15 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami, Lebih Ampuh

Oleh Husnul Abdi pada 19 Jul 2022, 14:10 WIB
Diperbarui 19 Jul 2022, 14:10 WIB
Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Perbesar
Penanganan Flek Hitam. (Sumber foto: boldsky.com)

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat bisa menggunakan bahan-bahan alami. Kamu mungkin sering mengalami masalah satu ini. Bagi sebagian orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang.

Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat tersebut sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang. Padahal memencet jerawat dapat memicu peradangan dan membuat bekas jerawat bertahan lebih lama.

Peradangan jerawat dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit. 

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ampuh bisa menggunakan bahan alami. Mulai dari kunyit, timun, lidah buaya, hingga minyak kelapa bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/6/2022) tentang cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Ilustrasi Kunyit
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Kunyit Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Kunyit

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang pertama yaitu menggunakan kunyit. Kunyit sangat efektif dan cepat untuk menghilangkan flek hitam akibat terpapar sinar matahari dan akibat penuaan kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan kunyit:

- Buat seperti pasta untuk masker wajah dari 2 sendok teh kunyit,

- Tambahkan sedikit susu dan perasan air lemon,

- Oleskan pada area kulit yang mengalami masalah flek hitam,

- Diamkan selama beberapa menit,

- Bersihkan dengan air hangat.

Timun

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga baik untuk menghidrasi kulit. Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan mentimun adalah sebagai berikut:

- Iris tipis-tipis mentimun secukupnya

- Taruh di atas kulit bekas jerawat Anda

- Biarkan dulu selama 30 menit

- Bilas wajah dengan air dingin

Bawang Putih

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, siapkan 1 siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat dan diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Setting Spray dari Lidah Buaya
Perbesar
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com/Demi

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki anti-inflamasi dan memiliki sifat antibakteri, sehingga tanaman ini merupakan alat yang hebat untuk melakukan perawatan flek hitam bekas jerawat. Begini cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya:

- Belah dan ambil gel lidah buaya segar,

- Oleskan pada flek hitam dan bintik hitam bekas jerawat,

- Pijat perlahan di area wajah selam beberapa menit,

- Biarkan selama 15 menit hingga 20 menit, lalu bilas,

- Gunakan secara rutin sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari selama beberapa minggu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kaya vitamin E dan asam lemak. Begini cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan minyak kelapa:

- Oleskan minyak kelapa pada kulit wajah ke bagian flek hitam,

- Pijat bagian tersebut selama 5 hingga 10 menit,

- Diamkan selama 1 jam,

- Kemudian bilas dengan air hangat.

Jahe

Jahe membantu menjaga kulit tetap bersih, halus dan bebas dari noda. Jahe memiliki sifat antiseptik dan agen pembersih yang kuat. Jahe membantu membunuh dan membersihkan bakteri penyebab jerawat. Bubuk jahe bisa dijadikan campuran masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Lemon
Perbesar
Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/eggbank

Lemon

Lemon berfungsi sebagai pemutih alami dan membantu meringankan segala jenis luka pada kulit. Kandungan vitamin C pada lemon mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Begini cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan lemon:

- Ambil sedikit air lemon dengan menggunakan kapas,

- Gosokkan pada area kulit wajah yang mengalami flek hitam,

- Diamkan hingga mengering, kemudian cuci bersih dengan air,

- Lakukan secara rutin selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Hal ini karena baking soda terdiri dari Kristal sodium bicarbonate yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati pada saat digunakaan sebagai scrub pembersih.

Begini caranya:

- Siapkan beberapa sendok baking soda,

- Tambahkan air secukupnya hingga mengental,

- Oleskan pada area bekas jerawat, dan dipijat,

- Diamkan selama 2 menit,

- Basuh wajah dengan air hangat,

- Oleskan pelembab alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun).

Tomat

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Tomat yang kaya akan vitamin C , vitamin A, dan karoten yang merupakan antioksidan, akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat yang seringkali sulit untuk dihilangkan.

Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, iris tomat dibagi menjadi 3-4 bagian, tempelkan pada kulit atau bisa dihaluskan menjadi masker. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih atau lebih baik menggunakan air es supaya lebih segar. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

cuka apel
Perbesar
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Cuka Apel

Cuka apel membantu meringankan pigmentasi di kulit. Bahan ini juga bantu merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel dan mengankat sel kulit mati. Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cuka apel yaitu:

- Campurkan cuka apel dengan air,

- Celupkan kapas ke dalamnya,

- Oleskan pada flek hitam di wajah,

- Diamkan selama 5 menit,

- Bilas dengan air dan ulangi setiap hari.

Kentang

Mengandung vitamin dan mineral yang mampu untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Begini cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan kentang:

- Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada aera bekas jerawat,

- Diamkan selama 10 menit,

- Cuci wajah dengan air bersih,

- Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Madu

Madu bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat. Hal ini karena bahan alami pada madu sangat banyak manfaatnya, kandungan antibiotic-nya mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat. Caranya:

- Siapkan madu murni,

- Oleskan pada bekas jerawat,

- Diamkan hingga mengering,

- Bilas dan bersihkan dengan air hangat.


Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Mengonsumsi Pepaya
Perbesar
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Somi

Almond

Almond membantu untuk mencerahkan kulit kamu sekaligus menghilangkan flek hitam membandel dan bekas luka. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan dan lemak sehat, juga membantu untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus.

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan cepat:

- Ambil 8-10 biji almond, lalu rendam ke dalam susu, biarkan semalam. Kupas kulitnya dan giling kacang almond keesokan harinya.

- Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana dan ½ sendok teh madu ke dalamnya. Campur semua bahan untuk membuat pasta masker.

- Oleskan pasta itu pada wajah. Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bersihkan.

- Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Pepaya

Pepaya mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Selain itu pepaya juga membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Maka dari itu pepaya sangat cocok sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat:

- Haluskan pepaya

- Kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam

- Diamkan selama 20 menit.

- Lalu basuh muka dengan air bersih.

Jojoba Oil

Jojoba oil adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Minyak ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Minyak ini juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Minyak jojoba bisa dicampur pada masker atau dioleskan langsung pada titik jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya