Komunitas Adalah Kelompok Orang, Ketahui Jenis dan Manfaatnya

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 18 Jul 2022, 11:55 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 11:55 WIB
ilustrasi komunitas
Perbesar
ilustrasi komunitas | pexels.com/@pixabay

Liputan6.com, Jakarta Komunitas adalah kata yang berasal dari bahasa Latin yaitu communitas yang berarti “kesamaan.“ Kata itu kemudian memiliki turunan kata Communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Komunitas adalah kata yang memiliki padanan dengan kata community dalam bahasa Inggris. Community sendiri berarti sekelompok orang yang tinggal di tempat yang sama atau memiliki kesamaan karakteristik tertentu.

Dikutip dari Cambridge Dictionary, community berarti orang-orang yang tinggal di suatu wilayah tertentu atau orang-orang yang dianggap sebagai satu kesatuan karena kesamaan kepentingan, kelompok sosial, atau kebangsaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. dari KBBI juga, komunitas adalah masyarakat atau paguyuban.

Dari penjelasan tersebut, baik komunitas maupun community memiliki makna yang kurang lebih sama, dimana kedua kata tersebut memiliki komponen makna berupa kelompok orang, atau orang-orang. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang komunitas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Makna Komunitas Bergantung pada Konteks

Secara sederhana, komunitas adalah kelompok orang yang berkumpul menjadi satu kesatuan karena alasan tertentu seperti geografis, minat, stratifikasi sosial, kebangsaan, dan minat.

Komunitas adalah sesuatu yang bisa memiliki makna yang berbeda berdasarkan konteks kalimat yang digunakan. Dalam KBBI juga disebutkan bahwa komunitas adalah kelompok orang atau organisme. Dengan kata lain, komunitas tidak harus selalu kelompok orang atau manusia. Komunitas adalah kata yang bisa memiliki arti kelompok hewan atau organisme lain, tergantung konteksnya.

Komunitas adalah kata yang berkaitan dengan disiplin ilmu biologi. Dalam ilmu biologi, komunitas adalah kumpulan berbagai macam populasi makhluk hidup pada waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.

Berikut adalah sejumlah makna kata komunitas dari berbagai sudut pandang ilmu serta pandangan para ahli, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).


Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

FOTO: Aksi Menuntut Perbankan Hentikan Danai Industri Batu Bara
Perbesar
Sejumlah peserta yang tergabung dalam komunitas Fossil Free dan Climate Ranger menggelar aksi di depan Gedung BNI Sudirman, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Mereka meminta BNI segera menghentikan pendanaan ke batu bara karena krisis iklim berdampak multidimensi mulai dari lingkungan, ekonomi, sosial, sampai kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

1. Komunitas Menurut McMillan dan Chavis

Komunitas adalah kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat di antara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama.

2. Komunitas Menurut Koentjaraningrat

Komunitas adalah suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat serta terikat oleh suatu rasa identitas dalam komunitas.

3. Komunitas Menurut Hillery, George Jr

Komunitas adalah hal yang dibangun dengan fisik atau lokasi geografi dan kesamaan dasar akan kesukaan (interest) atau kebutuhan (needs).

4. Komunitas Menurut Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya. Dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antara para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

5. Komunitas Menurut Spradley

Komunitas adalah sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.

6. Komunitas Menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt

Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

7. Komunitas Menurut Etienne Wenger

Komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lain.


Jenis-Jenis Komunitas

Kampanye Sampah Plastik di CFD
Perbesar
Warga dari Komunitas Peduli Sampah membawa poster aksi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/6/2022). Kampanye tentang sampah tersebut dalam rangka melanjutkan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah yang menghimbau masyarakat untuk saling menjaga kebersihan lingkungan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Secara umum, komunitas dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis:

1. Komunitas berdasarkan lokasi atau tempat

Wilayah atau tempat sebuah komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis. Mereka juga saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi dan memberikan kontribusi bagi lingkungannya.

2. Komunitas berdasarkan minat

Sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama. Komunitas berdasarkan minat memiliki jumlah paling besar karena melingkupi berbagai aspek, misalnya komunitas gamers, komunitas seni, komunitas film, komunitas fotografi, komunitas pedagang, dan lain sebagainya.

3. Komunitas berdasarkan komuni

Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri. Dengan kata lain, jenis komunitas berdasarkan komuni terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.


Manfaat Komunitas

Komunitas PUBG Mobile Jawara Community
Perbesar
PUBG Mobile memiliki komunitas bagi para pemain di Indonesia, komunitas tersebut bernama PUBG Mobile Jawara Community. Kini komunitas tersebut mengajak para pemimpin-pemimpin komunitas PUBG Mobile di Indonesia untuk menjadi Jawara Leaders, guna mengembangkan komunitas game dan esports di Tanah Air. (Foto: Istimewa). 

Kelompok orang yang membentuk dan membangun komunitas tentunya mengharapkan adanya manfaat yang bisa mereka ambil. Menjadi anggota suatu komunitas pun juga bisa menghadirkan manfaat. Manfaat komunitas antara lain sebagai berikut:

1. Sarana Informasi, penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya komunitas pecinta burung, segala informasi yang berhubungan dengan burung akan sangat cepat beredar di dalam komunitas ini.

2. Menjalin Hubungan, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.

3. Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya