Sukses

NFC Adalah Perangkat Konektivitas, Ketahui Cara Kerja dan Kegunaannya

Ketahui cara kerja NFC dan kegunaannya termasuk dalam transaksi elektronik.

Liputan6.com, Jakarta NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC adalah perangkat yang umum ditempatkan pada smartphone seri terbaru. Fungsi NFC mirip seperti Wi-Fi atau Bluetooth.

Secara sederhana, NFC adalah standar komunikasi nirkabel yang dapat beroperasi dari jarak dekat. Cara NFC beroperasi yang hanya bisa dari jarak dekat mungkin terdengar sebagai kelemahan, namun belakangan, NFC menjadi fitur unggulan yang disematkan sebagai fitur tambahan dalam smartphone, tablet, speaker, dan bahkan konsol game seperti Nintendo Switch dan 3DS.

Mungkin masih banyak yang meremehkan fitur ini, mengingat NFC adalah perangkat komunikasi jarak dekat saja. Namun, fitur ini memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat membantu dalam berbagai kepentingan, terutama dalam proses pembayaran yang melibatkan e-money.

Untuk lebih mengerti tentang kegunaan NFC, berikut ini adalah pemaparan soal cara kerja NFC dan kegunaannya, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja NFC

NFC adalah sebuah teknologi yang tidak bisa dikatakan baru. Bisa dikatakan bahwa NFC adalah hasil pengembangan dari teknologi RFID (radio frequency identification) yang telah ada cukup lama, dan telah dimanfaatkan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card.

Jika Anda pernah sebuah kartu untuk membuka pintu apartemen maupun gedung perkantoran atau kamar hotel, Anda pasti sudah familiar dengan cara kerjanya.

Baik RFID dan NFC adalah teknologi yang beroperasi dengan prinsip kopling induktif dalam jarak dekat. Cara kerja NFC melibatkan perangkat pembaca yang mengalirkan arus listrik melalui medan magnet yang dihasilkan koil atau kumparan.

Lalu, ketika sebuah tag didekatkan dengan koil, maka medan magnet akan menginduksi arus listrik di dalam tag, meski tidak terhubung kabel atau bahkan kontak fisik. Jadi kedua perangkat tersebut terhubung melalui medan magnet. Kemudian semua data yang tersimpan pada tag ditransmisikan secara nirkabel ke perangkat pembaca.

Perbedaan utama antara RFID dan NFC adalah pada jangkauannya. RFID bisa dioperasikan dari jarak yang lebih jauh. Di beberapa negara, RFID digunakan dalam pembayaran jalan tol. Caranya adalah dengan menempelkan tag atau kartu tol di kaca depan kendaraan, kemudian pintu tol akan terbuka secara otomatis. RFID memiliki jangkauan hingga beberapa meter.

Sementara itu NFC adalah perangkat yang beroperasi dari jarak yang sangat dekat. NFC adalah perangkat konektivitas yang memiliki jangkauan maksimum beberapa sentimeter saja. Bahkan di beberapa aplikasi smartphone, NFC hanya dapat beroperasi jika ada kontak fisik. Jarak operasi yang terbatas pada NFC justru memberikan keuntungan, terutama untuk mencegah transmisi yang tidak disengaja. Sebab, NFC belakangan lebih sering digunakan untuk melakukan transfer data penting terutama terkait dengan pembayaran yang melibatkan penggunaan e-money.

Poin penting lainnya adalah bahwa NFC adalah perangkat yang dapat bertindak sebagai pembaca atau tag. Kemampuan dua arah ini memungkinkan Anda menggunakan satu perangkat seperti smartphone untuk beberapa aplikasi.

3 dari 3 halaman

Fungsi dan Kegunaan NFC

Sekarang, NFC adalah suatu perangkat yang umum ditemukan dalam smartphone. Nexus S adalah perangkat Android pertama yang menyematkan fitur NFC pada tahun 2010. Apple juga akhirnya menggunakan teknologi tersebut pada tahun 2014. Selain itu, NFC adalah perangkat yang juga disematkan pada perangkat seperti smart watch.

Dalam perangkat-perangkat tersebut, NFC telah menjadi fitur yang memiliki fungsi dan kegunaan dalam berbagai kepentingan. Penggunaan NFC sebagai alat untuk melakukan pembayaran dengan e-money merupakan pemanfaatan NFC yang umum dilakukan di Indonesia. Selain itu, pembayaran tol, KRL, terta kunci apartemen pun juga sudah memanfaatkan teknologi NFC. Berikut adalah sejumlah fungsi dan kegunaan NFC.

Transfer Data

Dengan dirilisnya Android Ice Cream Sandwich pada tahun 2011, Google memperkenalkan Android Beam. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer konten atau data apa pun yang Anda miliki di layar ke perangkat lain yang juga memiliki fitur NFC. Anda hanya perlu menyentuhkan bagian belakang kedua perangkat dan menerima perintah transfer.

Pembayaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, NFC adalah perangkat yang umum digunakan untuk transaksi pembayaran yang melibatkan e-money, termasuk pembayaran tol dan tiket KRL. Sebagian besar kartu debit dan kredit saat ini sudah memiliki tag NFC bawaan.

Perangkat Konektivitas

NFC adalah perangkat yang kegunaannya semakin meluas. Sekarang, NFC bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat yang bahkan tidak memiliki layar. Banyak speaker dan headphone nirkabel yang memiliki fitur NFC agar lebih mudah terhubung dengan perangkat lain.

Bermain Game

Nintendo menggunakan NFC menghubungkan mainan fisik dengan video game. Anda bisa menghubungi Nintendo dengan suatu permainan, baik dalam bentuk action figure atau permainan kartu. Cara kerjanya sama, dekatkan salah satu jenis mainan tersebut ke Nintendo Switch atau 3DS, maka secara otomatis mainan atau kartu itu akan memberikan karakter, level, atau item bonus tambahan untuk game tertentu.

Otomatisasi Rumah

NFC juga digunakan dalam kelengkapan smart house untuk kepentingan otomatisasi. Dengan menggunakan aplikasi di Android atau iOS, Anda dapat mengonfigurasi tag NFC siap pakai untuk mengontrol perangkat atau otomatisasi di sebuah smart house.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.