10 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah, Baik Secara Alami hingga Tindakan Medis

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 10 Agu 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 16:05 WIB
Kutil
Perbesar
Ilustrasi Menghilangkan Kutil Secara Alami Credit: pexels.com/Polina

Liputan6.com, Jakarta Kutil merupakan gangguan pada kulit yang disebabkan oleh Human Papilloma yang menyerang kulit. Biasanya kutil juga dapat mengganggu beberapa bagian kulit tubuh, seperti wajah, tangan dan kaki. Gangguan seperti ini sering membuat seseorang tidak tampil dengan percaya diri.

Umumnya jenis kutil memiliki ukuran yang cukup kecil dan memiliki warna serupa dengan kulit. Namun jika ukuran kutil cukup besar, maka perlu untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa dilakukan secara alami atau bisa menggunakan pengobatan medis.

Kutil yang terdapat di wajah terjadi karena adanya penumpukan keratin pada permukaan kulit. Sehingga membentuk kutil dengan tekstur kasar dan tebal. Hal ini apabila tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan bekas luka dan iritasi. Banyak cara menghilangkan kutil di wajah, salah satunya menggunakan ekstrak buah seperti lemon, apel, pisang dan masih banyak lagi. 

Banyak cara menghilangkan kutil di wajah yang bisa dilakukan, bahkan tak jarang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun tindakan yang dilakukan oleh tenaga medis bisa secara efektif menghilang, namun tidak ada salahnya jika menggunakan metode secara alami. Bahan-bahan untuk menghilangkan kutil juga sangat umum dan mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda.

Berikut ini cara menghilangkan kutil di wajah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Madu
Perbesar
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/Adonyi

1. Buah Nanas

Cara menghilangkan kutil di wajah selanjutnya dapat menggunakan buah nanas. Ekstrak daun nanas yang memiliki kandungan bremolain dan asam, dapat membantu menghancurkan protein yang sering menjadi penyebab terjadinya kutil. Dengan mengoleskan jus nanas atau buah nanas yang sudah dihaluskan ke permukaan kulit secara rutin, efektif dalam menghilangkan kutil di wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan secara teratur dan berulang.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan kutil di wajah berikutnya, bisa menggunakan lidah buaya, yang memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Biasanya lidah buaya segar akan langsung dipotong dan cairan kentalnya dioleskan ke kutil, dan Anda bisa menggunakan lidah buaya tersebut setiap dua kali sehari.Namun jika Anda tidak menemukan lidah buaya segar, Anda juga bisa menggunakan jenis krim topikal yang mengandung sari lidah buaya.

3. Soda Kue

Cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa menggunakan soda kue. Kandungan yang terdapat pada soda kue memiliki antiseptik dan anti radang, sehingga berfungsi efektif dalam menghilangkan kutil di wajah.Cara menggunakan soda kue sebagai obat kutil cukup mudah, hanya perlu mencampur soda kue dan cuka apel, setelah itu oleskan secara perlahan di bagian permukaan kulit wajah yang terkena gangguan kutil.


Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Ilustrasi bawang putih
Perbesar
Ilustrasi bawang putih. (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)

4. Lemon

Cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa dilakukan dengan lemon. Ekstrak lemon dipercaya berfungsi secara  efektif dalam mengatasi kutil pada permukaan kulit. Dilansir dari laman Healthline, lemon yang mengandung asam sitrat sangat berperan penting dalam melawan virus penyebab gangguan kutil. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi kutil cukup mudah, hanya perlu mencampur lemon dengan sedikit air, lalu oleskan pada permukaan kulit yang terkena gangguan kutil, setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa menggunakan bawang putih. Kandungan yang terdapat pada bawang mengandung zat allicin yang bersifat antivirus, serta mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Cara memanfaatkan bawang sebagai obat kutil cukup mudah, cukup dengan menghancurkan bawang putih hingga cukup halus, dan tempelkan pada kutil. Cara menggunakan bawang putih juga harus hati-hati, sebab bawang putih bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit. Itulah mengapa, setelah menggunakan bawang sebagai obat kutil kurang lebih selama 15 menit, langsung basuh wajah menggunakan air dan sabun muka.


Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

kulit pisang
Perbesar
ilustrasi kulit pisang/Photo by Julia Kuzenkov on Unsplash

6. Menggunakan Kulit Pisang

Kulit pisang berfungsi efektif dalam menghilangkan kutil yang terdapat pada wajah. Dilansir dari laman Healthline, kulit pisang memiliki kandungan enzim yang dapat menghambat pertumbuhan kutil. Hal ini karena ekstrak kutil mampu mematikan virus penyebab gangguan kutil. Cara menghilangkan kutil di wajah, cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada area wajah, atau bisa dengan menempelkan kulit pisang pada permukaan kulit yang terkena kutil, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

7. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil di wajah juga bisa dilakukan secara alami dengan cuka apel. Cuka apel yang memiliki kandungan zat asam, berperan penting dalam membunuh virus serta bakteri penyebab tumbuhnya kutil. Dalam menggunakan cuka apel untuk menghilangkan kutil dapat dilakukan dengan mencelupkan cotton bud ke dalam cuka apel, kemudian oleskan secara perlahan ke permukaan wajah yang terkena kutil. Diamkan cuka apel sekitar 5-7 jam dan lakukan secara berulang.


Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Ilustrasi laser wajah
Perbesar
Ilustrasi laser wajah. (Foto: inStyle.com)

8. Teknik Sinar Laser

Selain cara menghilangkan kutil di wajah dengan cara alami, namun Anda tidak sabar menunggu hasilnya. Maka tindakan medis menjadi salah satu alternatif yang mudah untuk dilakukan. Dengan metode sinar laser, akan mematikan jaringan kutil dengan cara membakar pembuluh darah di dalamnya menggunakan sinar laser. Apabila jaringan pada kutil tersebut sudah mati, maka kutil biasanya akan terlepas dengan sendirinya. Meskipun efektif, menggunakan metode ini untuk mengatasi kutil dapat menimbulkan efek samping berupa munculnya jaringan parut pada kulit wajah yang menjadi area tumbuhnya kutil.

9. Krioterapi

Metode dengan tindakan medis selanjutnya yaitu dengan krioterapi atau biasa disebut sebagai terapi pembekuan. Dengan cara ini, maka kutil akan diberi cairan nitrogen agar menjadi beku, supaya jaringan pada kutil akhirnya mati, selanjutnya lepuhan kutil akan terbentuk di area sekitar kutil. Biasanya, dalam waktu seminggu atau lebih, jaringan kutil yang telah mati tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Cara menghilangkan kutil di wajah dengan metode ini juga dapat merangsang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna dalam melawan virus penyebab kutil.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cara menghilangkan kutil pada wajah juga bisa dilakukan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat, maka dapat secara efektif membunuh virus dan bakteri. Dilansir dari laman Healthline, beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh di antarannya buah kiwi, kacang almond, kerang hingga biji bunga matahari. 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya