Sukses

Cara Membuat Sale Pisang Basah dan Crispy, Enak, Sehat dan Bergizi

Berikut cara membuat sale pisang basah dan crispy, enak dan bergizi.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sale pisang sebenarnya sangat mudah dan bisa dipraktikkan oleh siapa saja di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat khusus. Hanya saja cara membuat sale pisang memang memakan waktu yang cukup lama, karena ada proses penjemuran yang sangat membutuhkan bantuan sinar matahari.

Mengetahui cara membuat sale pisang jelas bisa menghadirkan manfaat tersendiri. Yang pertama jelas menambah khazanah pengetahuan Anda tentang cara memasak dan kuliner.

Yang kedua, mengetahui cara membuat sale pisang akan membuat Anda dapat menyajikan variasi kudapan enak di rumah tanpa harus beli. Menguasai cara membuat sale pisang menghadirkan manfaat lain seperti cara memasak makanan lainnya, yang tak lain adalah manfaat keuangan.

Mengetahui cara membuat sale pisang bisa membuka peluang bisnis, mengingat sale pisang merupakan salah satu makanan yang populer yang sering dijumpai di pusat jajanan dan oleh-oleh.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang diperlukan dalam cara membuat sale pisang pun juga tidak sulit. Bahan yang baku berupa buah pisang pun juga tersedia banyak dan mudah diperoleh, baik di pasar maupun supermarket. Berikut cara membuat sale pisang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Pisang

Selain itu, mengetahui cara membuat sale pisang sama seperti memiliki keterampilan dalam menyajikan kudapan yang enak dan bergizi, mengingat pisang menjadi bahan bakunya.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara membuat sale pisang dengan berbagai varian, penting untuk mengetahui manfaat pisang bagi kesehatan.

Dilansir Liputan6.com dari laman resmi Kemernterian Kesehatan Republik Indonesia, Minggu (17/7/2022), setidaknya ada sejumlah manfaat dalam bisang yang bisa Anda sempurnakan dengan mengetahui cara membuat sale pisang. Berikut adalah sejumlah manfaat pisang, mulai dari mengatasi hipertensi sampai bagus untuk kecantikan.

1. Membantu Atasi Hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

3. Pisang Lancarkan Metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

5. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

6. Mengatasi Anemia

Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

7. Menurunkan Berat Badan

Untuk orang yang melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Di Jepang ada tren diet baru: minimal satu dan maksimal empat pisang untuk sarapan. Itu katanya mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu berolahraga.

8. Menyehatkan Tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

9. Pisang sebagai "Mood Food"

Apakah makanan bisa membuat orang merasa senang? Ya, jika bahan makanan itu termasuk "mood food," yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

10. Untuk Merawat Kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Demikian 10 manfaat yang bisa Anda peroleh dari buah pisang. Manfaat tersebut bisa semakin sempurna jika bisa diolah agar memiliki cita rasa yang lebih nikmat, salah satunya dengan membuatnya menjadi sale pisang.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Sale Pisang basah

 

Cara membuat sale pisang basah merupakan hal yang cara yang paling mudah. Sebab, cara ini tidak membutuhkan banyak bahan tambahan dan alat khusus. Jika ada hal yang sulit dalam cara membuat sale pisang basah, itu adalah proses pengeringannya. Sebab, dalam proses pengeringannya menggunakan bantuan sinar matahari. Namun jika tidak ada sinar matahari, Anda perlu menyediakan oven.

Bahan:

- 1 sisir pisang emas matang

- minyak secukupnya

Cara membuat sale pisang basah:

a. Kupas pisang bersih dan belah memanjang jadi dua.

b. Tata pisang di atas nampan, tutup dengan kain tipis atau tisu kain.

c. Jemur pisang di bawah terik matahari hingga kering dan pisang mengeluarkan karamel kecokelatan.

d. Jika tidak ada sinar matahari, bisa juga memprosesnya dengan oven.

e. Cukup oles loyang dengan carlo atau minyak tipis saja, tata pisang di loyang, beri jarak. Panggang pisang selama 25-30 menit dengan api sangat kecil.

f. Cek apakah sale pisang sudah matang, jika belum lanjutkan menambah beberapa menit lagi. Hati-hati terlalu lama sehingga menimbulkan rasa gosong.

g. Sale pisang siap dinikmati dan simpan di dalam wadah tertutup, di kulkas atau kedap udara sehingga tahan lama.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sale Pisang Crispy

Varian sale pisan yang kedua adalah sale pisang crispy. Tentu saja cara membuat sale pisang crispy berbeda dengan cara membuat sale pisang basah. Bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat sale pisang crispy juga lebih banyak daripada cara membuat sale pisang basah.

Meski demikian, sale pisang crispy memiliki cita rasa yang lebih kaya, yakni dengan sensasi rasa manis dan crispy yang dihasilkan oleh lapisan luarnya. 

Bahan:

- 1 sisir pisang raja yang sudah matang

Bahan pelapis:

- 300 ml air

- 10 sdm tepung terigu

- 7 sdm tepung beras

- 2 sdm tepung tapioka

- 1/2 sdt soda kue

- 1/4 sdt vanili bubuk

-  1 sdt gula pasir

Cara membuat sale pisang sale pisang crispy:

a. Kupas pisang dan belah jadi 3-4 bagian. Tebal tipisnya bisa sesuai selera ya.

b. Tata pisang di tampah, keringkan di bawah terik matahari hingga benar-benar kering dan warnanya menjadi cokelat karamel.

c. Campurkan semua bahan pelapis, pastikan adonannya tidak terlalu kental agar bisa krispi dan tidak terlalu tebal menutupi sale.

d. Celup sale ke dalam bahan pencelup.

e. Panaskan minyak secukupnya, goreng pisang hingga matang kering krispi. Angkat dan tiriskan.

f. Sajikan sale pisang krispi sebagai camilan atau suguhan tamu. Simpan di dalam toples agar tidak gampang melempem.

Demikian cara membuat sale pisang dengan dua varian, basah dan crispy. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini