20 Tempat Wisata Ciwidey, Bisa Glamping Nikmati Indahnya Bandung

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 13 Jul 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 13 Jul 2022, 11:35 WIB
Kawah Putih Ciwidey, Pangalengan
Perbesar
Kawah Putih Ciwidey, Pangalengan. (Liputan6.com/IG/insansheny)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Ciwidey Bandung memang sudah lumayan dikenal banyak orang. Kecamatan yang menjadi bagian dari Kabupaten Bandung ini memiliki bentang alam indah yang terdiri atas hamparan perbukitan, perkebunan, bahkan peternakan yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain itu, udaranya yang sejuk membuat tempat wisata Ciwidey menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu setelah penat dengan hiruk pikuk kepadatan ibukota.

Selain hawanya yang sejuk, tempat wisata Ciwidey juga memiliki banyak daya tarik lain, seperti pemandangan yang indah serta segala potensi daerah ini terutama di sektor perkebunan.

Perlu diketahui bahwa potensi Ciwidey di sektor perkebunan meliputi stroberi, padi, sayuran, asparagus, dan jeruk dekopon, yang mana salah satu di antara juga menjadi tempat wisata Ciwidey yang menarik.

Selain perkebunan, Ciwidey juga memiliki potensi di bidang peternakan seperti peternakan sapi, ayam, dan kelinci, yang mana beberapa di antaranya juga telah menjadi tempat wisata Ciwidey.

Ada banyak tempat wisata Ciwidey yang bisa Anda pilih menyesuaikan gaya liburan. Ada wisata alam, tempat kemah, perkebunan, peternakan, dan pemandian air panas. Seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, Rabu (13/7/2022), berikut 20 tempat wisata Ciwidey yang menarik untuk berlibur bersama keluarga maupun sendirian.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tempat wisata alam Ciwidey

Salam Pagi
Perbesar
Objek wisata Situ Patenggang di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

1. Kawah Putih

Kawah putih merupakan tempat wisata Ciwidey yang sudah sangat terkenal, hingga rasanya kurang lengkap jika pergi ke Ciwidey Bandung tanpa mengunjungi pesona yang satu ini.

Kawah Putih memiliki daya tarik berupa pemandangan alam yang khas serta udara yang sangat sejuk. Berkunjung ke tempat ini akan menjadi saran healing yang menyenangkan, karena kesejukan udaranya.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar, cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu, di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

2. Sunan Ibu Sunrise Point

tempat wisata Ciwidey juga memiliki spot yang ideal untuk menikmati sinar matahari terbit. Tempat wisata Ciwidey itu tak lain adalah Suna Ibu Sunrise Point. Dari namanya saja sudah jelas jika tempat wisata Ciwidey ini merupakan lokasi terbaik di Ciwidey untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit atau sunrise.

Tempat wisata Ciwidey yang satu ini berlokasi di kawasan Kawah Putih. Jadi, sebelum menikmati indahnya Kawah Putih, ada baiknya berangkat lebih dulu di pagi buta untuk mengunjungi sunrise point.

3. Situ Patenggang

Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Nama tempat wisata Ciwidey yang satu ini masih terkait dengan legenda Situ Patenggang yang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Tempat wisata Ciwidey ini menawarkan suasana pegunungan dan perkebunan teh yang sejuk.

4. Glamping Lakeside

Mengunjungi Situ Patenggang rasanya ada yang kurang jika tidak mengunjungi Glamping Lakeside. Apalagi, tempat wisata Ciwidey ini berada satu kompleks dengan Situ Patengan.

Berada di sekitar ketinggian 1.600 mdpl, Glamping Lakeside memliki udara yang sangat sejuk. Karena itu, tempat wisata Ciwidey ini sangat cocok bagi Anda warga ibukota yang memerlukan tempat wisata yang tak jauh namuna tenang dengan suasana alam yang masih alami.


Tempat wisata Ciwidey untuk keluarga

FOTO: Gaya Liburan Dea Annisa Saat Pergi Berlibur, Tetap Stylish
Perbesar
Momen liburan wanita berdarah Palembang saat di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Mantan artis cilik ini tengah menikmati pemandangan alam yang indah. Tak lupa, ia berfoto dengan rusa sebagai hewan ikonik di wisata tersebut. (Liputan6.com/IG/deaaannisa)

5. Ranca Upas

Tempat wisata Ciwidey Bandung berikutnya adalah Ranca Upas. Ranca Upas merupakan bumi perkemahan dimana Anda bisa melakukan aktivitas camping. Selain itu, tempat wisata Ciwidey yang satu ini juga memiliki daya tarik berupa kawanan rusa yang bisa diajak bermain. Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini.

Tidak hanya itu, Ranca Upas juga memiliki sejumlah spot foto alam terbuka yang bisa mempercantik feed Instagram Anda. Tidak sedikit juga yang membuka tenda dan melakukan kegiatan camping karena udaranya yang sejuk.

6. Southland Camp

Southland Camp adalah bumi perkemahan untuk anak-anak dan dewasa. Di tempat wisata Ciwidey ini, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan alam berupa pepohonan pinus yang dilengkapi dengan suara alam yang khas. Selain itu, di Southland Camp, ada akan mendapati banyak spot foto di kawasan ini.

Selain tempat camping dan spot foto, Southland Camp juga memiliki sajian kuliner yang menggugah selera. Itulah kenapa, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga.

7. Bukit Jamur

Tempat wisata Ciwidey dengan spot yang unik berikutnya adalah Bukit Jamur. Tempat ini juga menjadi destinasi favorit anak muda karena menawarkan pemandangan yang sangat unik. Namun perlu diketahui, Bukit Jamur ini hanyalah sebuah nama. Jadi mungkin tidak seperti yang Anda bayangkan.

Yang jelas, Bukit Jamur bukan kebun jamur atau tempat budidaya jamur untuk konsumsi. Bukit Jamur merupakan kawasan wisata yang dipenuhi dengan banyak pohon cemara pendek dan bentuknya bulat menyerupai jamur. Berkat pohon-pohon ini, Bukit Jamur memiliki pemandangan yang unik dan mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat lain.8. Taman Kelinci Ciwidey

Bingung mau menentukan tempat liburan bersama keluarga? Taman Kelinci Ciwidey bisa jadi pilihan tepat. Anda dan pasangan bisa membawa anak-anak bermain tempat wisata Ciwidey ini sembari memberi makan kelinci yang imut. Kegiatan ini dijamin akan membuat si kecil merasa senang.

Apalagi di Taman Kelinci Ciwidey, semua pengunjung diperkenankan untuk berinteraksi dengan kelinci dan boleh memberi makan wortel juga. Selain kelinci, juga ada burung hantu, kuda, dan kambing di tempat wisata Ciwidey ini.

8. Kawah Rengganis

Selain Kawah Putih, tempat wisata Ciwidey juga memiliki kawah lainnya, yang tak lain adalah Kawah Rengganis. Kawah Rengganis tidak kalah indah dan populer dibandingkan dengan Kawah Putih.

Di sini, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, dan juga akan kesegaran dari alam yang asri di Kawah Rengganis ini. Selain menawarkan pemandangan yang cantik, Kawah Rengganis juga terdapat sumber air panas yang mengandung belerang, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

9. Driam Riverside

Salah satu tempat wisata Ciwidey yang tak kalah terkenal adalah Driam Riverside. Seperti tempat wisata Ciwidey lainnya, Driam Riverside juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejuk.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang luas dan berbagai aktivitas yang menantang, seperti arung jeram. Anda juga bisa bermain paintball di D'riam Riverside ini. Bagi Anda yang ingin mempercantik feed Instagram, Driam Riverside juga memiliki sejumlah spot foto yang sangat menarik.

10. Kebun Strawberry

Tidak seperti Bukit Jamur yang hanya sekadar nama, Kebun Strawberry memang kebun strawberry. Tempat wisata Ciwidey ini berada di Jalan Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung. Di Kebun Strawberry, pengunjung bisa membawa serta keluarga untuk memetik buah strawberry sendiri. Ada pula area kolam renang air panas, kafe, sampai restoran.

Untuk bisa masuk ke Kebun Strawberry, Anda tidak akan dikenakan biaya. Akan tetapi, jika ingin memetik buahnya harus merogoh kocek Rp35 ribu sampai Rp50 ribu per kilogram strawberry.

11. Happy Farm

Happy Farm merupakan tempat wisata Ciwidey yang mengusung konsep perkebunan dan peternakan. Happy Farm hanya buka pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, mulai pukul 8.00 pagi sampai pukul 8.00 malam. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata Ciwidey ini harus membeli tiket seharga Rp20 ribu saja. Di Happy Farm anak-anak bisa menjelajah aneka fasilitas seperti interaksi dengan hewan-hewan, candy house, bermain kuda, atau santai di taman bunga.

12. Taman Kelinci Ciwidey

Bingung mau menentukan tempat liburan bersama keluarga? Taman Kelinci Ciwidey bisa jadi pilihan tepat. Anda dan pasangan bisa membawa anak-anak bermain tempat wisata Ciwidey ini sembari memberi makan kelinci yang imut. Kegiatan ini dijamin akan membuat si kecil merasa senang. Apalagi di Taman Kelinci Ciwidey, semua pengunjung diperkenankan untuk berinteraksi dengan kelinci dan boleh memberi makan wortel juga. Selain kelinci, juga ada burung hantu, kuda, dan kambing di tempat wisata Ciwidey ini.


Kebun teh sampai kebun tanaman obat Kanker

Rumah Bosscha, Tempat Peristirahatan Raja Teh Priangan yang Jadi Destinasi Wisata Sejarah
Perbesar
Potret pemandangan perkebunan teh Malabar di area Bosscha Heritage. (Dok. Instagram @wisataagro8/https://www.instagram.com/p/CZ_C1FUpsAS/?utm_medium=copy_link/Natalia Adinda)

13. Perkebunan Teh Rancabali

Tempat wisata Ciwidey memang terkenal dengan perkebunan tehnya yang sejuk dan menenangkan. Salah satu kebun teh yang bisa Anda kunjungi adalah Perkebunan Teh Rancabali.

