22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 05 Agu 2022, 17:55 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 17:55 WIB
22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Perkebunan teh di kawasan Puncak.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam di Bogor memang menyejukkan dan indah. Bogos merupakan salah satu kota di Indonesia yang letaknya berada di Provinsi Jawa Barat. Kota hujan ini terkenal dengan wisata alamnya yang menarik dan wajib dikunjungi.

Hal tersebuta karena bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut, sehingga membuat udaranya relatif lebih sejuk dan menyajikan beragam destinasi alam yang menakjubkan.

Wisata alam di Bogor yang dapat anda nikmati yakni mulai dari pegunungan, curug, hingga hutan wisata semuanya memiliki daya tarik tersendiri. Wisata alam di Bogor ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga maupun teman untuk sekedar melepas penat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata alam di Bogor yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata Alam di Bogor Tema Air Terjun

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Curug Cibaliung

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari juga merupakan wisata alam di Bogor yang sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Curug Bidadari berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter, air dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut. Untuk menambah keistimewaan lokasi wisata alam ini, pihak pengelola sudah menambahkan water park tepat berada di bawah air terjun. Water park ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang menawan.

2. Curug Cikaluwung

Curug Cikaluwung juga bisa menjadi destinasi wisata alam di Bogor yang tak kalah indah. Di sini, anda akan disajikan nuansa alam yang sangat indah. Kolam air yang jernih dan berwarna kebiruan, tebing batu menjulang dan hawa sejuk yang menyegarkan akan menemani anda saat liburan di Curug Cikaluwung. Anda juga bisa menikmati sejuknya air di sini, atau sekadar bersantai menghabiskan waktu. Lokasinya berada di Pemijahan, Bogor.

3. Curug Cibaliung

Tempat wisata alam di Bogor yang selanjutnya adalah Curug Cibaliung yang berair biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini sebagai salah satu tempat wisata alam di Bogor yang murah. Tarif masuknya hanya Rp. 10.000 saja.

4. Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Gardu pandang di ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar yang indah bisa ditemui di kawasan wisata Curug Ciherang. Di salah satu tempat wisata alam di Bogor ini baru dibangun rumah pohon dan jembatan kayu gantung untuk menikmati keindahan alam sekitar. Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 5.000 untuk masuk ke tempat wisata ini.


Wisata Alam di Bogor Tema Air Terjun

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Leuwi Lieuk, Bogor, Jawa Barat.

5. Curug Love

Wisata alam di Bogor selanjutnya adalah Curug Love. Lokasi curug ini berada di tengah persawahan dan perkebunan milik warga, yang disisinya dikelilingi bukit. Berada di antara bebatuan yang terkikis oleh abrasi sungai, lanskap dinding bukit yang mengagumkan menambah nilai eksotis wisata alam di Bogor ini. Ada yang menyebut curug ini sebagai Grand Canyon mini di Bogor.

Kamu juga tidak perlu bersusah payah untuk menikmati wisata Curug love ini, karena lokasinya dekat dengan tempat memarkir kendaraan. Lokasinya berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

6. Leuwi Lieuk

Wisata alam Bogor satu ini tergolong masih baru dan tak kalah dari Green Canyon Pangandaran atau Angel's Billabong-nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk anda harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Anda cukup membayarkan Rp 10.000 untuk menikmati segala keindahan di sini.

7. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Wisata alam di Bogor selanjutnya ada di daerah Parung. Tempat ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. Tarif masuknya juga cukup murah, yaitu Rp. 8.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

8. Lembah Tepus

Wisata air Lembah Tepus merupakan salah satu destinasi baru di Kabupaten Bogor. Lembah Tepus memiliki kolam air yang hits. Tempat ini juga memiliki sungai cukup besar dan air amat jernih, membuat mata dan pikiran menjadi rileks. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tepatnya di Kampung Pasir Rengit, Jalan Gunung Bunder, desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan. Konsep wisata air alaminya mampu memikit pengujung berdatangan. 


Wisata Alam di Bogor Bertema Perbukitan

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Gunung Gede Pangrango (Image by Ibadah Mimpi from Pixabay)

9. Bukit Kapur Ciampea

Bagi Anda yang ingin mendapatkan foto di perbukitan yang indah, Bukit Kapur Ciampea bisa menjadi pilihan. Wisata alam di Bogor ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Dari puncaknya, anda bisa melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Bahkan, anda juga bisa menikmati sunrise yang sangat indah di bukit ini. Lokasinya berada di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor.

10. Agrowisata Gunung Mas

Destinasi wisata Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya. Anda juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini. Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini anda akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.

11. Bukit Alesano

Bukit Bintangnya Bogor ini menyajikan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan Gunung Salak-Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini. Anda hanya perlu menyumbang dengan sukarela untuk menikmati segala keindahan wisata alam di Bogor ini.

12. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah tempat wisata alam di Bogor selanjutnya bagi anda yang hobi melakukan pendakian dan menikmati suasana pegunungan. Di sini anda akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik.

Ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa atau dalam bahasa latinnya sering disebut Anaphalis javanica. Jika beruntung, anda bisa menemukannya di area taman nasional ini. Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.


Wisata Alam di Bogor Bertema Perbukitan

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor

13. Paralayang Bukit Gantole

Destinasi wisata alam di Bogor yang satu ini cocok buat anda yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor anda bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto. Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Pengunjung bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Nantinya pengunjung juga akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin.

14. Taman Wisata Gunung Pancar

Bagi anda yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar, sebagai salah satu wisata alam di Bogor yang murah. Taman Wisata Gunung Pancar ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Hanya dengan Rp. 5.000 saat tengah pekan, dan Rp. 7.500 pada akhir pekan, anda sudah bisa menikmati Taman Wisata Gunung Pancar ini.

15. Bukit Alas Bandawasa

Wisata alam di Bogor yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Alas Bandawasa. Bukit Alas Bandawasa juga jadi tempat camping hits di Bogor. Ini disebut sebagai tempat sunrise terbaik, dilengkapi keindahan pemandangan awan. Kawasan wisata Bukit Alas Bandawasa berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Pemandangan yang indah membuat bukit ini tenar dengan julukan Negeri di Atas Awan dari Bogor. Dari bukit ini terlihat jelas wajah Kota Bogor dengan gulungan awan dan latar gunung. Bukit Alas Bandawasa termasuk tempat wisata baru. Tiket masuk untuk ke Bukit Alas Bandawasa sebesar Rp. 5000 per orang.

16. Bukit Halimun

Wisata alam di Bogor yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Halimun. Bukit Halimun memiliki spot favorit, yakni jembatan gantung. Anda bisa merasakan udara yang segar dan pemandangan Gunung Salak.  Tidak heran apabila banyak wisatawan yang menjadikan Bukit Halimun sebagai destinasi untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.


Wisata Alam di Bogor Bertema Taman

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Taman Bunga Nusantara.

17. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata alam di Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu. Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih.

Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

18. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya. Tidak hanya wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari Anda juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam.

19. Cianten Bakukung

Cianten Bakukung menawarkan alam dengan udara yang sejuk, pemandangan yang hijau dan nuansa alam yang bikin nyaman. Lokasinya berada di kaki gunung Halimun. Tidak hanya udara sejuk pegunungan yang bisa anda dapatkan, pemandangan kebun teh yang hijau, dan masuk ke hutan pinus yang instagramable juga bisa anda lakukan di wisata alam di Bogor ini. Tempatnya berada di Desa Cianten, Purasari, Leuwiliang, Bogor.


Wisata Alam di Bogor Bertema Taman

22 Wisata Alam di Bogor yang Sayang Dilewatkan, Sajikan Pemandangan Eksotis
Perbesar
Pengunjung bersepeda di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/7/2020). Kebun Raya Bogor menerapkan pemesanan tiket secara daring serta kapasitas pengunjung dibatasi hanya 50 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

20. Kebun Raya Bogor

Jika sudah mampir ke Istana Bogor, wisata alam di Bogor yang selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Bukan hanya pohon dan tumbuhan hijau yang ada di sini. Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, anda hanya perlu membayar sebanyak Rp. 15.000 saja

Lahan luas yang dulunya cuma berfungsi sebagai halaman istana ini juga dilengkapi berbagai atraksi modern. Salah satu yang paling baru adalah Rumah Masa Depan. Buat anda yang suka berfoto, anda bisa mengeksplor berbagai tempat di sini.

21. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik di destinasi wisata alam di Bogor. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

22. Flowers Garden Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai merupakan tempat wisata yang terletak di Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Kebanyakan wisatawan berasal dari warga Jabodetabek yang rindu akan kesegaran alam kawasan Puncak. Camp Hulu Cai memadukan wisata alam sekaligus resort dengan pemandangan super cantik. Nama Hulu Cai sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti sebuah tempat yang tidak jauh dari mata air.

Hal itu sesuai karena lokasinya yang berada di sekitar kaki Gunung Pangrango. Memiliki suasana tenang dan damai, tempat satu ini cocok banget untuk anda yang ingin menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya