Sukses

10 Manfaat Kayu Ular bagi Tubuh, Menjaga Kesehatan dan Menyembuhkan Penyakit

Manfaat kayu ular yang baik bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan hingga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kayu ular mungkin masih jarang dan asing bagi banyak orang. Namun nyatanya, tanaman ini memiliki sejuta manfaat yang baik bagi tubuh, mulai dari untuk menjaga kesehatan dan menjadi obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat kayu ular ini didapat dari kandungan di dalamnya yang sangat beragam dan baik untuk kesehatan. Banyaknya manfaat kayu ular untuk kesehatan membuat kayu ular menjadi salah satu obat herbal yang banyak dicari dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Memiliki nama latin Strychnos Lucida, kayu ular juga dikenal dengan bidara. Kayu ular banyak ditemukan di daerah pegunungan Papua, atau di ketinggian sekitar 100 sampai 300 meter diatas permukaan air laut. Dikenal dengan rasanya yang pahit, dahulu kala nenek moyang mengambil manfaat kayu ular dengan cara minum hasil rebusan kayu ular.

Menjadi salah satu obat herbal yang banyak dicari, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022). Tentang manfaat kayu ular yang baik untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan hingga menyembuhkan berbagai penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Ular bagi Tubuh

1. Menurunkan Deman

Manfaat kayu ular yang pertama adalah untuk menurunkan demam. Pada awalnya kayu ular digunakan oleh masyarakat papua dan NTT untuk pengobatan tradisional untuk menyembuhkan demam tinggi dan juga penyakit malaria.

Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan merebus beberapa potong kayu ular, hingga air yang digunakan tersisa setengah lalu diminum airnya. Air rebusan kayu ular terkenal pahit bahkan jika ditambahkan dengan madu sekalipun tidak akan mengurangi rasa pahitnya.

 

2. Menangkal Radikal Bebas

Kaya akan antioksidan, manfaat kayu ular yang berikutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Kayu ular dapat digunakan sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas akibat polusi yang diterima tubuh setiap harinya.

 

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kayu ular yang berikutnya adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kayu ular memiliki kandungan alkaloid dengan sifat basa yang tinggi, serta memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat alkaloid dinilai dapat membantu sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

 

4. Mencegah Diabetes

Manfaat kayu ular selanjutnya adalah untuk mencegah diabetes. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa kayu ular dapat membantu memperbaiki gangguan metabolik terhadap glukosa darah, kadar Kolesterol dan kadar trigliserida. Hal ini dikarenakan dalam kayu ular terdapat kandungan zat saponin atau steroid dan triterpenoid yang berfungsi untuk membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh kamu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Ular bagi Tubuh

5. Mengatasi Asam Lambung

Mengatasi asam lambung merupakan manfaat kayu ular yang berikutnya. Asam lambung merupakan salah satu penyakit pencernaan yang membuat penderitanya merasakan seperti terbakar di dada hingga rasa sesak saat kadar asam lambung naik.

Kayu ular memiliki kandungan yang bersifat antimikroba, kloroform dan etanol. Senyawa ini akan sangat berguna untuk melancarkan dan mengobati penyakit pencernaan, salah satunya adalah asam lambung. Dengan mengonsumsi rebusan kayu ular saluran pencernaan seperti usus dapat menjadi lebih sehat.

 

6. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Manfaat kayu ular selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kanker. dalam kayu ular terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh, terutama kanker payudara.

Dalam penelitian lain menunjukan aktivitas antikanker telah diselidiki terhadap garis sel HepG2, HuCCA-1, A549, dan Molt-3. Secara khusus, ekstrak etil asetat menunjukkan aktivitas penghambatan pada sel Molt-3, sel yang ditemukan pada pasien leukemia. Hal ini membuktikan manfaat kayu ular untuk mencegah kanker.

 

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kayu ular yang ketujuh adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Antimikroba yang ada pada kayu ular sudah banyak digunakan sebagai pengobatan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Perlu diketahui, bahwa ekstrak kloroform dan etanol dalam kayu ular memiliki aktivitas antibakteri terhadap S. aureus dan Salmonella typhi.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kayu ular juga memiliki kandungan alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, steroid, tanin, dan triterpenoid. Berbagai kandungan tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dengan cara merusak membran sel serta kemampuannya sebagai antibakteri.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Ular bagi Tubuh

8. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat kayu ular yang berikutnya adalah untuk meningkatkan stamina tubuh. Selain untuk meningkatkan stamina tubuh, kayu ular juga dapat mengatasi disfungsi ereksi. Hal ini karena di dalam kayu ular terkandung zat saponin dan alkaloid yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual dan menjaga stamina tubuh.

 

9. Mengobati Gatal-Gatal

Anda juga bisa mengobati galat-galat pada kulit dengan menggunakan kayu ular. Dalam kayu ular terdapat berbagai macam kandungan zat galat dan tanin yang dapat mengobati peradangan pada kulit. Kandungan tanin juga bermanfaat sebagai antibakteri yang mampu menghilangkan bakteri serta kuman penyebab rasa gatal pada kulit.

Untuk merasakan manfaat kayu ular, caranya adalah dengan merebus kayu ular dan meminumnya setiap hari secara rutin. Selain itu anda juga dapat mengoleskan kayu ular yang dihaluskan pada area kulit yang gatal sebagai salep.

 

10. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kayu ular yang terakhir adalah untuk mencegah penyakit jantung. Kayu ular mampu mereduksi konsentrasi gula dalam darah dan mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu sifat antioksidannya sangat penting dalam menangkal radikal bebas yang bisa membuat penyakit dalam seperti jantung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Ular bagi Tubuh dan Cara Mengolahnya

Cara Mengolah Manfat Kayu Ular untuk Konsumsi

Berikut ini merupakan cara mudah untuk mengolah kayu ular agar dapat dikonsumsi dan memberikan manfaat terbaik untuk tubuh. Berikut langkah-langkah mengolahnya:

Potong Kayu Ular Dalam Bentuk Kecil

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memotong kayu yang memiliki ukuran besar. Buatlah kayu tersebut dalam ukuran kecil. Tidak perlu terlalu kecil, melainkan kayu dapat masuk dalam panci perebusan tanpa kesulitan. Begitu pula untuk proses pengeluarannya. Belahlah kayu tersebut menjadi empat bagian dan lanjutkan pada tahapan yang kedua.

 

Rebus Kayu Ular Dalam Air

Bersihkan kayu ular yang telah dipotong dengan air bersih yang mengalir. Kemudian masukkan kayu ke dalam panci dan tambahkan air lalu hingga air tersebut matang. Untuk melakukan perebusan, usahakan gunakan panci stainless ataupun gerabah. Panci gerabah dipercaya dapat memberikan hasil yang maksimal. Tunggulah air mendidih dan segera masukkan dalam gelas saji.

 

Minum Air Rebusan Kayu Ular

Saat air rebusan kayu ular sudah dingin atau cukup hangat untuk dikonsumsi, anda dapat meminum air rebusan tersebut. Disarankan untuk mengonsumsi air selagi hangat agar lebih terasa nikmat. Cara mengolah kayu ular dengan metode rebusan sudah selesai hingga disini. Kayu sisa rebusan dapat dapat digunakan hingga kayu tidak lagi pahit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.