Sukses

13 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Benar, Perhatikan Ciri-Ciri Fisiknya

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang benar dan akurat dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang benar dan akurat dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup banyak penggemarnya.

Penyebutan lovebird atau burung cinta karena burung ini adalah jenis burung sosial yang tidak bisa dipisahkan dengan pasangannya. Burung ini terkenal hanya mempunyai satu kekasih dalam seumur hidupnya, untuk itu harus dipelihara secara sepasang, yaitu jantan dan betina.

Burung lovebird ini dikenal dengan berbagai macam warna bulu yang indah dan menarik. Cara membedakan lovebird  jantan dan betina perlu untuk diketahui bagi para pecinta burung. Dengan begitu, Anda bisa memasangkan burung lovebird dengan tepat, dan burung dapat berkembang biak dengan baik.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membedakan lovebird  jantan dan betina yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik

1. Bentuk Tubuh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang pertama adalah dilihat dari bentuk tubuh. Lovebird jantan mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan lovebird betina. Selain itu, lovebird jantan juga memiliki bagian kepala yang lebih rata dan cepak, sedangkan lovebird betina cenderung memiliki kepala yang lebih cekung atau melengkung.

2. Bentuk Sayap

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah bentuk sayapnya. Lovebird jantan memiliki bentuk sayap yang menyilang di bagian ujung atau saling bertemu. Sebaliknya, lovebird betina mempunyai bentuk sayap yang tidak menyilang di bagian ujung. Ciri ini bisa Anda perhatikan ketika burung sedang bertengger dan dalam kondisi diam.

3. Bentuk Paruh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah bentuk paruhnya. Bentuk paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dan cenderung kecil. Sementara itu, lovebird betina memiliki paruh yang tumpul, melebar dan besar.

4. Lubang Hidung

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah dapat diketahui melalui lubang hidung. Lovebird jantan biasanya mempunyai lubang hidung yang berbentuk lonjong atau oval. Sedangkan lovebird betina mempunyai bentuk lubang hidung yang lebih bulat dan lebar. Anda bisa memeriksa lubang hidung ini dengan memegang lovebird kemudian tiup bagian hidung hingga bentuknya akan terlihat.

3 dari 5 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Fisik

5. Lingkar Klep Kacamata

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah lingkar klep kacamata. Lovebird jantan biasanya memiliki lingkar klep kacamata yang lebih lonjong atau oval. Sedangkan betina memiliki klep atau lingkar mata yang lebih bulat. Ciri ini memang sulit untuk dibedakan, namun terkadang perbedaan klep mata ini bisa terlihat dengan jelas.

6. Bentuk Ekor

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah melalui bentuk ekor. Bentuk ekor lovebird jantan biasanya runcing atau kecil dan mengerucut di bagian ujung, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk ekor yang lebih rata dan besar. Ciri ini juga bisa Anda perhatikan ketika burung sedang bertengger dan dalam kondisi diam atau stabil.

7. Tulang Pubis

Bentuk tulang pubis juga termasuk salah salah satu ciri umum untuk mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan mempunyai dua tulang pubis dengan jarak yang menyempit jika diraba. Sebaliknya, lovebird betina mempunyai tulang pubis yang lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis lebih lebar dibandingkan lovebird jantan. Biasanya jarak tulang pubis lovebird betina seukuran jari tangan manusia.

Selain itu, saat Anda meraba tulang pubis lovebird betina, biasanya akan terasa lebih lunak dan jika ditekan tulang tersebut seperti bergerak terbuka. Sedangkan pada lovebird jantan, saat tulang pubis ditekan akan terasa runcing, rapat dan keras. Anda bisa memeriksa bagian tulang pubis ini dengan membalik tubuh lovebird dan merabanya di bagian bawah peruh hampir mendekati ekor.

8. Bentuk Anus

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah melalui bentuk anus. Lovebird jantan biasanya mempunyai bentuk anus yang lebih kecil dan terlihat menonjol atau lebih panjang. Sedangkan pada betina, anus bisanya berbentuk lebih lebar dan terlihat lebih rata dibandingkan lovebird jantan.

Selain itu, anus pada lovebird jantan saat diraba akan terasa keras. Sebaliknya, anus lovebird betina jika diraba akan terasa lebih empuk. Untuk melihat bagian ini, basahi dulu bagian anus kemudian buka bulu secara perlahan dan raba.

4 dari 5 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Perilaku

9. Cara Bertengger

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah bisa dilihat dari cara lovebird bertengger. Jika diperhatikan, lovebird jantan akan bertengger dengan kaki yang merapat. Sedangkan lovebird betina akan bertengger dengan kaki yang sedikit melebar. Ini terjadi karena jarak tulang pubis betina lebih lebar dan berjauhan, sehingga ketika bertengger kakinya juga akan melebar.

10. Suara Lovebird

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah suara lovebird. Biasanya lovebird jantan memiliki suara yang lebih keras saat berkicau. Selain itu, lovebird jantan juga sering mengeluarkan suara ngekek panjang saat sendirian. Sedangkan lovebird betina mempunyai suara yang lebih keras dibandingkan lovebird jantan.

Saat mengeluarkan suara kicau yang lebih keras, lovebird jantan biasanya terlihat birahi. Saat dijadikan satu kandang, suara lovebird jantan perlahan akan menurun, bahkan jarang berbunyi karena birahinya sudah dilampiaskan ke lovebird betina.

11. Cincin Emas atau Jarum

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah gerakan cincin. Caranya cukup mudah, siapkan cincin emas dengan tali sepanjang 15-20 cm. Ikat tali pada cincin tersebut, lalu pegang lovebird dengan tangan kiri usahakan bagian kepala jauh dari genggaman tangan.

Setelah itu, tempatkan cincin emas di atas kepala lovebird sekitar 3-5 cm, lalu perhatikan gerakan cincin.Jika cincin bergerak searah maju mundur, maka bisa dikatakan itu adalah lovebird jantan. Sedangkan ketika cincin bergerak memutar berarti lovebird yang dipegang adalah betina.

5 dari 5 halaman

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Perilaku

12. Perilaku Birahi

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah perilaku birahinya. Umumnya saat birahi, lovebird jantan berdiri di dekat lovebird betina sambil menggerakkan kepala manggut manggut. Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit.

Saat si jantan birahi, biasanya mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh betina, menggesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh betina. Sementara itu, saat lovebird betina birahi biasanya akan merunduk dan membuka sayapnya selebar mungkin. Selain itu, lovebird betina juga sering menggigit benda di sekitarnya ketika birahi dan ingin kawin.

13. Cara Membangun Sarang

Terakhir, cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan perilaku burung saat membangun sarang. Dibandingkan jantan, lovebird betina memang paling aktif membangun sarang.

Biasanya lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada betina dan membiarkannya membangun sarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.