Sukses

Viral Penjual Al-Qur'an di Makkah Fasih Bahasa Sunda, Curi Perhatian

Penjual di Makkah ini bikin heran karena fasih berbahasa Sunda.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai penjual, tentunya berbagai cara dilakukan agar barang dagangannya laku dan diminati para calon pembeli. Mulai dari memberikan diskon, iklan dan promosi yang gencar bahkan memasang spanduk yang menarik.

Bukan hanya para pedagang di Indonesia saja, namun penjual-penjual di luar negeri juga punya cara yang tak kalah unik termasuk di Makkah, Arab Saudi. Para penjual di sana yang sangat fasih berbahasa Indonesia hingga bahasa daerah. Maka tak heran bila ada pelayan toko asal Arab menyapa dengan bahasa Indonesia atau bahkan unjuk kemampuan berbahasa daerah. 

Seperti yang diperlihatkan oleh penjual Al-Qur'an di Makkah berikut ini. Untuk menarik minat jemaah asal Indonesia agar berbelanja barang dagang mereka, pria ini bikin kaget calon pembeli.

Bukan fasih berbahasa Indonesia, penjual di Makkah ini justru jago berbicara bahasa Sunda. Kejadian itu direkam dan diunggah di media sosial TikTok milik @rinabilqis yang sontak jadi viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasih Bahasa Sunda

Melansir dari video yang diunggah di akun TikTok @rinabilqis oleh Liputan6.com, Jumat (22/7/2022) merekam seorang pedagang Al-Qur'an sedang berjualan di jalanan Makkah. Uniknya, meski berasal dari Arab Saudi, penjual tersebut justru menyapa pembelinya dengan bahasa Sunda. 

"Kadie-kadieu kumaha damang A?" ujar pedagang tersebut daalam video yang diunggah pada Selasa (19/7/2022).

Tak cuma itu saja, sang pedagang juga menanyakan seorang pembeli asal Indonesia datang dari daerah mana.

"Timana, orang Jawa bukan? orang Cianjur?," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Respons Kocak Warganet

Sontak saja aksi penjual Al-Qur'an tersebut menarik perhatian pembeli Indonesia, terutama yang berasal dari Tanah Sunda. Tampak pula dalam video sejumlah jemaah haji Indonesia membeli dagangannya.

Sejak diposting, hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 914 ribu views. Selain itu tak sedikit pula warganet yang meninggalkan beragam komentar.

"sunda emang 🥰 mendunia," tulis @zinersolomon.

"Yang punya villa di cianjur 😂😂," sambung @eriakew5.

"dia itu mantan kenek bus primajasa jurusan cianjur-mekkah," celetuk @keleciss.

@rinabilqisbilqis

♬ suara asli - rinabilqis - rinabilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.