Sukses

7 Manfaat Kentang Rebus untuk Ibu Hamil dan Risiko Bahayanya

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah membantu perkembangan janin.

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil biasa dikaitkan dengan menu makanan diet selama kehamilan. Ini tidak sepenuhnya benar. Tanpa kombinasi menu diet seimbang antara kentang rebus dan makanan lain, maka kentang rebus bisa meningkatkan risiko obesitas pada ibu hamil.

Melansir dari MomJunction-A Community for Moms, pada Rabu (27/7/2022), manfaat kentang rebus untuk ibu hamil baik untuk peningkatan berat badan yang sehat dengan kombinasi menu tepat. Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil membantu mencegah cacat tabung saraf, mencegah asam lambung naik, memerangi kolesterol, meningkatkan sistem imun, mencegah kardiovaskular, dan membantu perkembangan janin.

Konsumsi kentang rebus dan kentang panggang lebih baik daripada kentang goreng. Lalu perhatikan agar manfaat kentang rebus untuk ibu hamil benar-benar didapatkan. Hindari konsumsi kentang hijau karena pasti mengandung bakteri yang berbahaya untuk kehamilan. Kemudian hindari konsumsi kentang rebus dengan banyak garam, keju, dan campuran lainnya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas manfaat kentang rebus untuk ibu hamil dan bahayanya, Rabu (27/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Rebus untuk Ibu Hamil

1. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah mampu mencegah cacat tabung saraf karena kandungan asam folatnya. Dijelaskan, manfaat kentang rebus untuk ibu hamil ada karena kentang mengandung asam folat dalam jumlah tinggi yang membantu perkembangan sistem saraf janin.

Apalagi kentang sangat baik diolah lalu dikonsumsi dengan direbus daripada digoreng. Pada tahap awal kehamilan atau trimester pertama, manfaat kentang rebus untuk ibu hamil baik pula mencegah keguguran.

Dalam penelitian berjudul Factors contributing to the success of folic acid public health campaigns oleh D. Rofail, dkk, diungkap folat pada kentang mampu menurunkan risiko masalah otak dan tulang belakang. makanan kaya folat pada tahap awal kehamilan dapat mencegah keguguran.

2. Mencegah Asam Lambung Naik

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah mampu mengurangi asam lambung dengan mengurangi gas dan kadar keasaman lambung. Dijelaskan, manfaat kentang rebus untuk ibu hamil sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Adanya manfaat kentang rebus untuk ibu hamil ini diungkap dalam penelitian berjudul Effect of different foods on the acidity of the gastric contents in patients with duodenal ulcer oleh J. E. Lennard-Jones dan N. Babouri.

Dijelaskan, manfaat kentang rebus untuk ibu hamil bisa didapat dengan mengurangi gas dan keasaman. Satu porsi kentang tumbuk sudah sangat membantu memberikan efek baiknya bagi ibu hamil.

3. Kenaikan Berat Badan yang Sehat

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah membantu mendapatkan kenaikan berat badan yang sehat. Ibu hamil pasti mengalami berat badan yang naik, tetapi apakah semua kenaikan yang dialami ibu itu sehat? Belum tentu.

Dalam penelitian berjudul Food intake and gestational weight gain in Swedish women oleh Linnea Bärebring, dkk, diungkap apabila wanita kekurangan berat badan, kentang dapat membantu dalam penambahan berat badan yang ideal dan sehat, terutama di masa kehamilannya.

4. Memerangi Kolesterol

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah ampuh memerangi kolesterol. Adanya manfaat kentang untuk ibu hamil ini diungkap dalam Sweetpotato Knowledge Portal, bahwa kentang mengandung serat larut dan vitamin C yang ampuh membantu melawan kolesterol selama masa kehamilan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Rebus untuk Ibu Hamil Selanjutnya

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain direbus, direkomendasikan pula konsumsi kentang dengan dipanggang.

Dijelaskan, kentang panggang adalah sumber makanan yang kaya vitamin C, efek baiknya mampu menyembuhkan luka dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada jurnal penelitian berjudul Prenatal Nutrition-Preparing Your Baby for Lifelong Health pada April 2016, diungkap manfaat konsumsi kentang juga bisa membantu meningkatkan kemampuan untuk menyerap zat besi dari makanan lain.

6. Mengurangi Risiko Kardiovaskular

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dijelaskan kulit kentang mengandung banyak kadar potasium, penelitian ungkap ini berhubungan dengan penurunan stroke jantung dan hipertensi. Satu porsi sedang kentang panggang dengan kulit menyediakan 926mg potasium.

7. Membantu Perkembangan Janin

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil adalah membantu perkembangan janin dalam kandungan. Dijelaskan, kentang adalah sumber vitamin (A dan C) dan mineral yang baik.

Ada zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium, yang diungkap di laman website resmi Women & Infants Hospital, konsumsi kentang dengan benar atau direbus atau dipanggang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

4 dari 4 halaman

Bahaya Konsumsi Kentang untuk Ibu Hamil

Apabila sudah memahami betul manfaat kentang rebus untuk ibu hamil, tetap waspadai bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil. Masih melansir dari sumber yang sama, bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil ada tiga. Ini penjelasannya:

1. Menyebabkan Masalah Pencernaan

Bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil adalah berisiko menyebabkan masalah pencernaan, terutama kentang yang berwarna hijau. Dijelaskan, kentang hijau mengandung glycoalkaloids, alpha-solanine, dan alpha-chaconine.

National Capital Poison Center mengungkap ketiga senyawa tersebut dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kemudian bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil, akan menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah dan diare, yang dapat mempengaruhi perkembangan janin.

2. Risiko Anomali Kongenital

Bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil adalah berisiko mengalami anomali kongenital. Adanya bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil ini masih berkaitan dengan kentang berwarna hijau.

Dalam penelitian berjudul Potatoes and spina bifida oleh J H Renwick, dkk, diungkap makan terlalu banyak kentang hijau akan menyebabkan cacat lahir tertentu seperti spina bifida dan anencephaly.

3. Pemicu Diabetes Gestasional

Bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil adalah menjadi pemicu diabetes gestasional. Adanya bahaya konsumsi kentang untuk ibu hamil ini berhubungan dengan porsinya.

Dijelaskan, wanita yang mengonsumsi kentang secara berlebihan berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional dan diabetes tipe 2.

Sementara itu, melansir dari laman website resmi UF Health Podcasts, bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional akan memiliki ukuran atau berat lebih besar dari rata-rata. Dampaknya, bayi akan mengalami kesulitan bernapas, tekanan darah rendah, dan risiko kematian setelah melahirkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.