Seperti tempat wisata Ciwidey lainnya, di Perkebunan Teh Rancabali Anda akan menemukan berbagai spot instagramable. Kamu tidak akan kehabisan spot foto yang menarik di perkebunan teh yang sangat luas ini.

14. Perkebunan Teh Gambung

Kebun teh lain yang bisa Anda kunjungi adalah Perkebunan Teh Gambung. Selain pemandangan perkebunan teh yang luas dan indah, fokus utama tempat wisata Ciwidey ini adalah wisata edukasi soal perkebunan teh.

Tempat wisata Ciwidey yang satu ini sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak yang ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan teh secara langsung, simulasi jual beli, memetik daun teh, dan masih banyak lagi kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di sini.

15. Perkebunan Teh Malabar

Kebun teh selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Perkebunan Teh Malabar. Tempat wisata Ciwidey yang satu ini berlokasi di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Di Perkebunan Teh Malabar, pengunjung bisa mengikuti tea walk. Di tea walk, pengunjung akan memperoleh informasi mengenai kisah Bosscha saat mengelola Perkebunan Teh Malabar.

16. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Anda tertarik dengan dunia kesehatan dan pengobatan herbal? Mungkin tempat wisata Ciwidey yang satu ini akan menarik perhatian Anda. Apalagi kalau bukan Kebun Tanaman Obat Sari Alam. Kebun Tanaman Obat Sari Alam ini berlokasi di jalan Raya Ciwidey, Cuka Ganteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Kebun Tanaman Obat Sari Alam dibangun atas kesadaran pribadi pemiliknya yaitu Ibu Qodariah yang pernah terserang penyakit kanker serviks. Ibu Qodariah Harus menjalani terapi dan mengonsumsi obat selama 10 tahun.

Akhirnya pada tahun 1993, datanglah saudaranya yang membawa tanaman Bawang Dayak, yang kemudian ia manfaatkan untuk pengobatan hingga kondisinya membaik. Sejak saat itu kesadaran akan pentingnya berbagai tanaman obat khas nusantara muncul di benak Ibu Qodariah. Lalu ia ingin berbagi manfaat tanaman obat pada masyarakat, sekaligus membuka tempat pengobatan alternatif dengan tanaman herbal, maka berdirilah KTO Sari Alam.

Daya tarik wisata dari KTO Sari Alam di Ciwidey ini adalah tempat ini banyak dikunjungi oleh banyak praktisi yang mau belajar atau memperdalam fungsi dan khasiat tanaman herbal. Selain itu, bagi Anda yang mempunyai penyakit kanker atau penyakit kronis lainnya bisa mengunjungi Kebun Tanaman Obat Sari Alam.


Pemandian air panas

Pemandian Air Panas Ciwalini
Perbesar
Pemandian Air Panas Ciwalini (sumber: intagram.com/erisurtiningsih)

17. Pemandian Air Panas Ciwalini

Tempat wisata Ciwidey juga dikenal dengan banyaknya sumber mata air panas yang sangat terkenal, salah satunya adalah pemandian air panas Ciwalini. Pemandian air panas ini lebih sering disebut oleh masyarakat sekitar Rancawalini. Rancawalini menyediakan kolam renang air panas yang dikelilingi oleh pemandangan pegunungan di sekitarnya.

Rancawalini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Selain pemandian air panas, tempat wisata Ciwidey ini juga ada penginapan, kebun tanaman obat, hingga taman kelinci.

18. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian air panas lainnya adalah Pemandian Air Panas Cimanggu. Tempat wisata Ciwidey ini berlokasi di jalan Raya Ciwidey–Patenggang, KM 13, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Mandi di pemandian air panas Cimanggu diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit, dan baik untuk relaksasi tubuh.

19. Kawah Rengganis Cibuni

Kawah Rengganis Cibuni juga punya pemandangan yang masih alami dan segar. Tempat wisata Ciwidey ini juga memiliki beberapa geyser kecil yang menyemburkan uap panas. Geyser inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat sauna alami bersama sumber mata air panas alami yang ada di Kawah Rengganis.

Selama berendam di sini, Anda akan dimanjakan dengan panorama sekitar yang masih alami. Yang unik dari wisata Ciwidey ini adalah, kolam pemandian air panasnya berada di dalam galian tanah.

20. Ciwidey Valley

Pemandian air panas yang satu ini merupakan bagian dari Ciwidey Valley & Resort. Di wisata Ciwidey ini, pengunjung bisa berenang ataupun berendam di kolam air panas yang mengandung belerang, yang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Demikian rekomendasi 20 tempat wisata ciwidey yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya liburan Anda, entah itu bersama keluarga, teman, atau backpacker sendirian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya