Sukses

15 Wisata di Kuningan Jawa Barat Terbaru, Lengkap Dengan Harga Tiket

Rekomendasi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat terbaru yang wajib dikunjungi wisatawan lengkap dengan harga tiketnya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Kuningan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Kota yang terletak di sisi timur Jawa Barat ini memiliki suasana kota yang santai, penduduk yang ramah dan alam yang masih asri dengan keindahan alam yang memukau.

Wisata di Kuningan juga menawarkan berbagai tujuan wisata yang sempurna untuk liburan yang menyenangkan bersama dengan keluarga. Mulai dari wisata alam, religi, edukasi, sejarah hingga kuliner, bisa dengan mudah ditemukan di Kuningan.

Letak geografisnya yang berdekatan dengan Gunung Ciremai, membuat wisata di Kuningan yang paling ikonik dan wajib di kunjungi adalah wisata alamnya. Di sini wisatawan bisa menjelajahi berbagai wisata alam mulai dari danau, air terjun hingga perbukitan yang memukau.

Bagi anda yang memiliki rencana untuk berlibur di Kuningan, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (18/7/2022), rekomendasi tempat wisata di Kuningan yang wajib dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata di Kuningan Terbaru

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Wisata di Kuningan pertama yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Kawasan pegunungan selalu menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. TNGC adalah tujuan yang tepat bagi pecinta alam. Pengunjung dapat melakukan trekking untuk mencapai puncak dan kawah lalu melihat pemandangan yang menakjubkan dari gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

Biaya masuk untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Ciremai adalah Rp 50.000 per orang. Area ini bisa dimasuki kapan saja oleh para pendaki, kecuali jika area gunung ditutup karena alasan tertentu.

 

2. Pemandian Cibulan dan Ikan Dewa

Wisata di Kuningan kedua yang wajib dikunjungi adalah pemandian Cibulan. Terletak di kaki Gunung Ciremai, Pemandian Cibulan memiliki dua kolam besar di mana terdapat kolam ikan keramat, yang disebut ikan dewa. Ikan tersebut diyakini sebagai prajurit Prabu Siliwangi.

Ada tujuh mata air suci di dekat pemandian yang dipercaya bahwa air dari mata air suci ini memiliki sifat magis ketika digunakan untuk mencuci atau minum. Untuk masuk dan mencoba pemandian tersebut, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang.

 

3. Bukit Panembongan

Wisata di Kuningan ketiga yang bisa dikunjungi dan cocok untuk anda yang suka berfoto-foto adalah Bukit Panembongan.  Bukit indah ini terletak di Desa Tembong, Garawangi. Di sini terdapat banyak spot foto yang instagramable dengan latar belakang yang menakjubkan dan cocok untuk diunggah di akun media sosial anda.

Untuk dapat berkunjung kesini pengunjung cukup hanya membayar biaya Rp 5.000 per orang, dan jika ingin mendaki dan berfoto atau selfie di atas menara pengawas, anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp2.000.

 

4.  Curug Putri

Tempat wisata di Kuningan dengan keindahan alam berikutnya adalah Curug Putri. Air terjun yang indah ini terletak di jalur pendakian Gunung Ciremai. Selama perjalanan menuju lokasi, anda akan melihat pemandangan indah pepohonan hijau yang rimbun dan perbukitan.

Ketika anda akhirnya tiba, rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan, lengkap dengan tebing tinggi dan formasi batuan bertingkat di bawahnya. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Curug Putri, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500 per orang dan tiket parkir.

 

5. Bukit 1.000 Bintang

Wisata di Kuningan berikutnya adalah Bukit Bintang. Destinasi wisata ini tidak hanya cocok dikunjungi pada malam hari untuk menikmati bintang. Bukit 1.000 Bintang juga bagus untuk dikunjungi di siang hari. Berada di kaki Gunung Ciremai, anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dan puncak Ciremai di atasnya.

Bukit ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan yang agak sulit dijangkau kendaraan pribadi. Namun, pihak pengelola telah menyediakan kendaraan off-road khusus untuk mengantar para pengunjung ke puncak dengan biaya antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang. Tersedia pula tenda, aula serbaguna, dan toilet bagi yang ingin bermalam.

3 dari 4 halaman

Wisata di Kuningan Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

6. Danau Nil

Destinasi wisata di kuningan selanjutnya adalah Danau Nil. Terletak di Desa Kaduela, Danau Nil menyuguhkan pemandangan indah air sebening kristal dan lingkungan sekitar yang hijau. Berada tidak jauh dari Gunung Ciremai, danau ini memberikan suasana santai dan sejuk, jauh dari hiruk pikuk kota.

Danau ini memiliki kedalaman yang bervariasi, dari setinggi mata kaki hingga 4 meter. Karena itu, semua orang bisa bersenang-senang di danau ini. Untuk memasuki kawasan danau, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

 

7.   Pemandian Air Panas Alami Subang

Masih dengan destinasi wisata air, wisata di Kuningan berikutnya yang harus dicoba adalah pemandian air panas alami Subang. Terletak di Desa Subang, Kecamatan Subang. Sumber pemandian air panas ini adalah pemandian air panas Cipanas yang dikenal dengan banyaknya kandungan mineral di dalamnya.

