Sukses

26 Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Hits, Suasananya Syahdu dan Romantis

Tempat wisata Jogja malam hari memberikan keindahan tersendiri. suasanya yang syahdu, dan romantis.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Jogja malah hari memang banyak didatangi oleh para wisatawan. Alasannya karena tempat wisata Jogja malam hari memberikan keindahan tersendiri dan suasanya yang syahdu serta romantis.

Biasanya, wisatawan memilih tempat wisata Jogja malam hari yaitu Malioboro dan Tugu Yogyakarta, namun sebenarnya masih banyak tempat wisata Jogja malam hari yang bisa anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Mengunjungi tempat wisata Jogja malam hari akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan, siapapun akan dibuat rindu untuk kembali berkunjung. Kamu akan disajikan lampu-lampu kota, sendra tari hingga orang-orang duduk lesehan di warung angkringan yang menjadi daya Tarik tersendiri.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Jogja malam hari yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Hits

1. Nol Kilometer Jogja

Tempat wisata Jogja malam hari yang pertama adalah Nol Kilometer. Nol Kilometer Jogja yang lokasinya strategis ini memiliki banyak bangunan kolonial di sekitarnya. Walau wisatawan tidak bisa mengunjungi museum-museum di kawasan Nol Kilometer saat malam hari, sepanjang kawasan ini rupanya sering dipergunakan oleh banyak anak muda untuk nongkrong. Wisatawan bisa menikmati suasana malam Jogja dengan datang ke kawasan ini. Di sana akan ada banyak seniman jalanan yang menunjukkan kemampuan mereka. Selain itu, ada juga beberapa komunitas yang bisa jadi menarik untuk dilihat.

2. Malioboro

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Malioboro. Malioboro selalu melekat ketika menyebut Yogyakarta. Jalan sepanjang 1,5 km di kawasan Malioboro pada malam hari yang cantik akan sangat sayang bila dilewatkan. Di Jalan Malioboro pengunjung dapat menikmati wisata kuliner dan pertunjukan seni seperti pentas musik hingga tari-tarian. Ada juga program Selasa Wage di Malioboro yang diterapkan oleh Pemerintah Yogyakarta di mana tempat ini bebas dari kendaraan roda empat dan pedagang kaki lima.

3. Tugu Jogja

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Tugu Jogja. Tugu yang lokasinya masih berada tidak jauh dari stasiun dan Malioboro ini juga biasanya banyak dikunjungi wisatawan di malam hari. Tugu Golong Gilig ini memang merupakan satu ikon Jogja. Wisatawan yang mampir ke sana biasanya hanya untuk berburu foto. Keunggulannya adalah karena cahaya pada malam hari di Tugu ini akan membuat hasil foto menjadi lebih cantik. Selain itu, adanya lampu-lampu bangunan dan juga lampu kendaraan-kendaraan yang melintas bisa menjadi satu elemen tambahan yang keren untuk berfoto.

4. Bukit Bintang

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Bukit Bintang. Bukit Bintang berada di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari Km.15, Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Saat malam hari di Bukit Bintang, wisatawan dapat menikmati pemandangan memukau dari kota Jogja yang penuh dengan lampu-lampu yang bersinar. Jangan lewatkan pemandangan kota sambil menikmati berbagai macam kuliner di sekitar lokasi. Wisatawan tidak dipungut biaya masuk ke Bukit Bintang, tetapi perlu membayar parkir jika membawa kendaraan. Bukit Bintang dibuka 24 jam, sehingga pengunjung juga bisa berkunjung saat pagi hari.

5. Angkringan Kopi Jos

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Angkringan Kopi Jos. Jangan lewatkan menyeruput sensasi kopi jos yang unik yakni berupa seduhan kopi hitam yang diberi arang membara. Anda bisa menikmati kopi ini di angkringan yang tersebar di dekat Stasiun Tugu. Yang paling terkenal dengan kopi jos nya adalah Angkringan Lik Man.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari Terpopuler

6. Alun–Alun Lor

Alun-Alun Lor berarti Alun-Alun Utara karena letaknya memang di sebelah utara Keraton Yogyakarta, tepatnya Jalan Alun-Alun Utara, Ngupasan, Gondomonan. Salah satu tempat wisata Jogja malam hari ini dapat menjadi pilihan kamu untuk menikmati malam yang syahdu. Nongkrong di kedai sekitar alun-alun hingga menikmati jajanan di pinggir jalan akan sangat romantis.  

7. Alun Alun Kidul

Salah satu spot tempat wisata Jogja malam hari yang banyak dikunjungi orang-orang di Jogja adalah alun-alun kidul. Di sana ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menyewa sepeda hias dan berkeliling.

Selain itu, wisatawan di alun-alun kidul juga bisa berwisata kuliner, karena di sana ada banyak pedagang makanan yang berjualan. Wisatawan bisa memilih makanan ringan ataupun makanan berat dan menikmati suasana Jogja di malam hari dengan teman-teman. Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang berkaitan dengan dua pohon beringin di alun-alun.

8. Plengkung Gading

Plengkung Gading terletak di Jalan Palatehan Kidul Nomor 4, Pateha, Keraton. Nama “plengkung” mengikuti bentuk rumah besar yang banyak dikunjungi wisatawan. Rumah tersebut mempunyai halaman luas dan sangat memesona di malam hari.

Pintu gerbang rumah berbentuk lengkungan berwarna gading. Tempat yang sering dipakai para wisatawan untuk berfoto. Tempat wisata Jogja malam hari satu ini juga menawarkan suasana romantis dengan cahaya lampu yang tenang.

9. Loko Caffee atau Loko Café Shop

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah nongkrong di Loko Coffee atau Loko Cafe Shop. Tempat ini terbilang masih baru, namun sudah menyita penasaran penyuka kopi. Pasalnya lokasinya yang strategis yaitu di ujung sebelah utara Malioboro dekat dengan taman parkir abu bakar ali dan masih satu area dengan stasiun Tugu Yogyakarta. Di sini buka 24 jam, dan setiap malam ada live music yang akan menambah suasana jogja semakin berbeda.

10. Taman Pelangi Monjali

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Taman Pelangi Monjali. Taman Pelangi berada dalam kawasan Monumen Jogja Kembali, tepatnya terletak di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Taman ini penuh dengan lampion-lampion warna-warni dan berbagai bentuk seperti bunga, tokoh kartun, sampai tokoh pewayangan. Keindahan Taman Pelangi pada malam hari, sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik dan instagramable atau sekadar hanya untuk bersantai. Pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner yang tersedia di sekitar Taman Pelangi.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Hits

11. Sindu Kusuma Edupark

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Sindu Kusuma Edupark, di sini kamu akan menjumpai bianglala raksasa. Jika kamu naik bianglala itu pada malam hari, maka kamu akan melihat keindahan kota Jogja malam hari. Wisata ini bisa menjadi wisata keluarga, jadi kalau kamu mau ngajak anak-anak boleh banget.

Tak hanya satu wahana saja yang bisa kamu nikmati di sini, melainkan ada 10 wahana menarik yang bisa kamu coba. Harganya juga relatif murah. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung menyambanginya di Jl Magelang KM 2, Sinduadi Mlati.

12. Sendratari Ramayana Ballet di Candi Prambanan

Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana adalah pertunjukan tari dan drama yang menceritakan kisah epik Rama & Shinta dari kisah wayang Ramayana. Pertunjukan tersebut disuguhkan dalam rangkaian gerak tari dengan diiringi gamelan, dan tanpa dialog.

Untuk bisa menyaksikan penampilan wayang ini, kamu harus merogoh kocek Rp 125 ribu hingga Rp 300 ribu. Meski harganya tak murah, namun akan sebanding dengan apa yang kamu saksikan di sana. Cerita yang ditampilkan Sendratari Ramayana bakal bikin terkesan.

