Sukses

Tujuan Bank Sentral, Cara Kerja Serta Regulasinya yang Perlu Diketahui

Tujuan bank sentral serta cara kerjanya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan bank sentral sangat berperan penting dalam menjaga stabilitas harga atau nilai mata uang di sebuah negara. Bank sentral adalah instansi yang memiliki tanggung jawab atas kebijakan moneter di suatu wilayah negara. Bank Sentral juga memiliki fungsi penting dalam menjaga tingkat inflasi agar terkendali.

Tujuan bank sentral yang dilansir dari The Balance, selain menstabilkan mata uang negara, menjaga pengangguran tetap rendah, dan mencegah inflasi. Bank sentral juga adalah badan otoritas nasional yang bersifat  independen. Bank sentral melakukan kebijakan moneter, mengatur bank, juga menyediakan layanan keuangan, termasuk penelitian ekonomi. 

Lantas seperti apa tujuan bank sentral didirikan serta tugas dan tanggung jawabnya? Berikut ini tujuan bank sentral yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Bank Sentral dan Cara Kerjanya

1. Pengertian Bank Sentral 

Bank sentral merupakan salah satu instansi yang memiliki tanggung jawab atas kebijakan moneter di suatu wilayah negara. Dilansir dari The Balance sebagian besar bank sentral diatur oleh dewan yang terdiri dari bank-bank anggotanya. Kepala pejabat terpilih negara itu menunjuk para direktur. Badan legislatif nasional menyetujuinya. Hal ini membuat bank sentral selaras dengan tujuan kebijakan jangka panjang negara. Pada saat yang sama, bank sentral bebas dari pengaruh politik dalam operasinya sehari-hari. Meskipun bank sentral dapat didirikan oleh badan pengatur, bank sentral juga otoritas yang independen. Bank sentral juga mengatur nilai tukar sebagai cara untuk mengendalikan inflasi. Mereka membeli dan menjual mata uang asing dalam jumlah besar untuk mempengaruhi penawaran dan permintaan.

2. Cara Kerja Bank Sentral 

Bank sentral menjalankan kebijakan moneter suatu negara. Bank sentral memengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan mengendalikan likuiditas dalam sistem keuangan. Bank sentral memiliki tiga alat kebijakan moneter untuk mencapai tujuan ini, di antaranya adalah:

- Pertama, menetapkan persyaratan cadangan, ini adalah jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank anggota setiap malam. Bank sentral menggunakannya untuk mengontrol seberapa banyak bank dapat meminjamkan.

- Kedua, bank sentral menggunakan sistem operasi pasar terbuka untuk membeli dan menjual sekuritas dari bank anggota. Hal ni mengubah jumlah uang tunai yang ada tanpa mengubah persyaratan cadangan. Mereka menggunakan alat ini selama krisis keuangan  pada tahun 2008. Bank juga membeli obligasi pemerintah dan sekuritas berbasis hipotek untuk menstabilkan sistem perbankan.

- Ketiga, bank sentral juga menetapkan target suku bunga yang ditetapkan kepada bank-bank anggotanya. Hal itu memandu suku bunga untuk pinjaman, hipotek, dan obligasi. Bank sentral juga menaikkan suku bunga memperlambat pertumbuhan, mencegah inflasi. Itu dikenal sebagai kebijakan moneter kontraktif. Dapat menurunkan tingkat merangsang pertumbuhan, serta mencegah atau memperpendek resesi. 

3 dari 4 halaman

Tujuan Bank Sentral

Berikut tujuan bank sentral:

1. Menstabilkan mata uang negara 

Ini biasanya dilakukan melalui operasi pasar terbuka, di mana utang pemerintah jangka pendek dipertukarkan dengan sektor swasta. Bank sentral akan sering membeli mata uang asing dan menjual mata uang lokal jika mata uang lokal terapresiasi ke tingkat yang membuat ekspor domestik lebih mahal ke negara asing. Oleh karena itu, bank sentral sengaja mengubah nilai tukar untuk menguntungkan ekonomi lokal.

2. Menjaga pengangguran tetap rendah

Suku bunga yang lebih rendah berarti bahwa biaya pinjaman lebih rendah. Ketika lebih mudah untuk meminjam uang, orang menghabiskan lebih banyak uang dan berinvestasi lebih banyak. Hal ini meningkatkan permintaan agregat dan PDB dan mengurangi pengangguran siklis.

3. Mencegah inflasi

Tujuan Bank sentral adalah untuk mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah. Adapun kestabilan nilai rupiah yang dimaksud ialah kestabilan nilai rupiah terhadap barang juga jasa yang tercermin dari perkembangan laju inflasi serta kestabilan mata uang negara lain. 

Bank Indonesia sebagai Bank sentral digunakan sebagai Instrumen untuk mencapai dan memelihara nilai rupiah tersebut. Karena peran dan kapasitasnya sebagai Bank Sentral, membuat  Bank Indonesia mengemban amanat untuk mencapai dan memelihara kestabilan rupiah. Bank Indonesia juga mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran. 

4 dari 4 halaman

Regulasi Bank Sentral

Bank sentral memiliki regulasi mengatur anggotanya, dan membutuhkan cadangan yang cukup untuk menutupi potensi kerugian pinjaman. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan stabilitas keuangan dan melindungi dana deposan. Pada tahun 2010, Undang-Undang Reformasi Dodd-Frank Wall Street memberikan lebih banyak otoritas pengaturan kepada The Fed, hal ini menciptakan Badan Perlindungan Keuangan Konsumen.

Bank sentral memberi regulator kekuatan untuk memecah bank-bank besar, sehingga mereka tidak menjadi "terlalu besar untuk gagal."

Hal Ini menghilangkan celah untuk dana lindung dan nilai dan broker hipotek. Peraturan Volcker melarang bank memiliki dana lindung nilai. Ini melarang mereka menggunakan uang investor untuk membeli derivatif berisiko untuk keuntungan mereka sendiri. Dodd-Frank juga membentuk Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan yang memiliki tanggung jawab memperingatkan risiko yang mempengaruhi seluruh industri keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.