Salah satunya adalah kandungan belerang di mata air ini yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi kulit. Setiap hari libur dan akhir pekan, kedua kolam air panas ini selalu dipadati pengunjung. Untuk memasuki area pemandian air panas, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

 

8.   Taman Hutan Kota Mayasih

Wisata di Kuningan berikutnya yang menarik adalah Taman Hutan Kota Mayasih. Terletak di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur. Tidak seperti taman umum lainnya yang penuh dengan bunga, taman ini memiliki formasi batuan yang sangat menonjol. Ini karena taman itu dulunya adalah tambang batu.

Meliputi area seluas 3 hektar, taman ini memiliki beberapa gazebo bagi pengunjung yang ingin bersantai. Ada juga jalan setapak yang tersedia untuk menjelajahi seluruh taman. Lokasi paling favorit untuk berfoto adalah di depan tebing batu dan air mancur. Untuk masuk pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

 

9.  Curug Sidomba

Wisata di Kuningan lainnya yang bisa dikunjungi adalah Curug Sidomba. Terletak di Desa Peusing, Jalaksana, air terjun ini hanya setinggi 3 meter dengan aliran air yang tidak terlalu besar dan di bawahnya ada kolam dengan ikan berwarna-warni. Keistimewaan air terjun ini adalah adanya tangga dengan desain yang indah dan cocok sebagai tempat untuk berfoto.

Selain itu ada beberapa permainan dan wahana di dekat area air terjun yang bisa bisa digunakan pengunjung seperti taman bermain anak, flying fox, kolam renang, kolam pemancingan, kereta domba, dan kereta mini. Biaya masuk untuk masuk ke kawasan ini hanya Rp 5.000 per orang.

 

10. Lembah Cilengkrang

Wisata di Kuningan yang lengkap untuk dikunjungi adalah Lembah Cilengkrang. Di lokasi ini, anda akan menemukan tiga destinasi yaitu air terjun, pemandian air panas alami, dan taman hutan. Lembah Cilengkrang memiliki dua air terjun, yang disebut Curug Sabuk dan Curug Sawer.

Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati pemandian air panas alami dengan kedalaman 1 meter. Tempat lain untuk dikunjungi di sini adalah taman hutan bernama Kopi Gede. Untuk mengunjungi Lembah Cilengkrang, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

4 dari 4 halaman

Wisata di Kuningan dan Harga Tiket Masuknya

11. Taman Prasejarah Cipari

Wisata di Kuningan yang juga mencampurkan wisata alam dan sejarah adalah Taman Prasejarah Cipari. Di Taman Prasejarah Cipari, anda akan melihat pemandangan khas formasi batuan prasejarah yang tertata rapi di taman yang rimbun dan hijau. Ada juga museum di mana anda dapat meningkatkan pengetahuan tentang kehidupan manusia prasejarah.

Taman Prasejarah Cipari terletak tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Untuk mencapai taman, anda dapat mengendarai mobil pribadi atau mobil sewaan sejauh 5 kilometer ke arah barat, sekitar 15 menit perjalanan. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dan tidak ada biaya masuk atau tiket untuk memasuki taman.

 

12. Linggarjati Agreement Building

Wisata di Kuningan yang bertema sejarah berikutnya adalah adalah Gedung Perjanjian Linggarjati. Terletak di Desa Linggarjati, Cilimus, tidak jauh dari Taman Nasional Gunung Ciremai. Tempat ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjuangan Indonesia untuk meraih pengakuan kemerdekaannya.

Pengunjung dapat melihat perabotan asli yang digunakan oleh delegasi Indonesia dan Belanda yang terlibat dalam negosiasi. Di sepanjang dinding bangunan, juga terdapat foto-foto yang menggambarkan situasi pada masa sejarah. untuk masuk pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp2.000 per orang.

 

13. Kuningan Botanical Garden

Wisata di Kuningan berikutnya adalah Kuningan Botanical Garden. Kebun Raya Kuningan ini terletak di kawasan hutan, sekitar 38 kilometer dari pusat kota Kuningan, di sisi utara Gunung Ciremai. Disini pengunjung bisa datang dan menikmati indahnya pemandangan hutan, taman bunga, dan berbagai fasilitas umum. Semua fasilitas ini dapat pengunjung nikmati hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang untuk biaya masuk.

 

14.  Sangkan Resort Aqua Park

Destinasi wisata di Kuningan berikutnya adalah Sangkan Resort Aqua Park yang merupakan waterpark terbesar di Kuningan. Terletak di Jalan Bandorasa, disini anda  dan keluarga dapat menikmati berbagai wahana dan atraksi, seperti seluncuran, ember raksasa, kolam ombak, dan kolam renang anak.

Ada juga wahana lain seperti kora-kora, bumper boat, dan ATV untuk menjelajahi taman. Untuk berkunjung, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp35.000 pada hari biasa, dan Rp45.000 saat akhir pekan atau hari libur nasional.

 

15.  Linggarjati Natural Park

Destinasi wisata di Kuningan terakhir yang wajib dikunjungi adalah Linggarjati Natural Park. Terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, taman ini menawarkan berbagai objek wisata di lokasi yang dikelilingi oleh alam yang indah. Di sini, anda dan keluarga bisa berenang, mengikuti kegiatan outbond, atau sekadar bersantai di restoran.

Selain itu juga terdapat banyak fasilitas dan wahana seperti sepeda air, kolam besar, kereta mini, taman bermain anak, dan korsel, yang sangat cocok untuk perjalanan keluarga.wisatawan  bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 18:00 WIB, dengan biaya masuk Rp 10.000 per orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.