Sukses

16 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kulit dan Tubuh, Simak Cara Membuatnya

manfaat minyak kemiri untuk rambut, kulit dan tubuh, mulai dari menguatkan rambut hingga memperlancar pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kemiri untuk rambut, kulit dan tubuh sangatlah berlimpah. Kemiri yang terkenal sebagai salah satu bumbu dapur ini, memiliki sejumlah kandungan nutrisi berupa vitamin, asam linoleat, gliserida dan masih banyak lagi, yang mana kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kita.

Untuk bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut, kulit dan tubuh, anda dapat menerapkan perawatan dengan minyak kemiri secara rutin. Dengan cara mengaplikasikannya langsung pada tubuh atau mengkonsumsinya.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit sudah banyak diketahui oleh banyak otang, hal ini membuat banyak produk perawatan rambut dan kulit yang turut menggunakan kemiri sebagai salah satu komponen utama dalam produknya.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber manfaat minyak kemiri untuk rambut, kulit dan tubuh serta cara menggunakannya. Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

1. Melembabkan rambut yang diwarnai

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama adalah melembabkan rambut yang diwarnai. Saat anda mewarnai rambut, rambut akan terlihat kering dan rapuh karena sering terpapar bahan kimia dari pewarna rambut. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan minyak kemiri yang mengandung asam lemak, protein, dan vitamin yang sangat berguna untuk melembabkan rambut.

 

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Berkat kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban, minyak kemiri membantu menciptakan lingkungan yang sempurna bagi rambut dan kulit kepala anda untuk berkembang dan bertumbuh dengan baik. Sebagai sumber vitamin E, minyak kemiri memelihara folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat, dan juga membantu menghasilkan kolagen dan sel kulit yang lebih sehat.

 

3. Melindungi dari sinar UV

Minyak kemiri kaya akan kandungan tanin, membuat menggunakan minyak kemiri dapat membantu melindungi rambut dan kulit rambut dari sinar UV, selain itu karena kandungannya yang tinggi antioksidan, minyak kemiri juga melindungi kulit dan kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas,

 

4. Membuat rambut lebih berkilau

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang berikutnya adalah untuk membuat rambut menjadi terlihat lebih berkilau. Minyak kemiri mengandung asam gamma linolenic yang bisa berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Kandungan minyak kemiri ini membuat rambut lebih lembab dan nampak berkilau.

 

5. Memperkuat rambut agar tidak mudah rontok

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah memperkuat rambut dan mengurangi resiko kerontokan rambut. Kandungan asam linoleate yang ada pada minyak kemiri akan melapisi rambut kemudian memberikan nutrisi, melembabkan dan memperbaiki rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

6. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah kulit rambut yang sudah mati dan jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan radang pada kulit kepala. Menggunakan minyak kemiri yang mengandung asam linoleate dapat mengurangi radang kulit yang disebabkan oleh ketombe dan mengurangi produksi ketombe di rambut.

 

7. Memperbaiki rambut bercabang

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya adalah untuk memperbaiki rambut yang bercanbang. Menggunakan masker minyak kemiri adalah cara terbaik untuk memberi kekuatan pada rambut anda. Setelah rambut menerima nutrisi yang baik, anda dapat melihat bahwa ujung bercabang berhenti.

 

8. Mempercepat pertumbuhan rambut

Kandungan yang banyak pada minyak kemiri juga berguna untuk menutrisi kulit rambut, kulit rambut yang sehat akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal dan dapat mencegah terjadinya masalah kerusakan rambut hingga kebotakan yang mungkin terjadi. Minyak kemiri juga dipercaya dapat memanjangkan rambut lebih cepat.

 

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Minyak kemiri juga sangat bagus untuk kesehatan jantung anda. Saat anda mengonsumsi kemiri, kandungan dalam kemiri dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kemiri ataupun olahannya setiap hari dapat menjaga kesehatan jantung sambil meningkatkan kadar Vitamin E. Kandungan asam lemak dan potasium yang tinggi juga membantu menormalkan tekanan darah.

 

10. Mencegah Kanker

Karena minyak kemiri mengandung antioksidan, minyak kemiri juga dapat membantu mencegah kanker. Vitamin E dikenal sebagai suplemen terbaik untuk pencegahan kanker dan minyak kemiri dipenuhi dengan Vitamin E yang dapat membantu menjaga tubuh anda tetap aman. Mangan dan vitamin dalam kemiri juga membantu karena memiliki sifat anti-kanker.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

11. Membantu Mengontrol Diabetes

Manfaat kemiri selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol diabetes. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemiri dapat mengurangi kadar gula darah dan menjaga diabetes anda tetap terkendali. Konsumsi kemiri secara teratur menunjukkan bahwa kadar insulin dalam tubuh dapat berkurang secara signifikan. Asam oleat juga memiliki manfaat besar pada tingkat insulin dalam tubuh.

 

12. Baik untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Manfaat kemiri juga bisa untuk Wanita hamil dan menyusui. Karena kemiri memiliki kandungan folat di dalamnya, konsumsi kemiri akan sangat membantu untuk pertumbuhan bayi dan juga untuk kesehatan ibu hamil. Folat juga diberikan sebagai suplemen untuk ibu selama kehamilan. Jadi konsumsi kemiri selama kehamilan adalah cara alami untuk mendapatkan lebih banyak folat ke dalam sistem tubuh.

 

13. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat kemiri yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan otak. kandungan Vitamin E, tiamin, mangan, folat, serta asam lemak dalam kemiri dapat menjadi  tenaga untuk meningkatkan kesehatan dan kemampuan otak. Beberapa penelitian menunjukan penyakit Alzheimer, serta demensia dan Parkinson, dapat dicegah serta diobati dengan suplemen kemiri. Kekurangan tiamin terkait dengan kerusakan otak, sehingga kandungan tiamin dalam kemiri dapat membantu untuk mencegahnya.

 

14. Meningkatkan Jumlah Sperma

Manfaat kemiri yang masih jarang diketahui adalah dapat meningkatkan jumlah sperma. Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan kemiri ke dalam makanan anda dapat meningkatkan jumlah sperma. Ini terjadi pada peserta sehat yang subur. Kemiri juga juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma.

 

15. Otot Sehat

Manfaat kemiri yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan otot. Kemiri memiliki banyak kandungan protein yang merupakan nutrisi terbaik untuk otot anda. Protein dalam kemiri juga membantu membakar lemak lebih cepat. Jadi anda bisa tetap bugar dan mempertahankan berat badan yang baik untuk waktu yang lebih lama.

 

16. Mendukung Pergerakan Usus yang Sehat

Kita perlu buang air besar yang baik jika tidak maka akan mengalami sembelit. Agar tidak sembelit maka gerakan usus yang tepat sangat penting untuk kesehatan sehari-hari. Konsumsi kemiri yang dipenuhi dengan serat makanan dapat membantu pergerakan usus. Jika anda menjalani diet tinggi serat dan melengkapinya dengan kemiri, diet anda akan dapat membantu buang air besar dan meredakan sembelit.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Kulit dan Tubuh

Cara membuat minyak kemiri

Minyak kemiri dapat dibuat dengan tiga cara yaitu dengan dibakar, diperas dan disangrai. Anda dapat mencoba membuat minyak kemiri sendiri dirumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cara membuat biji kemiri dengan diperas

- Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

- Anda bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.

- Setelah diparut atau diblender, remas biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.

- Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.

- Kemudian masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.

 

 

2. Cara membuat minyak kemiri dengan disangrai

- Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

- Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.

- Biji kemiri yang telah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.

- Kemudian setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.

 

3. Cara membuat minyak kemiri dengan dibakar

- Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

- Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.

- Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.

- Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.