5 Penyebab Pipi Tembem, Hati-Hati dengan Makanan dan Ketahui Cara Mengatasinya

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 03 Agu 2022, 09:35 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 09:35 WIB
Mengecilkan Pipi Tembem Dengan 5 Cara Ini
Perbesar
Mengecilkan pipi tembem dengan make up (via: squarespace.com)

Liputan6.com, Jakarta Penyebab pipi tembem secara umum adalah kelebihan lemak di wajah. Kelebihan lemak ini kemudian disimpan di bagian pipi, sehingga pipi menjadi lebih besar atau tembem.

Selain kelebihan lemak, ada sejumlah faktor lain yang menjadi penyebab pipi tembem, salah satunya adalah makanan. Jika penyebabnya adalah pola makan dan asupan nutrisi, tentu mengubah pola makan bisa menjadi solusi untuk mengatasi penyebab pipi tembem.

Hanya saja ada sejumlah faktor penyebab pipi tembem yang sudah bawaan lahir, atau karena faktor genetika. Penyebab pipi tembem yang satu ini akan lebih sulit diatasi.

Bagi sebagian orang, pipi tembem justru menambah daya tarik karena jadi lebih terlihat lucu. Hanya saja, beberapa orang lainnya merasa jika pipi tembem justru membuat orang kurang percaya diri.

Sebenarnya ada sejumlah cara untuk mengatasi pipi tembem dan membuat wajah lebih tirus. Namun sebelum lebih jauh ke cara mengatasi pipi temben, berikut adalah beberapa faktor penyebab pipi tembem, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyebab Pipi Tembem

1. Makanan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyebab pipi tembem secara umum adalah lemak berlebih di wajah. Kelebihan lemak ini biasanya sangat terkait dengan makanan dan pola makan atau diet.

Konsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung banyak lemak jelas menjadi faktor penyebab pipi tembem. Oleh karena itu, cobalah hindari makanan yang dapat menjadi faktor penyebab pipi tembem, seperti makanan tinggi garam, daging merah (meliputi sapi, domba, kerbau, dan kambing), produk olahan susu, dan karbohidrat olahan.

2. Dehidrasi

Dilansir dari laman resmi Fakultas Keperawatan Unair, dehidrasi juga menjadi faktor penyebab pipi tembem. Ketika seseorang kekurangan cairan, maka tubuh cenderung menyimpan cairan, nah cadangan cairan tersebut biasanya terlihat di beberapa bagian tubuh termasuk pipi.

3. Konsumsi Alkohol

Dari sumber yang sama menyebutkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan juga menjadi faktor penyebab pipi tembem. Konsumsi alkohol yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak pada area pipi. Tak hanya membuat pipi menjadi tembem, bahkan konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan berat badan bertambah.

4. Kurang Tidur

Idealnya, seseorang membutuhkan tidur sekitar 7 sampai 8 jam per hari. Jumlah tersebut adalah waktu yang diperlukan untuk memulihkan kelelahan dan membangun sel-sel tubuh yang baru untuk menggantikan sel-sel yang sudah mati.

Selain menghambat regenerasi sel, pola tidur yang buruk juga menjadi salah satu faktor penyebab pipi tembem. Sebab, ketika seseorang kurang tidur tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Fungsi utama hormon kortisol adalah menyediakan energi yang melimpah bagi tubuh, terutama ketika sedang berada di bawah ancaman, tekanan, atau stres.

5. Faktor Genetika

Faktor keturunan atau genetika juga menjadi penyebab pipi tembem. Seseorang yang memiliki pipi tembem memiliki kemungkinan untuk melahirkan keturunan yang juga memiliki pipi tembem.


Cara Mengatasi Pipi tembem

7 Latihan Cardio yang Akan Membakar Banyak Lemakmu dengan Cepat
Perbesar
Enggak perlu olahraga sulit, hanya dengan tujuh latihan ini kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal.

Beberapa orang mungkin akan terlihat menawan dengan pipi tembem, karena akan terlihat lebih lucu dan imut. Sebagian lagi akan merasa tidak percaya diri dengan kondisi pipi tembem.

Namun, bagi kamu yang kurang merasa percaya diri dengan pipi tembem, hal itu masih bisa diatasi. Setidaknya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pipi yang tembem, antara lain sebagai berikut:

1. Olahraga wajah atau senam wajah

Selain meniruskan pipi, dengan melakukan senam wajah juga bisa mencegah penuaan dan memperkuat otot.

2. Olahraga cardio

Pipi tembem juga bisa terjadi karena kurangnya aktivitas yang membuat kita jarang menggerakan badan sehingga terjadi penumpukan lemak. Maka dari itu senam cardio merupakan cara alternatif untuk membakar lemak, bukan hanya lemak pada pipi, namun juga seluruh badan.

3. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih bisa menjadi solusi mengatasi penyebab pipi tembem. Minum banyak air putih akan menekan resiko mengonsumsi terlalu banyak kalori dan merasa kenyang lebih lama.

Minum air putih juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang terbakar lebih banyak.

4. Perbaiki pola tidur

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, buruknya pola tidur sehingga kebutuhan istirahat tidak terpenuhi juga menjadi penyebab pipi tembem. Hal ini berhubungan dengan hormon kortisol yang bisa mengganggu metabolisme tubuh dan menambah berat badan.

5. Kurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan menjadi penyebab pipi tembem. Tidak hanya pipi saja, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan berat badan secara keseluruhan. Oleh karena itu, kurangi konsumsi alkohol agar bisa membuat pipi jadi lebih tirus.

6. Batasi konsumsi garam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab pipi tembem adalah makanan. Makanan yang mengandung garam yang tinggi dapat membuat pipi menjadi tembem.

Sebab, kandungan sodium dalam garam dapat merangsang tubuh menyimpan cadangan air. Cadangan air ini biasanya akan disimpan di beberapa bagian tubuh termasuk pipi.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya