Sukses

Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan dengan Sikap Kedua Kaki Rapat ke Atas

Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas.

Liputan6.com, Jakarta Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas. Sikap lilin adalah sikap yang harus diketahui oleh para atlet senam lantai. Senam lantai merupakan cabang olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas berupa matras.

Matras berperan penting dalam membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan ketika melakukan gerakan. Salah satu macam gerakan senam lantai adalah sikap lilin. Sikap lilin ini memiliki tujuan untuk melatih kekuatan otot perut serta kelenturan otot pinggang, leher, dan punggung. 

Pada umumnya, gerakan tersebut dilakukan dengan cara merentangkan kaki tegak ke atas, sementara kepala di bawah. Sikap lantai ini juga bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan hingga menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut Liputan6.com ulas mengenau sikap lilin dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Sikap Lilin

Secara umum, sikap lilin adalah salah satu bentuk gerakan dalam senam lantai tanpa alat. Saat melakukan sikap lilin tersebut ada yang perlu diperhatikan yakni posisi kedua kaki. Selain itu, gerakan lain tubuh juga mempengaruhi keberhasilan melakukan sikap lilin.

Dikutip daru buku berjudul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan karya Muhajir, pengertian sikap lilin adalah sikap yang dibuat dari tidur terlentang kemudian mengangkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang.

Sikap lilin diawali dengan posisi terlentang, hingga kaki diangkat perlahan lewat bantuan otot perut dan tangan. Untuk dapat melakukan gerakan ini, seseorang perlu bertumpu pada punggung bagian atas dan siku, serta menahan pinggul dengan tangan.

3 dari 5 halaman

Cara Melakukan Sikap Lilin

Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap tidur telentang kedua kaki lurus dan rapat, serta tangan di samping kanan dan kiri. Selanjutnya, sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap pandangan diarahkan lurus ke atas, sambil mengangkat kedua kaki dan pinggul secara perlahan. Kaki harus berada dalam posisi rapat, sementara tangan berperan mendorong tubuh bagian bawah tersebut. Kemudian, sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kaki dan pinggul harus lurus. Jaga keseimbangan serta pertahankan posisi ini selama beberapa saat. Jika ingin melakukan pendaratan, turunkan kaki secara perlahan agar tidak terjadi cedera. Cara melakukan sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas perlu  untuk diperhatikan dan dilakukan dengan hati-hati. Sebab apabila salah tumpuan, maka akan menyebabkan cidera.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sikap Lilin

Berikut merupakan manfaat yang dapat diperoleh jika melakukan sikap lilin adalah:

1. Mambantu pembentukan otot perut

Manfaat melakukan sikap lilin yang pertama adalah dapat membentuk otot perut. Ketika melakukan sikap lilin, seseorang perlu mengandalkan kekuatan otot perut agar mampu menahan posisi kaki yang mengarah ke atas. Makanya apabila otot perut dapat terbentuk usai melakukan gerakan ini yang dilakukan secara konsisten. Di samping itu, sikap lilin juga bermanfaat untuk melatih otot punggung dan leher.

2. Tubuh lebih seimbang

Salah satu manfaat paling nyata dari melakukan sikap lilin adalah memperoleh keseimbangan tubuh. Pasalnya, dengan melakukan gerakan ini dapat menuntut seseorang untuk menjaga konsentrasi dan mempertahankan posisi tubuh yang seimbang.

3. Otot pinggang menjadi lentur

Sebagai salah satu bagian dari senam lantai, sikap lilin mendorong seseorang untuk menggerakkan dan menekuk tubuhnya dengan baik. Hal ini sangat berdampak pada terjaganya kelenturan otot pinggang, sehingga mampu menunjang aktivitas sehari-hari.

4. Dapat melancarkan sirkulasi darah

Gerakan sikap lilin ini mampu meningkatkan sirkulasi darah. Saat anda berdiri kembali, peredaran darah akan mengalir secara lancar ke seluruh tubuh. Para ahli juga telah meneliti, selain melancarkan sirkulasi darah, gerakan sikap lilin ini juga bisa membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sikap Lilin

5. Melatih kekuatan dan fleksibilitas

Manfaat melakukan sikap lilin yang berikutnya adalah dapat melatih kekuatan dan fleksibilitas. Mengangkat dan menahan bahu ketika sikap lilin membutuhkan kekuatan dan koordinasi yang tepat dengan tubuh bagian atas. Dengan melakukan sikap lilin ini juga dapat meningkatkan jangkauan gerak dan fleksibilitas pada leher dan bahu. Selain itu, gerakan sikap lilin juga bermanfaat untuk memperkuat otot kaki dan punggung.

6. Tingkatkan kinerja sistem pencernaan

Posisi terbalik dapat menyesuaikan kembali organ-organ internal seperti usus dan usus besar. Dengan melakukan sikap lilin ini bisa melancarkan buang air besar, dan membersihkan sistem pencernaan yang bagus bagi orang dengan masalah sembelit.

7. Tingkatkan kinerja sistem limfatik

Manfaat melakukan sikap lilin yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja sistem limfatik. Sistem limfatik dapat mempengaruhi berbagai kondisi kesehatan dalam tubuh kita. Sistem limfatik berfungsi untuk membersihkan tubuh dari kotoran, melawan infeksi, peradangan, dan penyakit metabolik lainnya. Dengan melakukan sikap lilin, kebalikan dari gravitasi dapat membersihkan seluruh sistem limfatik. Dengan begitu, gerakan ini secara efektif mampu memberikan penyegaran kepada sistem limfatik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.