15 Wisata Alam Jakarta Terbaik untuk Refreshing, Sayang Dilewatkan

Oleh Woro Anjar Verianty pada 21 Jul 2022, 11:05 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 11:05 WIB
pulau pramuka
Perbesar
pulau pramuka di jakarta

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Jakarta mungkin masih jarang terdengar keberadaannya. Jakarta yang merupakan salah satu kota metropolitan besar di Indonesia, dikenal dengan bangunannya yang tinggi, kemacetan dan kepadatannya.

Menjadi pusat pemerintahan Indonesia, Jakarta juga dikenal menjadi pusat perkantoran dan industri. Namun di balik predikatnya sebagai kota tersibuk di Indonesia, terdapat beberapa tempat wisata alam Jakarta yang dapat dikunjungi.

Tidak hanya pemandangan hijau dan suasana pantai saja, ada juga keanekaragaman hewani di wisata alam Jakarta. Tempat wisata dengan tema alam ini tentu cocok untuk warga yang menjalani kehidupan serba cepat di kota Jakarta.

Sebagai rekomendasi tempat berlibur dengan tema wisata alam Jakarta, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber destinasi wisata alam Jakarta, Kamis (21/7/2022).  Wisata ini bisa dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan luar untuk mengisi waktu liburan. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Wisata Alam Jakarta Terbaik

7 Potret Liburan Adhisty Zara di Kepulauan Seribu, Sambil Rayakan Ultah
Perbesar
Adhisty Zara (Sumber: Instagram/zaraadhsty)

1. Suropati Park

Sebagai salah satu tempat wisata alam Jakarta, nama Taman Suropati sudah tidak asing lagi bagi siapa saja yang tinggal di Jakarta, khususnya di kawasan pemukiman Menteng. Taman Suropati juga memiliki desain yang sangat bagus, terutama karena adanya beberapa status yang diberikan khusus oleh anggota PBB.

Pepohonan yang ditanam di sekitar taman juga menjadi alasan mengapa masyarakat sangat menyukai Taman Suropati. Taman Suropati didekorasi dengan apik untuk masyarakat Jakarta. Selain di taman itu sendiri, pengunjung juga bisa menikmati jajanan yang bisa didapatkan di penjual makanan terdekat. Tidak hanya siang hari, anda juga bisa berkunjung pada malam hari mungkin karena biasanya ada beberapa musisi yang tampil di Taman Suropati.

 

2. Taman Cattleya

Wisata alam Jakarta yang kedua adalah Taman Cattleya. Cattleya Park hadir di tengah keramaian Mall Taman Anggrek. Terlihat sangat bagus dengan begitu banyak tumbuhan hijau di dalamnya. Taman hijau menjadi tujuan favorit masyarakat, terutama pada akhir pekan di mana masyarakat Jakarta memiliki kesempatan untuk menghirup oksigen alami yang menyegarkan pikiran.

Berkat pengembang taman, Taman Cattleya juga menjadi tempat yang sangat baik untuk berolahraga dan beristirahat di akhir pekan. Di taman, anda bahkan dapat menemukan area khusus di mana anda dapat mencoba melakukan beberapa olahraga seperti Jogging dan banyak lagi. Terkadang pengunjung juga mengunjungi danau terdekat yang terletak tepat di tengah taman.

 

3. Kepulauan Seribu

Tempat wisata alam Jakarta berikutnya adalah Kepulauan Seribu, kepulauan seribu juga menjadi destinasi wisata bahari terbaik di Jakarta. Disini terdapat beberapa pulau tidak berpenghuni yang sangat memukau. Tidak hanya pulaunya yang indah namun juga panorama bawah lautnya juga tidak kalah hebat dengan daratannya.

Di kepulauan seribu terdapat berbagai biota laut dan terumbu karang yang sangat indah dan terjaga. Hal ini pula yang membuat destinasi ini jadi salah satu tujuan diving terbaik dan popular di kalangan wisatawan yang hobi menjelajahi keindahan alam bawah laut.

 

4. Hutan Mangrove PIK

Wisata alam Jakarta selanjutnya adalah Hutan Mangrove. Di tempat seperti Jakarta, banjir sering terjadi karena banyak masalah. Salah satunya karena masalah drainase yang menyebabkan air naik saat hujan deras. Selain itu, ombak dari laut juga bisa menimbulkan masalah serupa dan lebih berbahaya.

Untuk mengatasinya dibangunlah Hutan Mangrove di Kawasan Pantai Indah Kapuk. Meskipun tujuan utama dari hutan adalah untuk melindungi kota dari gelombang laut yang datang, tetapi karena para wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini, hutan PIK kemudian menjadi destinasi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan dan. Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan di sini, seperti berfoto atau berkano di sekitar danau.


Wisata Alam Jakarta Terbaik

Serunya Bermain Jet Ski di Pulau Pramuka
Perbesar
Seorang pemain jet ski SCI melakukan lompatan saat konvoi menuju Pulau Pramuka pada acara SCI Peduli 2017 di Jakarta, Sabtu (17/6). Aksi konvoi tersebut juga menjadi hiburan bagi warga Kepulauan Seribu. (Liputan6.com)

5. Hutan Srengseng

Wisata alam Jakarta berikutnya adalah hutan Srengseng. Hutan kota yang dikembangkan langsung oleh pemerintah ini sebenarnya adalah taman yang berfungsi sebagai paru-paru Jakarta Barat. Di dalam hutan, anda dapat melihat sekitar empat ribu pohon dari enam varietas berbeda.

Taman ini juga sangat cocok untuk liburan keluarga karena lengkap dengan fasilitas keluarga seperti taman bermain anak, jogging track, dan restoran kecil. Orang-orang juga bisa menangkap ikan di danau. Dengan segala fasilitasnya, hutan Srengseng bisa menjadi tempat yang tepat untuk liburan keluarga.

 

6. Setu Babakan

Wisata alam Jakarta lainnya yang bisa dikunjungi adalah Setu Babakan. Disini selain alamnya, para pengunjung juga dapat mengunjungi kampung adat Betawi yang masih memiliki keunikan budaya Betawi nya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati danau Setu Babakan.

Banyak hal yang bisa dinikmati masyarakat di sini, tidak hanya suasana desa dan juga danau itu sendiri tetapi juga kuliner Jakarta. Pengunjung dapat mencicipi Kerak Telor yang terkenal dan makanan tradisional lainnya. Pengunjung bahkan dapat memancing hidangan mereka sendiri di danau jika mau.

 

7. Taman Menteng

Tempat wisata alam Jakarta selanjutnya adalah Taman Menteng. Taman Menteng sama bagusnya dengan Taman Suropati, bahkan menurut beberapa orang lebih bagus. Alasan di baliknya karena taman ini sebenarnya memiliki dua tujuan utama, sebagai tempat olahraga dan rekreasi. Di taman, ada beberapa tempat untuk untuk anda yang hobi basket, sepak bola, dan banyak lagi.

Biasanya, pada malam hari, ada beberapa sparing antara dua klub di sana. anda dapat menonton mereka melakukan pertandingan sepak bola atau basket. Selain di lapangan, pengunjung Taman Menteng juga bisa melakukan bersepeda dan skateboard di sana. Yang lain bisa jogging atau jalan-jalan di track yang sudah disediakan.

 

8.  SeaWorld Ancol

Tempat wisata alam Jakarta berikutnya adalah Seaworld Ancol. SeaWorld Ancol alias Sea World Jakarta adalah akuarium laut yang menarik bagi setiap jenis wisatawan, baik seseorang yang bepergian dengan keluarga atau dengan pasangannya. Akuarium laut ini bertujuan untuk menawarkan perpaduan sempurna antara konservasi, pendidikan, dan hiburan kepada wisatawan.

SeaWorld adalah rumah bagi akuarium terbesar di Asia Tenggara yang disebut sebagai Main Tank. Selain tangki utama, anda juga dapat mengamati berbagai tangki kecil yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi banyak hewan laut termasuk kepiting, ubur-ubur, dan banyak lagi serta tangki hiu.

 


Wisata Alam Jakarta Terbaik

FOTO: Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan
Perbesar
Wisatawan saat mengamati jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Margasatwa Ragunan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

9. Pantai Ancol

Tempat wisata alam Jakarta yang berikutnya dan sudah banyak diketahui wisatawan adalah Pandai Ancol. Terletak hanya 12 Km dari kota, Ancol adalah tempat yang populer untuk liburan akhir pekan. Selain pantai, disini juga terdapat Ancol Beach City.

Ancol Beach City adalah kompleks perbelanjaan dan rekreasi besar di Jakarta yang terdiri dari mal, restoran, auditorium, dan zona petualangan. Disini terdapat berbagai olahraga air, termasuk jetski, pesiar Ancol, dan berperahu di Pantai Ancol.