13. Tebing Breksi

Tebing Breksi pada awalnya belum dijadikan tempat wisata Jogja malam hari. Kini, suasana malam yang ditawarkan di tempat ini memang terbukti indah. Jika kamu ke sini pada siang hari dan merasa sangat panas, kamu bisa mencoba kembali menjelang sore atau memasuki malam hari. Kawasan ini akan terasa begitu tenang dan romantis.

Seperti tempat-tempat wisata populer lainnya, kamu juga bisa memilih berbagai spot foto untuk mengabadikan momenmu di sini. Untuk lokasinya, Tebing Breksi terletak di Unnamed Road, Gn Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

14. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu tempat wisata Jogja malam hari yang cukup populer. Sudah banyak keindahan foto yang didapat dari berwisata ke sini pada malam hari. Namun jika kamu ingin berfoto di tempat ini, kamu harus mengambil nomor antrean. Sebab hutan pinus ini sangat ramai dikunjungi banyak orang tiap harinya, terlebih saat akhir pekan.

Kamu pun tidak perlu repot-repot bawa kamera. Karena di sana sudah ada petugas yang akan mengambil gambar kamu. Jika suka dengan jepretannya, kamu hanya membayar satu foto yang akan dihargai Rp 15.000. Hutan Hutan Pinus Pengger ada di Desa Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul.

15. Pintu Langit Dahromo

Tidak kalah populer dengan tempat lainnya, Pintu Langit Dahromo yang terletak di Bukit Dahromo, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, juga menjadi salah satu tempat paling favorit untuk wisata malam. Berbentuk pintu dengan pemandangan Jogja yang menakjubkan, hasil jepretan fotomu dijamin akan memuaskan. Bukit ini tak jauh dari pusat kota Jogja, tepatnya berada di Muntuk, Dlingo, Bantul.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Wajib Dikunjungi

16. Puncak Becici

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Puncak Becici. Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang terletak di Desa Muntuk, Gunungcilik, Dlingo, Bantul. Saat wisata ke sini, pengunjung dapat menikmati sunset indah yang dihiasi dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kawasan hutan yang dikelola menjadi tempat wisata ini menawaran spot-spot foto menarik dari hutan pinus dan rumah marsupilani yang unik. Pengunjung juga dapat berkemah dan bersantai di atas hammock di area campground yang telah disediakan.

17. Purawisata

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Purawisata. Lokasinya ada di Jalan Brigjend Katamso. Wisatawan yang datang ke sana bisa menikmati kisah drama Ramayana dan Shinta dari tarian. Di sana, wisatawan bisa datang setiap hari di malam hari. Wisatawan yang ingin melihat pertunjukan ini akan dikenakan harga tiket masuk yang berbeda-beda, tergantung paket yang dipilihnya. Untuk melihat pagelaran, wisatawan hanya perlu membayar Rp 75.000 untuk domestik dan Rp 250.000 untuk turis internasional. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin mendapatkan makan malam sekaligus melihat pertunjukan akan dikenakan biaya Rp 255.000 untuk domestik dan Rp 420.000 untuk turis internasional.

18. Bukit Paralayang, Parangtritis

Parangtritis memang dikenal dengan pantainya. Namun menjelang malam hari, kamu bisa melihat suasana yang berbeda di pantai legendaris ini. Kamu bisa menaiki kawasan Bukit Paralayang untuk menyaksikan keindahan malam dari ketinggian. Jika kamu suka hunting foto, maka cocok banget nih. Bukit Paralayang memiliki pesona yang memikat dan aura yang berbeda.

19. Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Seribu Batu Songgo Langit. Seribu Batu Songgo Langit terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dlingo, Bantul, merupakan kawasan wisata alam dengan wahana dan spot yang menarik. Kawasan wisata alam Seribu Batu menawarkan wahana aktivitas outdoor, camping, spot foto, restoran, dan lainnya. pada malam hari. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto Instagramable dengan spot-spot foto menarik dan lampu yang menghiasi.

Jika ingin bermalam tersedia area glamping (glamour camping), yang muat untuk 4 orang per camp dan termasuk 1 meals dan welcome drink. Seribu Batu Songgo Langit berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Jogja, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40-45 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang, biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000, bagi yang ingin bermalam di glamping dikenai Rp 500.000 per room.

20. Heha Sky View

Destinasi wisata Jogja terbaru yang menawarkan resto dengan bonus pesona Jogja dari ketinggian plus spot foto instagenic dan resto berkelas. Nikmati pemandangan menakjubkan Kota dari atas bukit khususnya saat malam. Ada spot unik seperti Sky Baloon, Teras Kaca, Sky Bridge, hingga Kolam denga background pemandangan super cantik.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Wajib Dikunjungi

21. Raminten Cabaret Show

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Raminten Caberet Show. Nikmati makan malam sembari menyaksikan cabaret show yang dikombinasikan dengan ludruk dan srimulat di Hamzah Batik Lantai 3. Acara ini hanya dilakukan pada hari jumat dan sabtu jam 7 malam. Biaya untuk menonton acara ini sekitar 50 ribu hingga 150 ribu.

22. Bukit Wisata Pulepayung

Menyajikan banyak spot-spot foto intagramable tempat wisata Jogja malam hari ini terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Beberapa spot foto yang tersedia disana yaitu Kursi Langit, Jembatan Surga, Spot lolipop, Sky Bike, Spot angkasa, Spot wolu, dan masih banyak lagi. Ada satu lagi yang menjadi ikon tempat wisata ini yaitu Coffee Angkasa, menikmati kopi di dataran tinggi itu menjadi hal yang menarik dari tempat ini dan coffee angkasa ini tidak kalah intagramable dari coffee shop lainnya.

23. Wisata Camping di Pantai

Tempat wisata Jogja malam hari yang tak boleh ketinggalan yaitu menikmati tempat wisata malam Gunungkidul dengan kegiatan camping di pantai. Ada banyak spot pantai sebagai rekomendasi camping Anda. Ada Pantai Ngrumput, Pantai Greweng, Pantai Butuh, Pantai Sanglen, Pantai Wohkudu, dan Pantai Sedahan. Pantai Jungwok, Pantai Kayuarum, Pantai Ngetun dan Pantai Seruni juga rekomended.

24. Heha Ocean View

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Heha Ocean View. Di sini kamu akan menemukan banyak spot foto menarik dengan latar pemandangan pantai. Saat malam hari, tempat wisata Jogja malam hari ini akan dihiasi dengan gemerlap lampu aneka warna, sehingga pas untuk aktivitas foto-foto. Jadwal buka tempat wisata Jogja malam hari ini berbeda-beda setiap harinya. Untuk Senin hingga Jumat, jam buka yakni pukul 09.00-21.00 WIB, sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur yakni buka pukul 08.00-21.00 WIB.

25. De Mongol

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah De Mongol. Berwisata di sini, kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi sekaligus berfoto di spot yang tersedia. Pada malam hari, gemerlap lampu kota Yogyakarta terlihat begitu menawan dari ketinggian. Tempat wisata Jogja malam hari ini buka dari pukul 10.00-21.00 WIB, untuk tiket masuknya seharga Rp.20.000 per orang.

26. Obelix Hilss

Tempat wisata Jogja malam hari yang berikutnya adalah Obelix Hilss. Tempat wisata Jogja malam hari ini terletak di Klumprit, Blok 1&2, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Di sini terdapat restoran, panggung event, dan glamping deck yang bisa kamu nikmati. Jadwal buka tempat wisata Jogja malam hari ini berbeda-beda setiap harinya. Untuk Senin hingga Jumat, jam buka yakni pukul 10.00-21.00 WIB, sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur yakni buka pukul 07.00-21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.