12 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh, Tingkatkan Konsentrasi Hingga Diet

Oleh Woro Anjar Verianty pada 09 Agu 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 12:00 WIB
Frisian Flag
Perbesar
Bukan cuma cemilan, susu kental manis Frisian Flag bisa juga ciptakan berbagai menu sehat kaya rasa dan nutrisi untuk sarapan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sarapan bagi tubuh sangatlah banyak. Sayangnya, karena berbagai macam alasan banyak orang yang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Seperti karena terlambat pergi ke kantor atau karena sedang menjalani program diet yang membuat kita mengurangi asupan makanan sehari-hari.

Padahal banyaknya manfaat sarapan untuk tubuh membuat sarapan menjadi waktu makan yang sangat penting dan tidak boleh untuk dilewatkan, agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan maksimal untuk menopang aktivitas sepanjang hari.

Untuk bisa mendapat manfaat sarapan yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam kurun waktu dua jam setelah bangun tidur. Semakin cepat Anda sarapan setelah bangun, maka akan semakin baik pula manfaat sarapan untuk metabolisme tubuh.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya makan pagi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022). Manfaat sarapan yang baik untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kecerdasan Otak Anak
Perbesar
Manfaat Sarapan Pagi bagi Kecerdasan Otak Anak

1. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Manfaat sarapan yang baik untuk tubuh yang pertama adalah dapat menurunkan risiko diabetes tipe II. Sarapan pagi dapat membantu anda menghindari fluktuasi glukosa darah, yang dapat menyebabkan diabetes.

Studi menunjukkan bahwa orang yang lebih muda dari 65 tahun yang melewatkan sarapan dalam beberapa kali kesempatan setiap minggunya, sebanyak 28 persen lebih berpeluang besar terkena diabetes daripada mereka yang sarapan secara teratur.

 

2. Memberikan Energi

Orang yang sarapan pagi lebih aktif secara fisik di pagi hari dibandingkan mereka yang tidak, hal ini dibuktikan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Ini bisa jadi karena makan di pagi hari membantu mereka memulai hari dengan lebih banyak energi.

Mereka yang sarapan pada pagi hari menelan lebih banyak kalori sepanjang hari daripada mereka yang melewatkan sarapan, tetapi mereka tidak mengalami kenaikan berat badan karena mereka lebih aktif.

 

3. Menjaga Berat Badan

Banyak penelitian yang telah menunjukan hubungan antara sarapan dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Uji coba terkontrol secara acak memberikan bukti yang lebih andal tentang bagaimana sarapan membantu menjaga berat badan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, orang dewasa yang kelebihan berat badan kemudian melakukan diet dan makan lebih banyak kalori untuk sarapan daripada makan malam kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang makan malam lebih banyak.


Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Makanan dan Minuman
Perbesar
Ilustrasi Sarapan Credit: pexels.com/Illona

4. Bagus Untuk Memori

Manfaat sarapan yang berikutnya adalah untuk meningkatkan memori. Sarapan dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kecepatan pemrosesan informasi, penalaran, kreativitas, pembelajaran, dan bakat berbicara pada orang dewasa dan anak-anak menurut penelitian.

Para ilmuwan di University of Milan di Italia menganalisis studi dan menemukan beberapa bukti bahwa manfaat sarapan untuk meningkatkan memori didapatkan atau disebabkan oleh kadar glukosa stabil yang diberikan oleh sarapan pada tubuh.

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Sarapan pagi lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Terkadang orang yang melewatkan sarapan mengganti sarapan bergizi dengan makanan ringan yang tinggi kolesterol, gula dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mereka yang memiliki sarapan sehat dan seimbang secara teratur cenderung mendapatkan lebih banyak serat dan susu dalam makanan mereka yang menyebabkan lebih sedikit makan berlebihan dan lebih sedikit camilan tidak sehat.

 

6. Membantu Mengangkat Mood

Manfaat sarapan yang selanjutnya adalah untuk membantu menjaga mood baik anda. Makan sarapan bergizi seimbang dapat mendukung aktivitas otak yang membantu mengendalikan emosi, suasana hati, harapan, perilaku, keterampilan pengambilan keputusan, dan kognisi.

Menurut penelitian, setelah tidur malam, makan di pagi hari akan mengisi kembali simpanan glukosa otak anda. Ketika otak mereka tidak terganggu oleh sensasi lapar, kebanyakan orang cenderung lebih bahagia dan tidak terlalu pemarah.


Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Sarapan Praktis dan Sehat untuk Anak
Perbesar
Sarapan Praktis dan Sehat untuk Anak

7. Mengatur Nafsu Makan

Manfaat sarapan yang berikutnya adalah untuk mengatur nafsu makan. Mulailah hari anda dengan makanan yang kaya akan protein dan serat berkualitas tinggi seperti yogurt, susu, telur, oatmeal, keju cottage, dan buah yang sangat mengenyangkan dan kaya akan nutrisi.

Dengan mengonsumsi sarapan yang kaya akan nutrisi dan serat, anda akan merasa lebih puas dengan porsi yang lebih kecil daripada jika anda mengonsumsi makanan yang mungkin mengandung kalori dan nutrisi kosong.

 

8. Tingkatkan Asupan Nutrisi

Sarapan memberi anda kesempatan yang lebih besar untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Nutrisi dalam susu dan makanan olahan susu lainnya, yang menjadi favorit sarapan, telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan tulang, penurunan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan tekanan darah rendah.

Mengkonsumsi makanan kaya nutrisi setiap hari akan membantu anda mencapai kesehatan seumur hidup. Sertakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein seperti susu, keju, dan yogurt sebagai bagian dari diet sarapan anda.

 

9. Meningkatkan Kinerja Akademik

Manfaat sarapan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja akademik. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang makan sarapan bergizi dapat berkinerja lebih baik di bidang akademis maupun non akademik di sekolahnya.

Siswa yang sarapan pagi berkinerja lebih baik pada tes standar dan mendapat skor lebih tinggi di bidang-bidang utama seperti membaca dan matematika. Sarapan juga meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, pemahaman, memori, dan pembelajaran yang semuanya penting untuk berprestasi baik di sekolah.


Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Sarapan
Perbesar
Ilustrasi Menu Sarapan Credit: pexels.com/Burst

10. Mencegah Kerontokan Rambut

Sarapan memberikan mikronutrien penting sekaligus mengurangi stres pada tubuh. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan folikel memasuki keadaan telogen (istirahat), dan meningkatkan kemungkinan kerontokan rambut. Setelah puasa semalaman, sarapan kaya protein memberikan nutrisi pada rambut dan mendorong perkembangan rambut yang sehat.

 

11. Melawan Sakit Kepala dan Migrain

Manfaat sarapan yang berikutnya adalah untuk melawan sakit kepala dan migrain. Kurang sarapan dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain karena kadar gula darah rendah (hipoglikemia). Puasa telah ditunjukkan dalam penelitian menyebabkan sakit kepala migrain, sehingga melewatkan sarapan memicu migrain.

 

12. Membantu Ibu Hamil Memenuhi Kebutuhan Gizi

Manfaat sarapan yang terakhir adalah membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan gizi. Termasuk makanan susu seperti susu dan yogurt membantu ibu hamil mendapatkan nutrisi ekstra yang mereka butuhkan.

Susu dan yogurt, yang merupakan makanan sarapan yang umum, merupakan sumber yodium yang baik yang penting untuk perkembangan janin yang sehat dan membantu mencegah cacat neurokognitif yang tidak dapat diubah dan menurunkan IQ anak. 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya