Sukses

20 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Selalu Hits, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata di Tasikmalaya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak rekomendasi tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib dikunjungi. Kota yang berada di bagian Selatan Pulau Jawa ini terkenal dengan panorama alamnya yang sangat memesona. Mulai dari tempat wisata di Tasikmalaya berupa pantai, curug, kawasan pegunungan, hingga danau.

Kota yang dijuluki Sang Mutiara dari Priangan Timur ini masih berada di provinsi Jawa Barat, loh. Ketika sedang di Jawa Barat, jangan lupa mampir ke tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Selain masih se-eksotis itu alamnya, ada pula tempat wisata di Tasikmalaya yang menyuguhkan berbagai wahana menarik.

Mayoritas tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, lokasinya sangat mudah dijangkau dan gratis atau pengunjung hanya perlu membayar parkir saja. Penasaran seperti apa saja tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini? Jangan ragu mengajak keluarga, kerabat, sahabat, teman-teman, dan pasangan, ya!

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua puluh tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits dan wajib dikunjungi, Minggu (31/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat wisata di Tasikmalaya yang Selalu Hits

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Ini pantai populer dan eksotis di Tasikmalaya dengan pesona pasir pantai putih dan tersembunyi di balik tebing. Tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya.

Di Pantai Karang Tawulan, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang begitu indah dan menawan berupa bebatuan karang, luasnya Samudra Hindia, dan keindahan sunset. Fasilitas di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini, antara lain mushala, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground.

2. Kawasan Revitalisasi Sungai Ciloseh

Kawasan revitalisasi aliran sungai Ciloseh adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Cipedes, Tasikmalaya. Di sini, ada ruang terbuka hijau yang dihiasi dengan aneka mural payung berwarna-warni yang semakin mempercantik suasananya.

3. Bukit Panyangrayan

Bukit Panyangrayan adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Bukit Panyangrayan dikenal sebagai spot menarik untuk menikmati sunrise dari atas ketinggian.

Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Kampung Pramuka Sadaukir Kapunduhan Barumekar, Sukapura, Sukaraja, Tasikmalaya, dan tempatnya buka 24 jam.

4. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Pengunjung akan disuguhkan dengan tebing kecoklatan dan jernihnya air sungai. Tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini, pengunjung dapat berenang memacu adrenalin di sungai sambil menyegarkan tubuh. Pengunjung pun bisa bersantai menikmati pesona alam yang indah, berkemah, atau berfoto-foto dengan latar keren.

Tiket masuk ke tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini gratis. Pengunjung tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits hanya perlu membayar parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tarif sewa ban Rp 5.000, jasa pemandu cukup bayar seikhlasnya, dan berkemah tidak dipungut biaya.

5. Danau Lemona Salopa

Danau Lemona Salopa adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berupa restoran bernuansa pedesaan zaman dulu. Lengkap ada gubukan rumah panggung di atas air.

Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Jalan Raya Salopa, Tasikmalaya. Ini tempat wisata kuliner yang cocok untuk keluarga. Selain puas menyantap aneka menu masakan khas Sunda Danau Lemona, pengunjung bisa sekaligus bermain wahana air perahu dayung, jembatan gantung dan masih banyak lagi.

6. Curug Ciparay

Curug Ciparay atau Curug Kembar adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan. Lokasinya ada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.

Volume air terjun tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini cukup deras dan suasana masih sangat asri, menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk melepas penat. Curug tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini masih minim fasilitas. Harga tiket masuk tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits adalah Rp 5.000 per orang.

7. Situ Gede

Situ Gede adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Ini kawasan danau yang telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda yang menyajikan keindahan pemandangan alam, sehingga menarik banyak wisatawan.

Di tengah danau tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, terdapat pulau dengan luas mencapai 1 hektar. Konon, di sana terdapat tiga makam yang juga menjadi asal-usul Situ Gede.

Tersedia fasilitas toilet, warung makan, gazebo, sampai penyewaan perahu. Harga tiket masuk tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits adalah Rp 5.000 per orang. Tarif sewa perahu untuk berkeliling danau adalah Rp 10.000 per orang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Selalu Hits

8. Karaha Bodas

Karaha Bodas adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Ini tempat dengan destinasi wisata kawah putih yang sangat ikonik. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Kadipaten yaitu Tasikmalaya bagian utara.

Lembah pegunungan Karaha Bodas atau tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits memiliki kawah belerang air panas yang sebenarnya masih kawasan gunung aktif. Pengunjung tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini, bisa menikmati lanskap kawah putih sambil berkemah atau agrowisata di area hutan pinusnya.

9. Curug Agung Galunggung

Curug Agung Galunggung adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits dengan ketinggian setinggi 80 meter. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini, ada di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya. Curug Agung Galunggung menawarkan pesona air terjun yang menyala dengan bantuan lampu LED.

Warna air di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits dapat berganti-ganti, berupa hijau, merah, dan biru. Selain itu, pengunjung tidak dapat bermain tepat dibawah air terjun. Ini karena akses yang tidak ada, sehingga air terjun hanya dapat dinikmati dari kejauhan saja.

Pengunjung tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits hanya perlu membayar tiket masuk Rp 15.000 per orang untuk melihat pesona Curug Agung Galunggung.

10. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Curug tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berbentuk bedengan atau undakan yang terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama mempunyai ketinggian kurang lebih 13 meter.

Tingkatan kedua tingginya 11 meter dan tingkatan ketiga setinggi 9 meter. Curug tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini, berada di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya menawarkan pemandangan yang asri dan tenang. Paduan aliran air yang jernih berpadu dengan hamparan sawah dan pohon kelapa.

11. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa laut dan pasir putih. Pantai ini berada di Kecamatan Cipatujah, sekitar 74 km dari Kota Tasikmalaya. Rekreasi di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, bisa dimulai dari muara sungai Cipatujah, menggunakan perahu, memancing, serta mencari souvenir.

12. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Sindangkerta, Cipatujah, termasuk tempat wisata Tasikmalaya yang lagi populer dan sebenarnya sudah ada cukup lama.

Sejak tahun 1973, tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits berupa Pantai Pamayangsari selalu ramai dan sering dirujuk wisatawan lokal maupun dari luar Tasik karena mempunyai ritual unik. Sebutan lainnya pesta pantai dan pesta nelayan menjadi daya tarik wisatawan.

13. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Dibanding pantai selatan lainnya, kawasan wisata pantai di Tasik Selatan ini memang memesona.

Air laut yang jernih, pasir putih, serta karang yang tidak tajam, memanjakan pengunjung yang datang untuk menikmati wisata air yang mengasyikkan. Di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, ada fasilitas gratis lesehan yang nyaman dengan payung ratusan pohon besar di sekitarnya.

14. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya ini berada di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini mempunyai miniatur taman dari berbagai belahan dunia seperti Jepang, Korea, Belanda dan banyak lagi. Selain taman bermain, Karang Resik dilengkapi wahana kolam renang, sepeda gantung, perahu, serta lainnya, dengan tiket masuk mulai dari Rp 35 ribu.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Selalu Hits

15. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits dan paling favorit. Gunung ini masih aktif dan memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk.

Banyak keindahan yang dapat ditemukan di tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, seperti kawah hijau, pemandian air panas, gardu pandang, sampai Curug Agung yang penuh warna. Kawah hijau Galunggung yang indah berada di bawah tebing dan dapat dicapai dengan menapaki 620 anak tangga.

Pengunjung tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits dapat menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil menyaksikan pemandangan indah. Harga tiket masuk tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits adalah Rp 15.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 6.000 untuk mobil.

16. Jembatan Akar Santoan

Jembatan Akar Santoan adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits, cocok dikunjungi para pecinta fotografi. Ini jembatan yang terbentuk dari dua pohon yang tumbuh ini sangat indah dan menarik.

Dua pohon tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini terpisahkan oleh sungai Santoaan yang ada di wilayah Gunung Galunggung. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang.

17. Alun-Alun Tasikmalaya

Alun-Alun Tasikmalaya adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Jalan Otto Iskandardinata, Empangsari, Tawang, Tasikmalaya. Alun-Alun tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini ada Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak untuk mengenang jasanya.

18. Ampera Waterpark

Ampera Waterpark adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Jika berkunjung bersama keluarga, wajib ke sini. Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di Jalan Raya Sumedang–Cibeureum nomor 217, Pamoyanan, Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya. Ada kolam ombak, kolam air panas, dan kolam atlet renang.

19. Bukit Kacapi

Bukit Kacapi adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Berenang sambil melihat pemandangan indah, dua hal ini bisa pengunjung dapatkan jika berkunjung ke tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits Bukit Kacapi. Di tempat ini pengunjung bisa berenang sambil menikmati udara dan pemandangan yang masih asri.

20. Pongpet Cilangla

Pongpet Cilangla adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits. Lokasi wisata ini mirip dengan Tonjong Canyong. Tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan dihiasi hamparan batu alam yang diapit tebing tinggi.

Lokasi tempat wisata di Tasikmalaya yang selalu hits ini berada di aliran Sungai Cilangla. Tepatnya berada di Dusun Cikijing, Desa Kujang, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Jika debit air sedang normal, pengunjung bisa berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.