 

10. Kebun Binatang Ragunan

Wisata alam Jakarta dengan berikutnya yang layak dikunjungi adalah Kebun binatang ragunan. Bagi pecinta satwa liar dan alam Kebun Binatang ragunan cocok menjadi destinasi yang wajib dikunjungi, tersebar di lahan seluas 185 hektar dan memiliki lebih dari 3.600 spesies pengunjung tidak akan bosan menyusuri seluruh kebun.

Beberapa fauna yang bisa anda lihat di sini antara lain orangutan dan komodo. Kebun binatang ini juga merupakan rumah bagi hewan dari berbagai belahan dunia, serta beberapa bunga dan tanaman asli yang pasti akan mempesona anda dengan keindahannya.

 

11. Taman Mini Indonesia Indah

Wisata alam Jakarta selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) adalah sebuah kawasan rekreasi berbasis budaya yang terletak di Jakarta Timur. Taman ini merupakan sinopsis budaya Indonesia, dengan hampir semua aspek kehidupan sehari-hari di seluruh provinsi di Indonesia, yang dikemas dalam paviliun terpisah dengan koleksi rumah adat sebagai contoh arsitektur vernakular Indonesia, pakaian, tarian, dan tradisi.

Selain itu, di tengahnya terdapat danau dengan miniatur nusantara, kereta gantung, museum, bioskop Keong Emas Imax, teater yang disebut Teater Tanah Airku, dan fasilitas rekreasi lainnya, termasuk taman burung.

 

12. Hutan Kota UI

Wisata alam Jakarta yang cocok untuk para bikers adalah Hutan Kota UI. Dimiliki dan merupakan bagian dari Universitas Indonesia . Hutan Kota UI yang tersebar di lahan seluas 90 hektar ini adalah tujuan populer bagi mereka yang mencari ruang terbuka hijau yang luas di dekat pusat kota Jakarta.

Hutan buatan ini juga  menawarkan dua jalur yang populer di kalangan pengendara sepeda dan pelari dan dikelilingi oleh enam danau buatan yang memasok air ke tanaman hijau disekitar. Hutan kota ini juga memiliki taman sepeda gunung bagi mereka yang ingin bertualang.


Wisata Alam Jakarta Terbaik

FOTO: Pesona Pasir Putih Buatan di Utara Jakarta
Perbesar
Warga bermain di hamparan pasir putih White Sand Beach, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara, Sabtu (5/6/2021). Hamparan pasir putih buatan sepanjang sekitar 4 Km menjadi salah satu destinasi warga Jabotabek untuk berlibur. (merdeka.com/Arie Basuki)

13. Scientia Square Park

Tempat wisata alam Jakarta selanjutnya adalah Scientia Square Park, terletak di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang. Scientia Square Park adalah ruang terbuka seluas 7.500 meter persegi yang dikelola secara pribadi dengan berbagai fasilitas seperti skatepark, inline skate, wall climbing, street workout, baby-strolling, Koi pond & Koi farm, sepeda, taman bermain anak-anak, sawah, dan amfiteater.

Di taman ini, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan seperti kelas taichi dan yoga. Untuk masuk ke taman, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 40.000 untuk hari biasa, atau Rp. 70.000 pada akhir pekan.

 

14. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka adalah salah satu dari banyak tempat wisata alam di dekat Kepulauan Seribu. Pulau pramuka juga merupakan salah satu pulau yang paling terkenal karena adanya upaya konservasi penyu di pulau tersebut. Di sini, wisatawan dapat mengambil bagian dalam upaya melestarikan penyu sisik yang terancam punah.

Selain itu pengunjung juga dapat melakukan snorkeling, naik perahu ke pulau, dan mencoba makanan laut dari restoran lokal di sini. Homestay untuk keluarga juga sangat banyak dan cocok untuk pengunjung yang ingin menginap.

  

15. Allianz Ecopark

Taman lain dalam daftar wisata alam Jakarta adalah Allianz Ecopark. Taman ini terletak di kawasan Ancol yang terkenal dengan kawasan wisatanya. Taman ini memiliki luas sekitar 34 hektar lahan hijau dan luas, sehingga terlihat begitu luas dan cocok untuk masyarakat.

Dengan ukuran sebesar itu, tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti jalan kaki atau jogging hingga menaiki kano, outbond, bersepeda, dan lain-lain. Pengunjung Allianz Ecopark juga dapat menikmati wisata kuliner, belajar memanah, serta mengunjungi rumah energi dan rumah lebah.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya