan populer di kalangan para wisatawan. Pantai ini terletak di Kecamatan Padang Barat.

Pantai Padang cocok kamu jadikan sebagai tempat bersantai. Di sini kamu bisa duduk-duduk santai menikmati indahnya pemandangan laut sembari merasakan berbagai hidangan kuliner yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar pantai ini. Kalau kamu mengajak anak-anak, kamu juga bisa mengajak mereka menikmati area bermain anak dengan beragam fasilitasnya yang tersedia.

Di Pantai Padang juga terdapat berbagai spot foto yang menarik bagi para pengunjung untuk mengabadikan momen liburan indah mereka di pantai ini. Saat cuaca cerah, kamu juga bisa menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam di Pantai Padang.

F. Pantai Pasir Jambak

Pantai lain yang dapat kamu kunjungi saat berwisata di Kota Padang ialah Pantai Pasir Jambak. Tempat wisata di Padang yang satu ini terletak tidak jauh dari pusat kota Padang, hanya sekitar 17 Km dari Ibu Kota Sumatera Barat tersebut. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai kota ini. Dekatnya lokasi pantai ini dari pusat kota membuatnya ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Di pantai ini kamu bisa menikmati indahnya panorama pantai dan laut sambil berenang. Pepohonan yang rindang dan gazebo-gazebo yang tersedia di tepi Pantai Pasir Jambak membuatmu tidak perlu khawatir kepanasan. Selain itu, pantai ini menghadap ke sisi Barat sehingga membuatnya cocok untuk menjadi tempat menyaksikan keindahan pemandangan matahari tenggelam di kota ini.

G. Pantai Sako

Kalau kamu mencari pantai yang cukup sepi untuk bersantai dan menikmati keindahan pemandangan laut yang disajikan oleh Kota Padang, kamu bisa mengunjungi Pantai Sako. Tempat wisata di Padang ini terletak di Kelurangan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Pantai Sako sendiri ukurannya cukup kecil, hanya sekitar 6.000 meter persegi saja. Akan tetapi, para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama laut dan pantai dengan pasir yang berwarna kecokelatan. Para pengunjung juga akan disuguhi pemandangan indah pohon ponus yang berjejer di tepi pantai yang seakan-akan membentuk sebuah lorong. Di Pantai Sako, para pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlabuh karena lokasinya yang berdekatan dengan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus.


Wisata di Padang - Pantai

Pantai Air Manis Padang
Perbesar
Bukan hanya keindahan pantai, keberadaan Batu Malin Kundang yang legendaris masih menjadi magnet kuat menyedot pengunjung terutama saat akhir pekan dan musim liburan. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

H. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis adalah salah satu tempat wisata di Padang bertema laut yang ikonik dan populer di kalangan wisatawan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya di hari libur.

Selain pemandangan pantai dan lautnya yang indah, pengunjung juga dapat menemukan sebuah batu yang menyerupai bentuk manusia tengah bersujud. Selain itu di pantai ini juga terdapat bebatuan yang berbentuk tali tambang kapal serta kayu yang menyerupai bentuk pecahan badan kapal. Bebatuan ini dipercaya oleh banyak orang sebagai bukti bahwa legenda Malin Kundang yang terkenal benar-benar terjadi.

I. Pantai Nirwana

Kota Padang memiliki sederet pantai cantik yang menyajikan keindahan pemandangan laut sisi barat Pulau Sumatera. Salah satu tempat wisata di Padang bertema laut yang terkenal ialah Pantai Nirwana. Pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang, sekitar 14 Km dari kota tersebut. Dekatnya jarak pantai ini dari kota membuat Pantai Nirwana menjadi salah satu tempat wisata di Padang terfavorit dan populer.

Pantai ini diberi nama Pantai Nirwana karena keindahan pemandangannya. Panorama pantai yang indah ditambah dengan air lautnya yang masih bersih, jernih, dan alami membuat tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai bagi para wisatawan yang berkunjung. Pantai ini juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang indah. Pemandangan ini semakin cantik dan eksotis dengan hadirnya kapal-kapal nelayan yang berlayar di perairan di dekat pantai ini.

J. Pantai Caroline

Kalau kamu mengunjungi daerah Teluk Bungus, Kota Padang, kamu bisa mampir untuk menikmati panorama laut yang disajikan oleh Pantai Caroline. Tempat wisata di Padang bertema laut yang satu ini memiliki panorama pantai dan lautnya yang indah yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Selain bersantai di tepi pantai, kamu juga bisa mencoba menyaksikan pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Caroline yang indah. Selain itu, para wisatawan yang datang juga dapat menyewa perahu ataupun speed boat untuk tur berkeliling dan mengunjungi pulau-pulau yang terdapat di sekitar Pantai Caroline.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya