8 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Oleh Laudia Tysara pada 20 Jul 2022, 13:55 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 13:55 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi jerawat punggung. (dok. pexels/Angela Roma)

Liputan6.com, Jakarta - Penyebab jerawat di punggung penting diketahui. Jenis jerawat di punggung sama dengan jerawat yang sering muncul di kulit wajah. Jerawat yang muncul di punggung bisa berupa komedo, kista atau jerawat kistik, nodul atau benjolan keras, dan benjolan merah. Apa penyebab jerawat di punggung tersebut?

Melansir dari Cleveland Clinic, pada Rabu (20/7/2022) penyebab jerawat di punggung bisa berkembang karena penumpukan kotoran di pori-pori kulit, penumpukan sel kulit mati, keringat, dan minyak atau sebum.

Penyebab jerawat di punggung tersebut, kemunculannya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dijelaskan, faktor risiko penyebab jerawat di punggung adalah riwayat keluarga, gaya hidup, kebersihan, dan masih banyak lagi.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab jerawat di punggung, faktor risiko, dan cara mengatasinya, Rabu (20/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyebab Jerawat di Punggung Menurut Ahli

Atasi Tekanan dan Nyeri Otot
Perbesar
Ilustrasi jerawat punggung. Credit: pexels.com/Carolina

Jerawat punggung sama dengan jenis jerawat yang sering muncul di wajah. Apabila penyebab jerawat di wajah umumnya pengaruh polusi, penyumbatan pori-pori, dan masalah sebum, lalu apa penyebab jerawat di punggung?

Tubuh mengeluarkan minyak, keringat, dan sel kulit mati adalah hal yang normal, hanya pada beberapa kondisi keluarnya kotoran tersebut terjadi secara tidak normal dan menjadi penyebab jerawat di punggung. Apa yang memengaruhinya?

Melansir dari Cleveland Clinic, penyebab jerawat di punggung tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti berikut ini:

1. Riwayat Keluarga

Penyebab jerawat di punggung adalah riwayat keluarga dengan masalah serupa. Seseorang lebih mungkin mengembangkan jerawat jika mereka memiliki riwayat keluarga dengan jerawat di punggung juga.

2. Gesekan

Penyebab jerawat di punggung adalah gesekan. Gesekan yang menjadi penyebab jerawat di punggung adalah antara kulit dengan kemeja, ransel, peralatan olahraga, dan pakaian lainnya.

Kulit yang bergesekan dengan benda dalam kondisi berkeringat dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat punggung. Hal ini wajib diwaspadai.

3. Hormon

Penyebab jerawat di punggung adalah ketidakseimbangan hormon. Orang yang sedang hamil dan remaja yang mengalami masa pertumbuhan menjadi dewasa atau pubertas lebih mungkin mengalami jerawat karena kadar hormon berubah.

4. Obat-obatan

Penyebab jerawat di punggung adalah konsumsi obat-obatan. Obat apa saja yang menjadi penyebab jerawat di punggung? Beberapa obat tersebut adalah kortikosteroid, yang dapat menyebabkan jerawat punggung atau memperburuknya.

5. Kebersihan Buruk

Penyebab jerawat di punggung adalah memiliki kebersihan yang buruk. Orang dengan rambut yang tidak bersih dapat mengalami jerawat kembali ketika minyak dari rambut mereka bergesekan dengan punggung mereka.

Selain hal itu, penyebab jerawat di punggung adalah bisa pengaruh oleh seprai, handuk, atau pakaian yang kotor. Maka cek kembali kebersihan benda-benda di sekitar agar tidak berisiko menjadi penyebab jerawat di punggung.

6. Produk Perawatan Kulit

Penyebab jerawat di punggung adalah produk perawatan kulit tertentu. Dijelaskan, lotion dan krim tertentu dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat di punggung.

7. Stres dan Kecemasan

Penyebab jerawat di punggung adalah mengalami stres dan kecemasan. Ketika seseorang memiliki banyak kecemasan atau stres, tubuh akan membuat lebih banyak hormon kortisol.

Saat kadar kortisol meningkat, tubuh akan memproduksi lebih banyak sebum dan inilah penyebab jerawat di punggung. Cobalah mengontrol stres dan kecemasan!

8. Keringat Terperangkap

Penyebab jerawat di punggung adalah adanya keringat yang terperangkap pada pori-pori. Keringat bisa terperangkap di antara kulit dan pakaian.

Ketika itu terjadi, pori-pori bisa tersumbat dan menjadi penyebab jerawat di punggung. Orang yang memiliki keringat berlebih (hiperhidrosis) memiliki peluang lebih tinggi terkena jerawat punggung.


Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

[Fimela] Atasi Sakit Punggung
Perbesar
Ilustrasi jerawat punggung | unsplash.com

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat di punggung? Cara mengatasi jerawat di punggung adalah menghindari segala faktor risiko yang menjadi penyebab jerawat di punggung.

Ahli Dermatologi, Sarah Taylor, M.D., FAAD, melansir dari Health Line menjelaskan cara mengatasi jerawat di punggung adalah sebagai berikut:

1. Mandi Setelah Berolahraga

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah mandi setelah berolahraga. Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga bisa menjadi penyumbang besar jerawat punggung. Mandi sesegera mungkin setelah berolahraga. Kemudian mencuci pakaian olahraga yang berkeringat di antara bagian yang terkena keringat.

2. Melakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah melakukan eksfoliasi. Gunakan scrub pengelupasan yang lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

3. Kenakan Pakaian Longgar

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah menggunakan pakaian yang longgar. Kebiasaan berolahraga dapat mengiritasi jerawat punggung. Misalnya, pakaian ketat dapat menjebak kotoran dan keringat serta menggosoknya ke dalam pori-pori.

Berolahraga tanpa baju pun meningkatkan risiko kulit terkena mesin gym yang berkeringat atau di lantai yang kotor, ini meningkatkan risiko menjadi penyebab jerawat di punggung.

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah pilih pakaian longgar yang membuat kulit bernapas dan membantu menghilangkan keringat.

4. Pakai Minyak Pohon Teh

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah cobalah memakai minyak pohon teh atau tea tree oil. Minyak pohon teh dibuat dari daun pohon di Australia. Ini telah digunakan oleh orang Australia selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai masalah kulit.

Saat ini, dapat ditemukan banyak losion, pembersih, dan krim yang menggunakan bahan tersebut.Ada beberapa bukti yang menunjukkan, bahan ini membantu dalam mengobati jerawat dengan membunuh bakteri ekstra.

5. Jauhkan Rambut dari Punggung

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah menjauhkan dari rambut yang panjang. Rambut panjang dapat menambahkan minyak dan kotoran ke kulit punggung.

Lakukan pencucian rambut secara teratur dan ikat dalam sanggul atau kuncir kuda selama sesi berkeringat. Lalu, jangan biarkan kondisioner atau sampo mengalir di punggung karena berisiko menyumbat pori-pori.

6. Pilih Tabir Surya dengan Hati-Hati

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah menggunakan tabir surya yang cocok. Melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak itu penting, terutama jika sering menggunakan pakaian terbuka.

Akan tetapi, tabir surya berminyak bisa berkontribusi menyumbat pori-pori. Cara mengatasi jerawat di punggung adalah pastikan memilih produk yang bebas minyak dan ringan di kulit.

7. Makan Sehat

Cara mengatasi jerawat di punggung adalah mengonsumsi makanan sehat. Pernah mendengar ungkapan “you are what you eat?”

Pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh dalam berbagai cara. Jika rentan terhadap jerawat, makanan tertentu bisa menjadi pemicunya.

Penelitian menunjukkan makanan tinggi indeks glikemik (GI), berarti menyebabkan gula darah naik dengan cepat, ini dapat memperburuk jerawat. Makanan ini termasuk roti putih, pasta dan nasi putih, serta kentang putih.

Cobalah cara mengatasi jerawat di punggung adalah dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh dengan komposisi yang seimbang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya