Sukses

Gamon Adalah Bahasa Gaul, Pahami Penggunaannya di Sosial Media

Gamon adalah istilah yang berkaitan dengan hubungan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Gamon adalah bahasa gaul yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anak muda zaman sekarang. Istilah ini kerap kali diucapkan pada saat nongkrong ataupun digunakan di media sosial oleh anak muda.

Gamon adalah istilah yang berkaitan dengan hubungan seseorang. Hal ini merujuk pada seseorang yang tidak dapat melupakan hubungan masa lalunya tersebut. Gamon adalah kata-kata yang sering digunakan karena banyak hubungan anak muda yang kandas di tengah jalan.

Selain gamon, masih banyak istilah bahasa gaul lainnya yang perlu kamu pahami. Tentunya kamu tidak ingin ketinggalan dan bingung sendiri saat teman-temanmu menggunakan kosa kata bahasa gaul ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022) tentang gamon adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gamon adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gamon adalah istilah yang berkaitan dengan hubungan seseorang. Gamon adalah istilah yang merujuk pada seseorang yang tidak dapat melupakan hubungan masa lalunya tersebut. Gamon adalah kata-kata yang sering digunakan karena banyak hubungan anak muda yang kandas di tengah jalan.

Gamon adalah istilah yang sering kali muncul di media sosial. Istilah ini tentunya sangat dikenal oleh anak muda yang aktif menggunakan media sosial. Gamon adalah istilah yang sering kali dipakai sebagai bahan candaan atau ledekan untuk seseorang yang kisah cintanya berakhir dan tidak dapat melupakan masa-masa tersebut.

Gamon adalah akronim dari gagal move on. Gamon adalah istilah yang disematkan kepada seseorang yang tidak dapat melupakan mantan kekasihnya atau tidak dapat melupakan masa lalunya.

Seseorang yang gamon adalah orang-orang yang biasanya tiba-tiba masih sering bercerita tentang mantan, seperti tentang kenangan atau kebaikannya. Selain itu, orang yang gamon juga mudah teringat dengan segala hal tentang mantan, seperti makanan favorit, lagu kesukaan, dan sebagainya. Bahkan, gamon ini juga bisa dikenal dengan orang yang masih menyimpan barang-barang pemberian mantan, enggan memulai hubungan baru dengan orang lain, dan masih sering kepo, cari tahu atau stalking kehidupan mantan.

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Gamon adalah gagal move on, berikut beberapa bahasa gaul lainnya tentang hubungan percintaan:

- Prenjon. Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

- Baper. Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul baper merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain.

- Bucin. Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

- Gercep. Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

- Halu. Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

- Ghosting. Ghosting artinya adalah ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

- Bestie. Bestie berasal dari bahasa Inggris best friend yang artinya teman dekat. Bahasa gaul ini juga sering digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

- Nolep. Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

- Komuk. Komuk merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.

- Kicep. Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

4 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Lainnya

Selain gamon adalah gagal move on, berikut beberapa istilah bahasa gaul lainnya:

- Mantul. Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

- Gaje. Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

- Mager. Mager adalah singkatan gaul dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

- Gabut. Arti gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapi untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

- Japri. Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi. Biasanya kata japri digunakan seseorang saat saling berkirim pesan secara pribadi, SMS, WhatsApp dan pesan obrolan di media sosial lainnya.

- Kepo. Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

- Pansos. Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

- Ngab. Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

- Sabi. Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

- Julid. Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.