Maybe Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Cara Menggunakannya

Oleh Husnul Abdi pada 08 Agu 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Perbesar
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Maybe artinya perlu dipahami oleh setiap orang. Kata dalam bahasa Inggris ini merupakan salah satu istilah yang kerap digunakan dalam percakapan. Kebanyakan orang tentu sudah memahami makna dari kata maybe ini.

Maybe artinya merujuk pada sesuatu yang belum yakin akan terjadi. Maybe merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang termasuk dalam jenis kata keterangan. Memahami penggunaan kata ini tentunya akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Maybe artinya adalah menerangkan sesautu yang belum pasti kebenarannya. Selain termasuk pada jenis kata keterangan, maybe bahkan bisa juga diklasifikasikan sebagai kata kerja asli dan modal auxiliary.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022) tentang maybe artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Maybe Artinya

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Perbesar
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Maybe artinya mungkin dalam bahasa Indonesia. Hal ini merupakan pengertian maybe yang tentunya sudah dipahami kebanyakan orang Indonesia. Maybe artinya digunakan untuk menyatakan sesuatu yang belum diketahui pasti kebenarannya. Maybe artinya adalah kamu hanya memiliki keyakinan tidak lebih dari 60 persen. Jika dihitung dalam persensentase, maka kisarannya sekitar 40 hingga 60 persen saja. Jadi, maybe artinya masih memerlukan pertimbangan sebelum kamu benar-benar yakin bahwa hal tersebut terjadi, pasti kebenarannya, ataupun bisa dipercaya.

Maybe artinya mungkin termasuk ke dalam kata keterangan atau adverb. Maybe artinya barangkali, mungkin, kali, boleh jadi, bisa jadi, kira-kira, boleh juga, kiranya, mudah-mudahan, semoga saja, ataupun kalau-kalau. Selain itu, maybe artinya juga bisa merujuk pada penulisan may dan be yang terpisah.

Maybe artinya adalah mungkin dan termasuk ke dalam kata keterangan atau adverb dalam bahasa Inggris. Maybe aartinya digunakan saat kamu merasa tidak terlalu yakin dengan suatu informasi, kira-kira derajat keyakinannya sekitar 40% sampai 60%. Dengan kata lain, maybe artinya digunakan saat kamu merasa setengah yakin akan sesuatu.

Melansir KapanLagi, sinonim maybe di antaranya adalah “can be” yang artinya “dapat”, “perhaps” artinya “mungkin”, “feasible” artinya “bisa dilakukan”, “could be” artinya “bisa jadi”, “perchance” artinya “barangkali”, hingga “conceivably” artinya “menurut pikiran”.

Sementara itu, antonim atau lawan kata dari maybe yaitu surely yang memiliki arti pasti. Di mana arti kata surely tentu berlawanan dengan maybe yang masih memiliki kemungkinan atau sesuatu yang belum tentu, belum yakin, atau belum pasti terjadi.

Ada juga antonim lainnya dari maybe yakni definitely. Definitely memiliki arti tentu saja. Dari arti definiltely tersebut tentunya dapat dilihat bahwa sesuatu sudah dipastikan, yakin dan percaya. Sehingga tidak ada lagi pertimbangan-pertimbangan seperti halnya dalam kata maybe.


Contoh Penggunaan Maybe

10 Kata-kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya Agar Berpikir Positif
Perbesar
Ilustrasi Menemukan Ide Credit: pexels.com/Sierra

Melansir KapanLagi dan EF, contoh penggunaan maybe di antaranya adalah sebagai berikut:

- “Maybe I’d stop by to your office tomorrow”

- “Maybe Ben would like to go home.” (Mungkin Ben ingin pulang)

- “I can help you, maybe, with something?”

- “I can help you, maybe, with something?” (Aku bisa membantumu, mungkin dengan sesuatu?)

- “Maybe she’s having a bad day after her boyfriend call her”

- “Maybe Susan said something.” (Mungkin Susan mengatakan sesuatu)

- “Maybe I don’t know about her too much, so I need to stay away from her”

- “Her pen maybe there.” (Mungkin penanya ada di sana)

- “Maybe I'd stop by to your house tomorrow.” (Mungkin aku akan mampir ke rumahmu besok)


Perbedaan Penggunaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably

Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris
Perbesar
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris (Photo by Pisit Heng on Unsplash)

Maybe artinya adalah mungkin, di mana kata ini digunakan pada kalimat yang kira-kira derajat keyakinannya sekitar 40% sampai 60%. Maybe adalah istilah yang sangat sering digunakan dalam bahasa sehari-hari. Penggunaan maybe juga sering kali kamu temui dalam percakapan sehari-hari, artinya maybe digunakan kebanyakan dalam percakapan non-formal.

Istilah maybe ini berbeda dengan kata lainnya yang memiliki makna hampir mirip, seperti perhaps, possibly, dan probably. Kamu tentunya perlu memahami perbedaan dari setiap kata tersebut. Mengutip EF, perhaps sendiri artinya merujuk pada sesuatu yang tingkat ketidakpastiannya lebih ekstrem, yaitu derajatnya sekitar 10% sampai 30%. Biasanya kata perhaps digunakan untuk memberi saran atau komentar sambil lalu.

Sementara itu, possibly adalah istilah yang digunakan untuk hal-hal yang formal. Derajat kepastian dari possibly di bawah maybe, tetapi jika ditambahkan kata quiet atau very di depannya, maka derajat kepastiannya akan meningkat. Possibly seringkali bisa menggantikan kata might atau sebaliknya. Bedanya might biasanya digunakan untuk kalimat yang informal. Probably adalah salah satu kata yang maknanya agak mirip dengan maybe. Probably merujuk pada kemungkinan yang derajat kepastiannnya lebih tinggi, derajat kepastiannya di atas 60% sampai 90%. Kamu bisa menggunakan kata probably untuk menunjukkan informasi yang cukup kamu yakini, namun masih ada sedikit keraguan di dalamnya sehingga masih belum 100%.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya