Sukses

15 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru, Lengkap dengan Harga Tiket

rekomendasi tempat wisata di Salatiga terbaru yang bisa dikunjungi selama liburan lengkap dengan harga tiket masuknya

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Salatiga menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. kota yang terletak diantara Surakarta dan Semarang ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata dengan keindahan alam yang luar biasa hingga wisata kuliner, sejarah dan budaya yang bisa dijelajahi sepanjang hari.

Tempat wisata di Salatiga juga mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, akses transportasi yang lengkap membuat salatiga cocok untuk wisatawan yang ingin menjelajahi banyak objek wisata dalam satu hari perjalanan.

Harga tiket masuk tempat wisata di Salatiga juga terbilang sangat terjangkau untuk semua kalangan wisatawan. Tidak hanya tempat wisata, kuliner serta oleh-oleh juga sangat terjangkau untuk kantong sehingga cocok untuk untuk liburan bersama dengan keluarga besar.

Ukuran Kota Salatiga yang tidak terlalu besar membuat jarak antara tempat wisata di Salatiga yang satu dengan yang lain terbilang dekat. Wisatawan bisa memulai dengan wisata alam, dilanjut dengan wisata sejarah sambil menikmati kuliner di sepanjang jalan dan terakhir ditutup dengan wisata belanja.

Untuk mengetahui lebih lengkap tempat wisata di Salatiga untuk dikunjungi selama liburan, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (14/7/2022) rekomendasi daftar tempat wisata di Salatiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Salatiga dengan Tema Alam

1. Atlantic Dreamland

Tempat wisata di salatiga yang pertama wajib dikunjungi adalah Atlantic Dreamland. Terletak di Tingkir Highway, wisata ini menyajikan berbagai macam wahana permainan yang menarik seperti yang ada di Dunia Fantasi Ancol. Wisatawan juga dapat berfoto di spot-spot foto yang telah disediakan oleh pengelola. Tiket masuknya pun terbilang murah yaitu Rp.7.000 dan sekitar Rp.15.000 untuk naik salah satu wahana. Atau pengunjung bisa membeli tiket terusan sebesar Rp.77.000/orang.

 

2. Taman Arrowhead

Tempat wisata di Salatiga berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Arrowhead. Disini pengunjung akan merasakan berbagai aktivitas outbound dengan dikelilingi alam yang menakjubkan, terdapat arena pacuan kuda dimana pengunjung juga bisa berkuda di objek wisata ini. Terletak di desa Tegalwaton, Tingkir, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang saja.

 

3. Danau Pening

Tempat wisata di Salatiga dengan nuansa alam yang wajib dikunjungi adalah Danau Pening. Terkenal dengan legenda Baruklintingnya, danau pening merupakan danau indah yang dikelilingi pegunungan. Saat ini telah tersedia juga berbagai wahana air yang bisa dicoba oleh pengunjung seperti swan boat, becak mini, inflatable boat, ATV dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke area danau pening, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang.

 

4. Bukit Cinta

Tempat wisata di Salatiga selanjutnya adalah Bukit Cinta. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan rawa pening yang indah dan menenangkan, selain itu pengunjung juga bisa berfoto di spot foto menarik yang disediakan pengelola. Terletak di Kebondowo, Banyubiru, Ambarawa. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.7.500/orang.

 

5. Mata Air Senjaya

Keindahan tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi wisatawan berikutnya adalah mata Air Sanjaya. Mata air ini terkenal dengan 7 sumber airnya yaitu Umbul Senjaya, Tuk Sewu, Sendang Lanang, Sendang Putri, Sendang Bandung, Sendang Teguh, and Sendang Slamet.

Sebagai salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Salatiga, area mata air Sanjaya telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lengkap seperti taman bermain, arena outbond, toilet, mushola, akomodasi, dan area parkir yang luas. Untuk berkunjung wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Salatiga dengan Tema Sejarah

6. Museum Kereta Api Ambarawa

Tidak Cuma alamnya, tempat wisata di Salatiga juga menyimpan sejarah panjang. Salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa, disini pengunjung dapat menaiki kereta api uap yang berusia 100 tahun dan belajar banyak tentang sejarah kereta yang ada di Indonesia. Untuk mendapat pengalaman langka menaiki kereta bersejarah ini, pengunjung cukup membayar Rp.50.000/orang.

 

7. Benteng Hock

Tempat wisata di Salatiga dengan tema sejarah berikutnya adalah Benteng Hock. Dibangun pada tahun 1834, bangunan benteng hock masih berdiri dengan gagah dan anggun. Setelah banyak dilakukan renovasi sekarang Benteng Hock telah memiliki fasilitas lengkap seperti gazebo, kafe dan spot foto yang bisa digunakan pengunjung. Enaknya lagi benteng hock dapat dikunjungi tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

 

8. Palagan Ambarawa

Tempat wisata di Salatiga yang tidak kalah bersejarah adalah Palagan Ambarawa yang merupakan Kawasan bersejarah tempat terjadinya perang antara Indonesia dan sekutu. Untuk memperingatinya dibangunlah Palagan Ambarawa. Disini pengunjung juga bisa melihat banyak benda bersejarah seperti mustang Belanda, Meriam, senjata truk dan masih banyak lagi peninggalan perang. Untuk masuk pengunjung cukup membayar Rp.5.000/orang.

 

9. Taman Pancasila

Tempat wisata di Salatiga juga dibangun untuk memperingati pahlawan Indonesia yang berasal dari Salatiga yaitu Yos Soedarso, Adi Sucipto, dan Brigjen Sudiarto. Yaitu Pancasila Ground yang mana disini terdapat patung garuda pancasila sebagai ikonnya. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata dengan banyaknya pedagang yang memadati area dengan beragam makanan, souvenir atau wahana bermain seperti di pasar malam.

 

10. Klenteng Hok Tek Bio

Tempat wisata di Salatiga yang menjadi saksi sejarah masuknya ajaran agama Budha di kota Salatiga yang wajib dikunjungi adalah Kelenteng Hok Tek Bio yang terletak di Jl. Letjen Sukowati. Selain sejarahnya, klenteng Hok Tiek Bio juga terkenal dengan bangunan tempat penyembahan dewa bumi yang berbentuk bulat dan terbuat dari bambu yang tergantung di langit-langit. Terdapat legenda juga jika berbohong di Klenteng Hok Tek Bio maka akan menerima akibat yang buruk.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Salatiga Untuk Keluarga

11. Taman Kelinci

Tempat wisata di Salatiga yang cocok untuk liburan keluarga adalah taman kelinci. Terletak di Jalan Raya Muncul Salatiga-Ambarawa ini menyajikan berbagai fasilitas seperti wahana outbound untuk anak-anaak, remaja dan dewasa. Pengunjung juga akan bisa mendapat pengalaman memberi makan dan merawat koleksi kelinci yang ada di Taman kelinci. Biaya tiket masuk yang dikenakan pun terbilang murah yaitu Rp.15.000/orang.

 

12. Hidroponik Mama Farm

Tempat wisata di Salatiga untuk keluarga berikutnya adalah Hidroponik Mama Farm. Disini pengunjung dapat belajar dan mencoba langsung menanam tanaman hidroponik yang tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh. Pengunjung juga dapat membeli berbagai hasil panen dan berkeliling di area taman sambil berfoto. Untuk masuk pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang.

 

13. Saloka Park

Tempat wisata di Salatiga yang ramai dikunjungi keluarga maupun rombongan anak sekolah yang bisa dikunjungi adalah Saloka Park. Menyediakan banyak wahana bermain mulai dari yang mudah hingga ekstrim, objek wisata ini cocok untuk semua usia. Untuk masuk pengunjung cukup hanya membayar Rp.30.000 dan Rp.15.000 untuk wahana, atau bisa juga dengan tiket terusan sebesar Rp.120.000 untuk weekdays dan Rp.150.000 untuk Weekend.

 

14. Agrowisata Salib Putih

Tempat wisata di Salatiga selanjutnya adalah Agrowisata Salib Putih yang cocok untuk wisatawan yang ingin berkemah sambil dikelilingi dengan pemandangan alam yang memukau. Disini terdapat spot-spot indah seperti Gunung Sindoro, Pusat kota Salatiga hingga Danau Rawa Pening. Untuk dapat berkemah disini dengan fasilitas lengkap, pengunjung cukup membayar Rp.120.000/orang.

 

15. Taman Sari Shopping Center

Tempat wisata di Salatiga terakhir untuk menutup perjalanan adalah wisata belanja, tempat wisata belanja yang terkenal di Salatiga adalah adalah Taman Sari Shopping Center. Terletak di Jl, Jendral Sudirman, Kota Salatiga. Wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Salatiga, disini juga terdapat pedagang barang bekas dan antik untuk anda yang menyukai barang-barang antic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.