15 Wisata Tanjung Pinang, Rekomendasi Liburan Memukau yang Menarik Dikunjungi

Oleh Woro Anjar Verianty pada 10 Agu 2022, 15:55 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 15:55 WIB
Pantai Trikora
Perbesar
bagi pecinta wisata bahari bisa mengunjungi Pantai Trikora. Dari pusat Kota Tanjung Pinang, pantai ini berjarak sekitar 45 Km.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Tanjung Pinang menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu selama liburan. Tanjung Pinang yang merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, memiliki sejumlah destinasi wisata yang layak dan menarik untuk dijelajahi lebih dalam.

Keindahan wisata Tanjung Pinang tidak hanya mampu memanjakan mata namun juga memberikan pengalaman baru yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain. Menyediakan berbagai macam wisata mulai dari kuliner, alam, budaya hingga religi, wisata Tanjung Pinang menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan.

Wisata Tanjung Pinang yang terletak di Kepulauan Riau membuat nya menjadi salah satu tempat wisata yang dinamis. Dihuni oleh sekitar 200.000 orang. Kota ini juga merupakan pelabuhan perdagangan antar pulau di Kepulauan Riau. Letaknya yang strategis membuat kota ini sejak dulu dikenal sebagai pusat kebudayaan Melayu dan lalu lintas perdagangan.

Untuk anda yang berminat berlibur di sana, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (10/8/2022), rekomendasi tempat wisata Tanjung Pinang yang bisa dikunjungi selama liburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata Tanjung Pinang Yang Memukau

[Bintang] Riau
Perbesar
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. (aprizal__ijal/Instagram)

1. Pantai Trikora

Wisata Tanjung Pinang pertama yang wajib dikunjungi adalah pantai trikora. pantai ini merupakan destinasi yang sangat populer di Kepulauan Riau. Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari kota Tanjung Pinang. Perjalanan ke pantai akan memakan waktu sekitar 1 setengah jam perjalanan.

Di pantai ini anda bisa melihat gugusan batuan granit yang membuat tampilan pantai semakin cantik. Ini adalah pantai berpasir panjang yang dilapisi dengan pasir putih dan air jernih. Di sepanjang pantai anda dapat melihat banyak gubuk dan gazebo dengan berbagai ukuran untuk beristirahat.

 

2. Kuil Bodhisattva Ksitigarbha

Kuil ini dibangun dengan arsitektur Cina klasik dan memiliki banyak patung. Ada sekitar 500 arca di candi ini dengan ukuran mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Masing-masing patung menggambarkan salah satu dari banyak murid Buddha. Anda bahkan bisa mengetahui nama masing-masing patung dari plakat nama yang diukir di bawah patung.

Kuil Bodhisattva Ksitigarbha akan memberi anda nuansa seperti sedang berada di China. Kuil ini terletak sangat dekat dengan bandara Raja Ali Haji, bandara Tanjung Pinang. Waktu perjalanan dari bandara ke kuil Bodhisattva Ksitigarbha adalah sekitar 10 menit dengan mobil.

 

3. Pulau Penyengat

Pulau  Penyengat telah lama dianggap sebagai tempat lahirnya bahasa dan budaya Melayu. Pulau mungil ini memiliki panjang sekitar 2 km dan lebar 850 meter. Pulau Penyengat terletak sekitar 2 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Penyeberangan dari Tanjung Pinang ke Pulau Penyengat hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan speed boat.

Di pulau ini, anda dapat menemukan banyak bangunan dan artefak dari Kesultanan Johor, Kesultanan Pahang, Kesultanan Siak, Kesultanan Lingga serta Kerajaan Riau itu sendiri. Oleh karena itu, Pulau Penyengat ini telah didaftarkan ke UNESCO untuk dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia.


Wisata Tanjung Pinang Yang Memukau

Memukau dan Instagramable, Gurun Pasir Busung di Pulau Bintan
Perbesar
Gurun pasir ini menjadi tempat kekinian yang instagramable (www.instagram.com/deddy_hendrawan_sq (@deddy_hendrawan_sq))

4. Pulau Pasir Putih

Pulau pasir putih merupakan resort yang menawarkan pengalaman liburan tropis yang unik di pulau pribadi. Di sini anda sebagai pengunjung akan dapat snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut, bermain kayak di sekitar pulau atau berkemah di bawah bintang-bintang.

Pulau Pasir Putih dapat dicapai dengan dermaga yang terletak di Trikora Km 38. Dermaga ini sendiri berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Tanjung Pinang. Dari dermaga akan memakan waktu sekitar 15 menit lagi naik perahu untuk mencapai Pulau Pasir Putih. Tiket masuk ke White Sands Island akan dikenakan biaya sekitar Rp 117.000 per orang.

 

5. Pulau Dompak

Wisata Tanjung Pinang yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pulau Dmpak. Pulau Dompak merupakan tempat persembunyian para perompak atau bajak laut pada masa kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu dinamakan Pulau Dompak atau Pulau Perampok.

Terletak di Dompak, Bukit Bestari, Tanjung Pinang. Pulau Dompak merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Tanjung Pinang, Anda bisa melihat perkembangan di pulau ini karena saat ini Pulau Dompak merupakan pusat pemerintahan.

 

6. MV Doulos Phos

MV Doulos Phos merupakan wisata Tanjung Pinang berikutnya yang wajib dikunjungi. Kapal tua ini dapat ditemukan di pelabuhan Bandar Bentan Telani. Menurut Guinness Book of Records, kapal ini adalah kapal penumpang tertua di dunia. Awalnya dibangun pada tahun 1914, 2 tahun setelah Titanic, kapal ini awalnya bernama SS Medina.

Nama tersebut resmi diubah menjadi MV Doulos Phos pada tahun 1977. Kapal tersebut telah berganti nama menjadi Doulos Phos the Hotel pada Februari 2016 dan direncanakan diubah menjadi hotel bintang lima dengan 100 kamar tamu.


Wisata Tanjung Pinang Yang Memukau

[Bintang] Riau
Perbesar
Treasure Bay, Bintan, Riau. (blog.reservasi.com)

7. Gurun Busung

Tempat wisata Tanjung Pinang yang memberikan nuansa berbeda dari lainnya adalah Gurun Busung. Gurun ini sebelumnya merupakan tambang bauksit. Saat ini, tidak ada lagi aktivitas penambangan di daerah tersebut dan menjadi hamparan pasir yang unik yang akan membuat anda merasa seperti berada di Afrika atau Timur Tengah.

Gurun ini berada tepat di pinggir jalan raya Busung dan cukup mudah dijangkau. Namun, karena tidak ada kendaraan umum yang melewati Tol Busung, satu-satunya cara bagi Anda untuk datang ke sini adalah dengan menyewa mobil.

 

8. Treasure Bay Bintan

Treasure bay Bintan merupakan resort yang memiliki berbagai fasilitas mewah yang akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Selain fasilitasnya yang lengkap, di Treasure Bay anda akan menemukan Crystal Lagoon. Crystal Lagoon diklaim sebagai laguna air laut buatan manusia pertama di Asia Tenggara.

Laguna ini menyuguhkan pemandangan alam yang epik dengan airnya yang biru kebiruan dan pantai berpasir yang lembut. Ukuran laguna itu sendiri setara dengan 50 kolam renang ukuran olimpiade. Tiket masuk ke laguna adalah Rp 110.000 per orang.

 

9. Gunung Bintan

Tanjung Pinang tidak hanya memiliki pantai yang indah. Di sini, di Gunung Bintan, wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan yang indah. Dari puncak gunung yang terletak sekitar 340 meter di atas permukaan laut ini anda akan dapat melihat setiap sudut pulau.

Lereng gunung yang tidak terlalu curam dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam trekking untuk mencapai puncaknya untuk dapat menikmati pemandangan Pulau Bintan yang sangat indah. Sepanjang perjalanan menuju puncak, anda akan dapat melihat berbagai hewan dan juga air terjun.


Wisata Tanjung Pinang Yang Memukau

[Bintang] Riau
Perbesar
Danau Biru, Bintan, Kepulauan Riau. (pujiadiprabowo/Instagram)

10. Danau Biru Bintan

Wisata Tanjung Pinang berikutnya yang menarik adalah Danau Biru Bintan. Danau buatan ini awalnya terbentuk di tambang pasir. Air di danau ini berwarna biru kebiruan, mirip dengan Danau Kaolin di Bangka dan Blue Lagoon di Islandia.

Danau Biru Bintan atau yang lebih populer dengan sebutan Danau Biru Bintan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, keduanya akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

 

11. Igloo Misterius

Tempat wisata Tanjung Pinang yang masih sangat jarang diketahui oleh para wisatawan adalah Igloo Misterius di BIntan. Iglo ini awalnya merupakan tungku yang digunakan oleh masyarakat Suku Laut untuk membakar pohon bakau menjadi arang.

Namun, karena kegiatan tersebut dilarang oleh pemerintah, tungku tersebut ditinggalkan. Saat ini, bangunan berbentuk kubah ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Bintan. Hal yang Dapat Dilakukan di Tanjung Pinang Bintan Indonesia.

 

12. Gedung Gonggong

Sekilas bangunan ini mirip dengan keong mas dengan warna kuning dan putih menghiasi bangunannya. Gedung ini dijadikan sebagai icon Kota Tanjungpinang, lokasinya yang dekat dengan pantai menjadikan gedung ini sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Terletak di jalan Hang Tuah, Tanjung Pinang, Di sini anda juga bisa duduk santai di taman sekitar gedung sambil berswafoto bersama keluarga atau teman. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai dan di lantai bawah anda bisa membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang.


Wisata Tanjung Pinang Yang Memukau

tanjungpinang
Perbesar
Gedung Gonggong di Tanjungpinang, mengingatkan bangunan serupa yakni keong mas di TMII. (foto: Liputan6.com / Ajang Nurdin)

13. Pantai Tanjung Siambang

Pantai ini menawarkan pesona wisata alam yang masih asri dan alami. Air pantai masih jernih dan pasir putih yang menghiasi bibir pantai. Selain itu, pepohonan yang rindang juga menghiasi pantai, membuat suasana pantai menjadi lebih sejuk.

Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, karena belum banyak yang mengetahui lokasinya. Meski begitu, beberapa fasilitas di pantai ini cukup lengkap, seperti ayunan di dekat pantai, dermaga restoran, dan persewaan cottage.

 

14. Masjid Agung Sultan Penyengat

Selain wisata alam, wisata Tanjung Pinang juga terkenal dengan salah satu destinasi wisata religinya yaitu Masjid Agung Sultan Penyengat. Masjid ini merupakan bangunan bersejarah yang sudah ada sejak masa pemerintahan Kesultanan Islam di Riau.

Dan perlu diketahui bahwa masjid ini juga termasuk sebagai bangunan cagar alam yang ditetapkan oleh pemerintah Kepulauan Riau. Dalam sejarahnya, masjid ini dibangun 40 tahun. Jadi jika anda berkunjung ke masjid ini, anda akan melihat nilai-nilai sejarah yang ada di masjid ini.

 

15. Kuil Avalokitesvara

Tempat wisata Tanjung Pinang yang terakhir adalah Kuil Avalokitesvara. Terletak di Tanjung Unggat, Bukit Bestari, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Kuil Avalokitesvara selain dijadikan sebagai tempat wisata, juga merupakan tempat ibadah yang masih digunakan untuk ibadah umat Buddha hingga saat ini.

Selain arsitekturnya yang memukau, kuil Avalokitesvara ini juga dinobatkan sebagai vihara terbesar di Indonesia. Hal lain yang menarik dari vihara ini adalah terdapat patung dewi yang terbuat dari emas 22 karat dengan tinggi 4 meter.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya