Sukses

14 Manfaat Lompat Tali untuk Tubuh, Tak Cuma Fisik tapi juga Mental

Manfaat lompat tali bagi tubuh tidak hanya secara fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental, berikut penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lompat tali penting untuk diketahui dengan lebih baik agar saat melakukan olahraga ini bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan tepat sasaran. Merupakan salah satu olahraga dengan biaya yang murah dan baik untuk kesehatan, jenis olahraga ini merupakan salah satu olahraga favorit banyak kalangan.

Faktanya manfaat lompat tali tidak hanya memberi pengaruh pada tubuh secara fisik saja, namun juga pada otak dan kesehatan mental kita. Olahraga ini juga sangat mudah untuk dilakukan, yaitu cukup dengan melompat berulang-ulang menggunakan seutas tali yang diayun-ayunkan sebagai rintangan.

Karena merupakan salah satu olahraga yang mudah dan murah, beberapa orang mungkin meremehkan Latihan lompat tali. Padahal manfaat lompat tali tidaklah sedikit, bahkan olahraga sederhana ini terbukti lebih efektif daripada jenis latihan kardio lainnya.

Dimana dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat lompat tali yang didapatkan setelah menghabiskan waktu 10 menit setiap hari salaam enam minggu menghasilkan peningkatan kebugaran dan kesehatan kardiovaskuler yang sama dengan melakukan jogging selama 30 menit selama enam minggu.

Lantas apa saja manfaat lompat tali yang bisa didapatkan? untuk mengetahui lebih rincinya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (18/7/2022), manfaat lompat tali yang bisa didapat bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lompat Tali Untuk Fisik

1. Kardio yang efisien

Manfaat lompat tali yang pertama adalah sebagai kardio yang efektif. Lompat tali membuat detak jantung naik dengan sangat cepat karena melibatkan begitu banyak kelompok otot yang berbeda bekerja sama sekaligus. Sehingga lompat tali merupakan aktivitas dengan intensitas tinggi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menganggap satu menit aktivitas intensitas kuat hampir sama dengan dua menit aktivitas intensitas sedang seperti berjalan cepat atau bermain tenis ganda. Artinya anda dapat memasukkan latihan lompat tali ke dalam rutinitas untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti aktivitas intensitas sedang dalam waktu yang lebih cepat.

 

2. Penguatan seluruh tubuh

Manfaat lompat tali yang kedua adalah untuk menguatkan seluruh tubuh. Gerakan lompat tali menargetkan kaki yang terdiri dari betis, paha depan, dan paha belakang , serta otot-otot di kaki dan pergelangan kaki.

Lompat tali juga melatih inti, bisep, dan bahu. Sehingga melakukan olahraga lompat tali dapat melibatkan semua kelompok otot sekaligus dalam satu kali aktifitas olahraga lompat tali.

 

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat lompat tali yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kepadatan tulang. Dimana dalam sebuah penelitian kecil tahun 2015 terhadap wanita premenopause menunjukkan bahwa lompat tali dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul. Lompat tali meningkatkan kepadatan tulang karena benturan berulang dengan tanah setiap kali melompat.

Dengan membangun kepadatan tulang melalui aktivitas seperti lompat tali, anda dapat mengurangi risiko masalah tulang seperti osteoporosis, Namun, jika anda sudah menderita osteoporosis, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu sebelum memulai olahraga seperti lompat tali, karena dampak tinggi dapat berbahaya bagi tulang yang sudah melemah.

 

4. Meningkatkan kelincahan

Manfaat lompat tali yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kelincahan. Hal ini karena gerakan  lompat tali yang tepat melibatkan gerakan dari bola kaki anda, dan itu membantu mengembangkan gerak kaki agar lebih lincah yang baik.

Manfaat lompat tali ini sangat cocok untuk atlet yang menekuni olahraga di mana harus mengubah arah dengan sangat cepat seperti tinju, bola basket, dan bola voli.

 

5. Meningkatkan koordinasi

Manfaat lompat tali yang berikutnya adalah dapat meningkatkan koordinasi, hal ini karena saat melakukan lompat tali, anda membutuhkan banyak koordinasi. Tangan, kaki, dan terkadang bahkan mata anda, semua perlu bekerja sama untuk memastikan anda mengayunkan tali dengan benar, melompati tali pada waktu yang tepat, dan kemudian ulangi pola tersebut dengan irama yang stabil.

Koordinasi tingkat tinggi ini mungkin terasa sangat menantang pada awalnya, dan melakukannya secara rutin dapat meningkatkan keterampilan dasar dan keterampilan baru seperti mencoba pola atau trik lompat tali baru yang membutuhkan koordinasi yang lebih tinggi.

 

6. Melatih kekuatan

Manfaat lompat tali yang bisa didapatkan berikutnya dengan variasi gerakan adalah bermanfaat untuk melatih kekuatan. Biasanya setelah anda menguasai teknik dasar lompat tali, anda dapat menaikan intensitas lompat tali dengan melakukan gerakan double under.

Melakukan double under menuntut lompatan yang lebih kuat dan lebih tinggi, yang berarti melatih gerakan ini bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan anda. Sehingga lompat tali juga dapat membantu anda dengan baik dalam olahraga lain seperti bola voli, di mana lompatan vertikal sangat penting.

 

7. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat lompat tali selanjutnya adalah dapat meningkatkan keseimbangan. Lompat tali bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keseimbangan anda. Dimana salam sebuah studi kecil tahun 2015 terhadap pemain sepak bola muda, dapat disimpulkan bahwa lompat tali sebagai bagian dari program sepak bola reguler dapat menjadi metode tambahan untuk meningkatkan keseimbangan serta koordinasi motorik.

Seperti yang dijelaskan oleh penelitian, ketika anda lompat tali, anda harus membangun kembali keseimbangan di antara setiap lompatan, dan juga membutuhkan keseimbangan yang baik agar dapat melompat lagi secara efektif.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lompat Tali Untuk Mental

8. Sarana Meditasi

Meski cukup intens, lompat tali sebenarnya bisa menjadi aktivitas yang sangat meditative karena saat melakukan lompat tali anda akan menemukan zona stabil ketika mulai lompat tali,yaitu ketika anda mendengar ritme dan masuk ke alur saat anda mulai melompat.

Lompat tali digambarkan sebagai bentuk meditasi aktif yang memungkinkan anda untuk memusatkan seluruh perhatian anda hanya untuk menjaga ritme gerakan melompat yang stabil dan tidak memikirkan hal lainnya.

 

9. Meningkatkan Kesadaran Spasial

Manfaat lompat tali secara teratur berikutnya adalah dapat meningkatkan kesadaran spasial anda, Itu karena anda terus-menerus harus menyadari apa yang ada di depan, di belakang, dan di samping anda ketika sedang melakukan lompat tali, terutama jika berada di tempat yang kecil, jika tidak anda dapat memukul benda-benda di sekitar dengan tali.

Peningkatan kesadaran spasial yang anda peroleh dari lompat tali dapat dengan pasti membuat anda menjadi atlet yang lebih baik karena anda dapat menyadari berbagai skenario yang berhubungan dengan ruangan di sekitar anda dan menjadi lebih gesit.

 

10. Memberi Tantangan Baru Tanpa Akhir

Hari demi hari, lompat tali tidak pernah membosankan. Selalu ada tujuan baru yang harus diperjuangkan. Misalnya, saat anda  ingin meningkatkan rotasi per menit untuk melompat secepat mungkin atau anda dapat menetapkan tujuan daya tahan untuk meningkatkan efisiensi lompatan dan meningkatkan stamina.

Kondisi ini membuat anda tidak akan merasa jenuh atau bosan dengan lompat tali dan selalu menemukan hal baru untuk dipelajari, memberi anda rasa bersemangat untuk terus melakukan tantangan baru tanpa akhir.

 

11. Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Manfaat lompat tali berikutnya adalah menjaga kesehatan mental yang lebih baik. Olahraga setiap hari berkaitan dengan penurunan risiko depresi dan kecemasan. Hal ini karena adanya pelepasan endorphin, sehingga upaya terkonsentrasi yang diperlukan untuk melakukan lompat tali dapat membantu mengurangi stres.

Bahkan berolahraga sedikitnya sepuluh menit per hari meningkatkan suasana hati. Cobalah lompat tali di luar untuk menyerap sinar matahari dan mendapatkan dorongan serotonin. Jika anda memilih untuk bergabung dengan klub lompat tali, interaksi sosial dan rasa kebersamaan dapat membuat anda tersenyum.

 

12. Persiapan Untuk Aktivitas Lainnya

Manfaat lompat tali selanjutnya adalah untuk persiapan sebelum melakukan aktivitas lainnnya, tidak hanya baik untuk olahraga utama, melakukan lompat tali sebagai latihan tambahan atau pemanasan juga sangat baik untuk dilakukan karena  lompat tali dapat dengan cepat  meningkatkan detak jantung dan memompa darah.

The International Journal of Sports Physiology and Performance menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2019 yang menunjukkan bagaimana lompat tali meningkatkan indeks kekuatan reaktif (RSI) dan kinerja keseluruhan pelari amatir, bahwan pemanasan dengan lompat tali juga menjadi salah satu program reguler dalam olahraga tinju.

 

13. Stimulasi Otak

Manfaat lompat tali lainnya yang masih jarang diketahui adalah baik untuk stimulasi otak. Hal ini terjadi karena latihan terbaik untuk kesehatan otak harus melibatkan koordinasi, ritme, dan strategi. Karena koordinasi, kesadaran spasial, dan presisi diperlukan untuk lompat tali, itu berarti otak anda juga turut berlatih saat melakukan lompat tali.

Saat melakukan lompat tali, kedua belahan otak anda aktif secara bersamaan dan dengan meningkatkan keterampilan melalui trik baru, otak anda dapat membentuk koneksi saraf baru. Faktanya, berlatih setiap hari dapat melindungi atau bahkan merangsang daya ingat

 

14. Menurunan Berat Badan

Manfaat lompat tali terakhir yang bisa didapatkan adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Dimana hanya dalam dua sesi lompat tali selama sepuluh menit, anda dapat membakar hingga 200 kalori. Berlatih setiap hari selama tujuh hari dapat membantu membakar lebih dari 1.000 kalori per minggu.

Jika Anda berlatih hanya 15 menit sehari, Anda dapat membakar sekitar 200-300 kalori. Satu pon lemak setara dengan sekitar 3.500 kalori, jadi hanya perlu sekitar 12 hari untuk menurunkan satu pon dengan melompat setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.