Sukses

Pengertian Peta Adalah Gambaran Permukaan Bumi, Ini Penjelasan Para Ahli

Peta adalah daerah yang direpresentasikan dalam bentuk gambar.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami pengertian peta adalah penting sebagai pengetahuan. Pengertian peta adalah gambaran atau lukisan tentang daerah, lokasi, atau tempat yang memudahkan untuk mengetahui potensi suatu wilayah.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mencontohkan pengertian peta adalah gambaran permukaan bumi berupa laut, gunung, hingga sungai. Kemudian pengertian peta adalah dicontohkan berguna mengetahui letak kota, jalan, dan lain sebagainya.

Pengertian peta adalah selain berguna menunjukkan lokasi atau tempat di permukaan bumi, juga memudahkan dalam memahami potensi-potensi geografi pada suatu wilayah. Peta yang memiliki fungsi baik adalah mudah dipahami pembacanya dan tidak membingungkan.

Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang peta, pengertian peta menurut para ahli, fungsi peta, syarat pembuatan peta, dan jenis-jenis peta, Senin (25/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Peta Adalah Gambaran Permukaan Bumi

Memahami pengertian peta adalah gambar atau lukisan yang menunjukkan permukaan bumi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian peta adalah gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya.

Dijelaskan lebih mendalam, pengertian peta adalah representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, sifat permukaan. Peta disebut pula sebagai denah (gambar yang bisa menunjukkan letak kota, jalan, dan lain sebagainya).

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, secara etimologi pengertian peta adalah berasal dari bahasa Yunani “mappa” yang artinya taplak meja. Berdasarkan pemahaman istilah ini, pengertian peta adalah seperti taplak meja karena wujudnya yang membentang luas berisi gambaran permukaan bumi.

Bagaimana para ahli menjelaskan pengertian peta sebenarnya? Ini penjelasannya pengertian peta menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Peta Menurut John Green

Pengertian peta adalah kemiripan langit atau bumi.

2. Pengertian Peta Menurut John Ogilvie

Pengertian peta adalah representasi fitur dari satu permukaan di permukaan lain dengan tambahan "figuratif"

3. Pengertian Peta Menurut Aryono Prihandito

Pengertian peta adalah gambaran permukaan bumi yang memiliki skala tertentu dan juga digambarkan pada bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.

4. Pengertian Peta Menurut Woodward & Lewis

Pengertian peta adalah representasi grafis yang memfasilitasi pemahaman spasial mengenai hal, konsep, kondisi, proses dan juga peristiwa yang ada di dunia.

3 dari 5 halaman

Pengertian Peta Menurut Para Ahli Selanjutnya

5. Pengertian Peta Menurut ICA (International Cartographic Association)

Pengertian peta adalah gambaran yang mempunyai skala pada media datar. Pengertian peta adalah mempunyai kenampakan nyata dan asbtrak yang sudah dipilih sebelumnya dan berada dalam hubungan dengan permukaan bumi atau benda langit lainnya.

6. Pengertian Peta Menurut H.R. WIlikinson & F.J. Mounkhous

Pengertian peta adalah rakitan dari 4 macam yaitu garis, titik, nama dan juga wilayah yang ditulis atau digambarkan dalam bentuk istilah.

7. Pengertian Peta Menurut Robinson & Petchenik

Pengertian peta adalah representasi grafis dari lingkungan.

8. Pengertian Peta Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal)

Pengertian peta adalah media penyimpanan dan juga penyajian data kondisi lingkungan, menjadi sumber informasi untuk perencana dan pengambil keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

9. Pengertian Peta Menurut Bintarto

Pengertian peta adalah suatu gambaran dari permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu serta dilengkapi dengan simbol.

10. Pengertian Peta Menurut Erwin Raisz

Pengertian peta adalah suatu gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil sebagai kenampakan jika dilihat dari atas, dan ditambah dengan tulisan sebagai tanda pengenal.

11. Pengertian Peta Menurut Soetarjo Soerjosumarno

Pengertian peta adalah suatu lukisan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan skala tertentu.

12. Pengertian Peta Menurut Peter Lewis

Pengertian peta adalah skala untuk mengukur lokasi properti yang memenuhi lokasi dan pengukuran.

4 dari 5 halaman

Fungsi dan Syarat Pembuatan Peta

Fungsi Peta dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami pengertian peta adalah gambaran dari permukaan bumi, selanjutnya pahami fungsi peta sesungguhnya. Ini penjelasan fungsi peta yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Fungsi peta adalah berguna untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.

2. Fungsi peta adalah berguna untuk memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.

3. Fungsi peta adalah berguna untuk menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya

4. Fungsi peta adalah berguna untuk membantu peneliti sebelum melakukan survei mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.

5. Fungsi peta adalah berguna untuk menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.

6. Fungsi peta adalah berguna untuk alat menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.

7. Fungsi peta adalah berguna untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

Syarat Pembuatan Peta dan Penjelasannya

Peta yang memiliki fungsi baik adalah gambaran permukaan bumi yang mudah dipahami pembacanya dan tidak membingungkan. Dalam proses pembuatan peta adalah harus memenuhi syarat. Ini penjelasan syarat pembuatan peta yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Peta Harus Sama Bentuk

Syarat pembuatan peta adalah harus sama bentuk. Peta yang sudah tergambar harus sebangun dengan keadaan aslinya, seberapapun kecilnya peta tersebut. Hal ini nantinya dapat ditentukan dengan melihat skala peta.

2. Peta Harus Sama Jarak

Syarat pembuatan peta adalah harus sama jarak. Perbandingan jarak pada peta juha harus sesuai dengan jarak yang ada pada aslinya.

3. Peta Harus Sama Luas

Syarat pembuatan peta adalah harus sama luas. Peta juga harus memiliki perbandingan luas yang sama antara di peta yang dikceilkan dengan keadaan sebenarnya.

4. Memiliki Petunjuk Arah Benar

Syarat pembuatan peta adalah memiliki petunjuk arah yang benar. Bila peta tidak memilik petunjuk arah yang benar, maka akan membuat pengguna peta kesusahan dalam menggunakannya, bahkan bisa membuat orang tersesat.

5. Informasi Jelas

Syarat pembuatan peta adalah informasinya jelas. Adanya informasi yang tidak membingunkan di peta, maka akan lebih mudah dalam pemanfaatan peta tersebut.  

6. Data Harus Teliti

Syarat pembuatan peta adalah data harus teliti. Penyajian data-data pada peta harus rapi, lengkap, dan teliti. Ketika ada sedikit saja kesalahan, hal tersebut dapat berdampak besar bagi kegunaan peta tersebut.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Peta dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang peta, fungsi peta, dan syarat pembuatan peta, selanjutnya ketahui jenis-jenis peta. Ini penjelasan jenis-jenis peta yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Peta Umum

Peta umum menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat dalam suatu daerah, baik kenampakan alam maupun kenampakan sosial budaya.

Peta umum dikelompokan lagi menjadi 3, diantaranya adalah: Peta Topografi, Peta Chorografi, dan Peta Geografi.

- Peta Topografi.

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

- Peta Chorografi

Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala lebih kecil antara 1:250.000 sampai 1:1000.000. Contoh peta ini adalah Atlas, yang biasanya sering kita temui di sekolah.

Fungsi peta ini adalah untuk menggambarkan daerah yang luas, misalnya propinsi, Negara bahkan dunia. Dalam peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll.

- Peta geografi, atau peta dunia.

Peta ini merupakan peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

2. Peta Tematik (Khusus)

Peta tematik ini merupakan peta yang dibuat untuk menggambarkan informasi khusus dengan tema tertentu. Contohnya seperti peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta persebaran flora dan fauna, peta politik, dan lain sebagainya.

Sekarang juga sudah muncul peta digital yang bahkan dipakai orang setiap hari, yaitu Google Maps. Setiap harinya berbagai aktivitas kamu telah dimudahkan oleh peta digital ini untuk menemukan lokasi yang ingin dicari, dengan hanya menggunakan smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.