Contoh Brosur dan Cara Membuatnya dengan Website Desain Gratis

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 10 Agu 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 17:15 WIB
20170131-Pameran-LPDP-2017-Jakarta-AY
Perbesar
Peserta membaca brosur saat pameran LPDP Edufair di Jakarta, Selasa (31/1). LPDP Edufair 2017 digelar di Kemenkeu, Airlangga Convention Center, Universitas Airlangga Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Contoh brosur dapat kita lihat dalam bentuk lembaran kertas yang telah terlibat sehingga dapat disimpan dalam ukuran saku. Brosur sendiri dibuat untuk tujuan promosi dan pemasaran.

Sebagai sarana promosi dan pemasaran, contoh brosur umumnya memuat berbagai macam informasi seperti profil perusahaan, organisasi, maupun produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa.

Selain itu dalam sebuah contoh brosur, kadang terdapat pula testimoni atau pendapat pelanggan yang puas terhadap produk barang atau layanan yang disediakan. Tujuan dari mencantumkan testimoni tersebut adalah untuk meyakinkan calon pelanggan atau pembeli tentang manfaat yang akan mereka dapatkan ketika menggunakan produk barang atau layanan yang disediakan suatu perusahaan.

Karena tujuan utamanya adalah untuk sarana promosi dan pemasaran, bentuk brosur sendiri mirip seperti majalah. Hanya saja informasi yang dimuat lebih banyak tentang produk barang dan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan.

Dari segi formatnya, brosur memiliki sejumlah bentuk antara lain Brosur Gate Fold, Brosur Lipat, Brosur Trifold, dan Brosur Z-Fold. Bahkan sekarang ada banyak aplikasi online yang memungkinkan kita semua untuk membuat desain brosur dengan mudah, meski tidak memiliki keterampilan basic mengenai graphic design.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai contoh brosur dan cara membuatnya dengan aplikasi online gratis, artikel ini akan memaparkan lebih dalam mengenai pengertian brosur, fungsi dan formatnya, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengertian dan Fungsi Brosur

Menurut Cambridge Dictionary, brosur adalah sebuah dokumen sejenis majalah kecil yang berisi gambar dan informasi tentang suatu produk atau perusahaan. Sementara itu, Britannica mendefinisikan brosur sebagai sebuah buku atau majalah kecil tipis yang biasanya memiliki banyak gambar dan informasi tentang suatu produk, tempat, dll.

Dari kedua penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa brosur dapat diartikan sebagai dokumen kertas informatif yang sering digunakan untuk iklan, dapat dilipat menjadi templat, pamflet, atau selebaran.

Brosur juga bisa berupa sekumpulan kertas yang tidak dilipat yang dimasukkan ke dalam folder atau paket saku. Brosur adalah dokumen promosi, terutama digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk atau layanan dan menginformasikan calon pelanggan atau anggota masyarakat tentang manfaatnya.

Dapat disimpulkan jika brosur adalah suatu dokumen dalam dalam bentuk yang menyerupai majalah, namun berbentuk lebih kecil, yang memuat sejumlah informasi mulai dari gambar produk dan profil perusahaan, dan digunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

Dari pengertian yang sudah dijelaskan sebelumnya, brosur memiliki fungsi utama sebagai sarana promosi atau pemasaran. Dengan kata lain, brosur menjadi salah satu metode penyebaran informasi mengenai suatu produk barang atau layanan agar menarik pengguna atau pembeli baru.

Brosur didistribusikan dalam berbagai cara, misalnya seperti disisipkan dalam sebuah koran, dibagikan secara pribadi, dikirim melalui pos atau ditempatkan di rak brosur di lokasi strategis. Lokasi strategis yang dimaksud seperti pusat perbelanjaan, kantor layanan masyarakat, dan sebagainya.

Di bagian pengantar telah dijelaskan bahwa brosur hadir dalam berbagai format atau bentuk. Format brosur antara lain adalah Gate Fold Brochure, Single Fold Brochure, Trifold Brochure, and Z-Fold Brochure.


Contoh Brosur Format Single Fold

Contoh Brosur Format Single Fold.
Perbesar
Contoh Brosur Format Single Fold. Freepik.com/ebhy

Brosur single fold, juga disebut brosur bi-fold atau half-fold, adalah jenis brosur yang paling sederhana untuk dibuat. Dari namanya saja dapat diketahui jika brosur single fold adalah yang dicetak dengan kertas ukuran legal, surat, atau tabloid yang dilipat menjadi dua.

Karena dilipat menjadi dua bagian, brosur single fold jadi memiliki 4 panel terpisah, yakni panel sisi kanan depan dan belakan, serta [panel sisi kiri depan dan belakang. Meskipun memiliki jumlah halaman terbatas, brosur jenis ini memberikan ruang yang cukup untuk gambar dan informasi lain, sehingga sangat cocok untuk keperluan promosi.

Jenis brosur brosur single fold ini biasanya digunakan untuk konten informatif, kartu ucapan, presentasi produk, pameran dagang, undangan, daftar harga, menu restoran, program, buletin, dll.


Contoh Brosur Format Tri-Fold (Letter Fold)

Contoh Brosur Format Tri-Fold
Perbesar
Contoh Brosur Format Tri-Fold. Freepik.com/@pikisuperstar

Brosur format tri-fold atau lipat tiga juga dikenal sebagai letter fold karena memiliki lipatan seperti surat. Brosur tri-fold merupakan salah satu jenis lipatan brosur paling populer yang digunakan untuk bisnis dan perusahaan.

Brosur tri-fold biasanya digunakan untuk pemasaran produk. Lipatan brosur ini memiliki tiga panel yang sama. Satu sisi dilipat ke dalam, diapit dua lipatan lainnya, dengan melipat panel kanan ke dalam terlebih dahulu, dan panel kiri dilipat menumpuk sisi lipatan lainnya.

Brosur tri-fold dapat dicetak dengan kertas ukuran apa saja. Dengan format enam panel, brosur tri-fold menawarkan banyak fleksibilitas, sehingga Anda dapat melatih imajinasi kreatif Anda untuk merancang semua jenis tata letak.


Contoh Brosur Format Z-Fold

Ilustrasi brosur makanan
Perbesar
Ilustrasi brosur makanan (sumber: Freepik)

Brosur Z-fold merupakan brosur yang dicetak dengan selembar kertas yang dibagi menjadi tiga panel, mirip dengan brosur tri-fold. Hanya saja, cara melipat brosur Z-fold berbeda dengan brosur tri-fold.

Brosur Z-fold memiliki lipatan di mana setiap panel menumpuk di atas satu sama lain, sehingga jika sedikit direntangkan akan membentuk garis berbentuk huruf Z.

Jenis lipatan brosur ini memiliki tampilan yang berkelas. Brosur ini terbuka dari kiri ke kanan dan dapat ditempatkan dalam amplop standar, yang menjadikannya pilihan tepat untuk materi promosi atau penjualan, acara, surat, faktur, penawaran khusus, presentasi produk, dan daftar harga.

Brosur Z-fold adalah alternatif yang baik untuk pengganti brosur tri-fold, dan berguna untuk pemasaran yang dikirimkan melalui pos surat.


Contoh Brosur Format Open Single Gate-Fold

Upaya Pencegahan Virus Corona di Stasiun Senen
Perbesar
Calon penumpang membaca brosur berisi informasi terkait corona virus (COVID-19) di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (9/3/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan sosialisasi sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Brosur Open Single Gate-Fold mirip dengan brosur lipat tiga yang dilipat menjadi tiga bagian. Hanya saja cara dan pembagian lipatan dari brosur Open Single Gate-Fold berbeda dari brosur tri-fold.

Brosur Open Single Gate-Fold adalah format brosur yang jika dibuka memberi kesan seperti membuka pintu gerbang. Ketika dibuka, akan menampilkan panel tengah yang lebih besar. Tidak seperti brosur tri-fold yang memiliki tiga bagian yang berukuran sama, brosur Open Single Gate-Fold memiliki panel samping berukuran setengah dari lebar panel tengah.

Dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini, format brosur pun semakin berkembang. Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak format brosur lainnya seperti accordion fold, double parallel fold, quarter fold, dan roll fold. Di samping itu, brosur kini tidak hanya hadir dalam bentuk cetak, melainkan juga hadir dalam bentuk format digital yang dapat dikirimkan melalui email atau aplikasi pesan instan.


10 Website Pembuat Desain Brosur Gratis

Ilustrasi brosur makanan
Perbesar
Ilustrasi brosur makanan (sumber: Freepik)

Cara untuk membuat brosur tentu saja selalu dimulai dari membuat desain terlebih dulu sebelum akhirnya dicetak. Namun bagi Anda yang tidak memiliki keterampilan desain, seharusnya tidak perlu khawatir, karena ada banyak website yang memungkinkan Anda membuat desain brosur tanpa harus melakukan pemasangan aplikasi di perangkat Anda.

Tidak hanya itu, sejumlah website umumnya telah menyediakan banyak template atau format brosur, yang langsung bisa Anda gunakan, sehingga mempermudah pekerjaan Anda membuat brosur.

Kabar baiknya lagi, sebagian website dan template brosur bisa Anda gunakan secara gratis. Berikut adalah rekomendasi website yang bisa digunakan untuk membuat desain brosur secara gratis.

1. Designhill

Designhill adalah website pembuat brosur online yang cukup populer. Website ini tidak hanya dapat membuat desain brosur, tetapi juga memenuhi kebutuhan desain lainnya. Designhill dilengkapi perangkat berkemampuan AI, yang membuat desain brosur menjadi menyenangkan.

Yang terbaik adalah Anda tidak perlu menjadi desainer brosur profesional atau menghabiskan banyak uang untuk membuat brosur yang menarik. Anda dapat membuat brosur apapun hanya dalam lima langkah mudah.

Anda hanya perlu memilih template brosur yang tersedia, yang telah dibuat sebelumnya yang dirancang oleh desainer grafis dari seluruh dunia. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai macam gambar yang juga sudah tersedia di website tersebut.

2. Lucidpress

Lucidpress membantu Anda membuat brosur secara gratis. Anda dapat menggunakan website ini untuk membuat brosur profesional sesuai kebutuhan hanya dalam beberapa langkah mudah.

Lucidpress memiliki banyak fitur termasuk format teks dan gambar untuk berbagai kebutuhan brosur. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh desain brosur yang sudah jadi dalam berbagai format seperti JPG, PNG, atau PDF untuk dicetak.

3. Brother Creative Centre

Ini adalah situs web lain tempat Anda dapat membuat brosur untuk memasarkan produk dan layanan Anda secara menarik. Website ini memungkinkan Anda merancang brosur untuk berbagai industri, termasuk pendidikan, kesehatan, perhotelan, dan banyak lagi.

Alat ini memungkinkan Anda membuat brosur dalam format Half-Fold, Tri-Fold, dan No-Fold dengan dimensi brosur khusus.

4. My Creative Shop

Dengan My Creative Shop, Anda dapat mendesain brosur dalam lima langkah mudah. Anda dapat menggunakan gambar dan teks Anda sendiri. Setelah Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat mengunduh atau menyimpannya dalam format PDF untuk dicetak. Website ini juga menyediakan layanan cetak brosur berkualitas tingga jika Anda menghendaki.

5. Vistaprint

Anda dapat menemukan desain template yang sempurna untuk brosur Anda di sini. Ada banyak desain yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan layanan Anda di depan pelanggan potensial.

6. Venngage

Website ini memiliki ratusan template yang dapat Anda pilih. Anda dapat menambahkan merek atau gambar Anda sendiri, konten khusus, peta, ilustrasi dari galeri ke desain Anda agar lebih menarik. Anda dapat melihat pratinjau desain Anda dengan opsi untuk mengoptimalkannya untuk pencetakan.

7. Canva

Canva adalah website desain grafis yang populer. Anda dapat menggunakan website ini secara online untuk merancang seluruh kebutuhan desain grafis, termasuk brosur, baik itu brosur pendidikan, brosur teknologi, atau desain lainnya. Canva akan membantu Anda membuat desain brosur tanpa repot. Anda hanya perlu memasukkan detail Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat mendesain brosur Anda sendiri dengan mudah. Anda tidak perlu menjadi seorang pro-desainer atau memerlukan keahlian khusus untuk membuat brosur yang indah untuk bisnis Anda.

Website ini dilengkapi dengan banyak ikon dan gambar yang dpaat Anda pilih, atau Anda juga bisa mengunggah gambar Anda sendiri dari desktop.

8. FlippingBook

Di Flipping book, Anda bisa mendesain brosur apa saja dengan fitur yang menarik. Website ini menawarkan penyesuaian yang mudah, opsi impor, dan pengunggahan foto yang mudah. FlippingBook memiliki templat gratis yang dapat disesuaikan sesuai selera Anda.

09. Publitas

Publitas adalah website desain brosur online lain yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda hanya cukup mengunggah file PDF untuk mengubah data yang diberikan menjadi brosur. Sangat cocok untuk perangkat seluler dan desktop.

10. Pub HTML5

Brosur digital yang menarik sangat membantu segala macam kebutuhan pemasaran online. Pub HTML5 adalah salah satu pembuat brosur terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat brosur digital dan jenis brosur lainnya. Dengan bantuan alat ini, Anda juga dapat membuat aplikasi untuk iOS, Android, Windows.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya