Sukses

19 Manfaat Daun Cincau Selain untuk Minuman, Obat Segala Penyakit

Berikut manfaat daun cincau untuk kesehatan, termasuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun cincau memang tidak diragukan lagi jika dibuat untuk sebagai minuman segar. Teksturnya yang lembut dan kenyal dapat meredakan dahaga terutama ketika cuaca begitu panas. 

Setidaknya itulah yang sudah diketahui banyak orang mengenai manfaat daun cincau, yang tak lain adalah sebagai bahan utama es cincau yang menyegarkan. Akan tetapi, manfaat daun cincau tidak hanya itu saja.

Masih ada banyak lagi manfaat daun cincau. Bahkan manfaat daun cincau tidak bisa dianggap remeh. Ini tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang bisa mencegah beberapa penyakit seperti kanker dan jantung.

Manfaat daun cincau tidak hanya sebagai upaya pencegahan penyakit saja, melainkan juga bisa menjadi obat terhadap sejumlah penyakit, termasuk keracunan.

Masih ada banyak lagi manfaat daun cincau yang bisa kita rasakan. Berikut adalah manfaat daun cincau bagi kesehatan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Manfaat daun cincau antara lain adalah mencegah kanker. Ini karena daun cincau memiliki kandungan alkoloid dan isokondrodendrin. Kedua zat tersebut mampu mencegah terjadinya kanker dan tumor ganas.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat daun cincau berikutnya adalah dapat mengurangi risiko diabetes. Olahan daun cincau dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam aliran darah. Gula sederhana yang terkandung dalam cincau tidak menyebabkan lonjakan beberapa senyawa saat dikonsumsi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun cincau untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Terutama untuk mengatasi kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi degenerasi macula.

Manfaat daun cincau ini didapat karena di dalamnya mengandung senyawa-senyawa tertentu yang dapat membantu melawan degenerasi macula dan membuat tubuh selalu sehat di usia lanjut.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun cincau lainnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan sangat penting untuk memastikan tubuh kamu memiliki kekebalan tubuh yang dapat membunuh radikal bebas dan beberapa infeksi virus. Bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah daun cincau.

5. Obat Sakit Tenggorokan

Manfaat daun cincau juga dapat menjadi obat sakit tenggorokan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi cincau.  

Hal ini dikarenakan cincau memiliki kandungan vitamin, fosfor, dan kalsium di dalamnya. Ketiga zat tersebut diketahui dapat meringankan gejala sakit tenggorokan.

6. Mengobati Malaria

Manfaat daun cincau juga dapat mengobati malaria. Penyakit malaria memang cukup sulit untuk diobati. Namun, mengonsumsi cincau bisa membantu meringankan gejalanya.

7. Mengobati Kembung

Sistem pencernaan yang kurang sehat dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya perut kembung. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini berguna untuk mencegah gangguan kesehatan sistem pencernaan seperti perut kembung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Cincau sebagai Obat

8. Mengobati Hipertensi

Manfaat daun cincau juga dapat mengobati hipertensi. Senyawa tetandrin berguna untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar.

Sistem sirkulasi darah yang lancar akan mengatasi tekanan darah tinggi agar kembali normal. Untuk mengobati tekanan darah tinggi ini kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau sebanyak tiga kali seminggu.

9. Mengobati Diare

Manfaat daun cinau untuk kesehatan berikutnya dapat mengobati diare. Mengonsumsi olahan daun cincau dapat membantu menghilangkan sakit perut dan membersihkan bakteri dari sistem pencernaan.

10. Mengobati Keracunan Makanan Laut

Di balik manfaat makanan laut untuk kesehatan tubuh, ternyata ada beberapa orang yang tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan laut atau seafood. Beberapa di antaranya akan keracunan ketika mengonsumsi satu atau semua jenis makanan laut.

Tak perlu cemas, untuk mengatasi keracunan makanan laut, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau. Hal ini dikarenakan cincau memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu orang keracunan makanan laut.

11. Mengobati Demam

Manfaat daun cincau mengandung sopanin dan antioksidan yang dapat meringankan demam. Cara menggunakannya cukup ambil daun cincau secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Peraslah dengan air matang dan minum air perasannya.

12. Obat Anti-inflamasi

Daun cincau banyak mengandung klorofil, yang dapat mengobati peradangan pada bagian tertentu.  Dengan cara menumbuk daun cincau, beri sedikit garam, dan oleskan pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

13. Obat Radang Lambung 

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun cincau, akan membantu klorofil untuk mengatasi radang lambung.  Senyawa-senyawa tersebut akan menguatkan otot dinding lambung, untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit lambung.  Minum rebusan daun cincau sebanyak 2 kali sehari.

14. Obat Sakit Tipes 

Senyawa tokoferol, mineral fosfor, dan antioksidan dalam daun cincau, dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Konsumsi rebusan daun ini sebanyak 3 kali sehari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Cincau

15. Sumber Karbohidrat yang Baik

Cincau dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat. Itulah mengapa, bagi orang yang menginginkan asupan energi, cincau adalah solusi yang tepat.

Lebih jauh lagi, cincau biasanya ditambah gula sehingga sangat baik untuk menambah energi. Namun, tetap penting bagi Kamu untuk membatasi konsumsi gula agar tidak terlalu berlebihan dan memicu penyakit.

16. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat tanaman cincau adalah dapat menangkis radikal bebas. Ini karena cincau mengandung flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada, zat metabolik yang terkandung dalam cincau bisa membantu menangkal radikal bebas. Dengan demikian, risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dapat menurun.

17. Menurunkan Berat Badan

Cincau memiliki kandungan vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan karbohidrat di dalamnya. Tak hanya itu, tumbuhan ini juga punya kalori yang rendah.

Semua nutrisi ini menjadikan cincau baik untuk program diet Kamu. Apalagi serat dalam cincau dapat membuat Kamu lebih kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, Kamu tidak akan makan berlebihan.

18. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Daun cincau juga memiliki manfaat menurunkan risiko penyakit jantung. Karena daun cincau kaya akan serat makanan, dapat membantu mengurangi beberapa kondisi yang berkaitan dengan penyakit jantung, seperti kolesterol, serangan jantung bahkan stroke.

19. Mencegah osteoporosis

Untuk menghindari osteoporosis di hari tua, Anda sebaiknya memerhatikan asupan Anda sejak dini. Mengonsumsi cincau hijau sehari-hari dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk mencegah osteoporosis.

Cincau kaya akan kandungan senyawa kalsium fosfat yang terbentuk dari kalsium dan fosfor. Senyawa ini mampu menguatkan dan menutrisi tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.