16 Wisata Sleman yang Wajib Dikunjungi saat Liburan di Yogyakarta

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 11 Jul 2022, 15:20 WIB
Diperbarui 11 Jul 2022, 16:23 WIB
Potensi Luar Biasa dari Desa BRILian Sambirejo Sleman
Perbesar
Foto: Wisata Alam Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta adalah satu di antara puluhan kota yang memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, alam hingga tempat wisata yang sarat akan edukasi. Sebagai bagian dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata Sleman adalah salah satu tempat yang menyuguhkan wisata dengan panorama alam yang indah. Keindahan yang ada di sini membuat banyak sekali para wisatawan yang ingin berkunjung, mulai dari lokal hingga mancanegara. 

Meskipun wisata Sleman ini kebanyakan memiliki nama ‘Merapi’, akan tetapi sajian wahana juga arsitekturnya berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Berbagai spot yang tersedia, membuat siapapun yang berkunjung akan betah berlama - lama menikmatinya. 

Jarak tempuh yang cukup jauh dari kota Jogja, tidak membuat wisata sleman ini menjadi tak terjamah oleh pengunjung, justru hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Setelah sampai di lokasi, akan terbayarkan dengan berbagai sajian wahana yang ada di tempat wisata ini. 

 Berikut ini rangkuman wisata Sleman yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Senin (11/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

The Lost World Castle, Destinasi Unik di Jogja yang Hits
Perbesar
Meski belum selesai dibangun, bangunan yang menyerupai Benteng Takeshi ini telah ramai dikunjungi wisatawan.

1. Agrowisata Bhumi Merapi 

Tempat wisata sleman ini didirikan pada tahun 2015, dengan lahan bangunan 5,2 hektar. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan dengan konsep peternakan, perkebunan, juga pertanian. Pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini, selain disuguhkan dengan suasana yang sejuk, pemandangan yang indah, juga mendapatkan banyak ilmu tentang cara bercocok tanam. 

Wisata Sleman bhumi merapi ini mampu membuat pengunjung betah, karena fasilitas yang tersedia juga lengkap, mulai dari mobil jeep, area camping, restoran, dan masih banyak fasilitas lainnya. Seperti pada tempat wisata yang lainnya, Agrowisata Bhumi Merapi membebankan tarif untuk pengunjung sebesar Rp30.000/ orang, dan pengunjung bisa menikmati semua wahana yang tersedia di sini. 

Tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik, sehingga pengunjung bisa mengabadikan momen indah saat berada di sini. 

2. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum mini sisa hartaku adalah salah satu wisata sleman yang memiliki catatan sejarah meletusnya gunung merapi. Di Tempat wisata ini pengunjung akan disuguhkan dengan benda - benda mulai dari piring, meja, kursi serta benda lainya yang dilapisi dengan debu. Ada juga jam dinding yang menjadi bukti waktu meletusnya gunung merapi, dimana menewaskan sang guru kunci gunung merapi. Ada juga bukti foto beberapa masyarakat yang tidak mau dievakuasi dan ingin menemani Mbah Maridjan. 

Untuk masuk ke tempat wisata ini, tidak dibebankan biaya masuk dan siapapun bisa berkunjung untuk melihat sisa peninggalan letusan gunung merapi. Tersedia pemandu yang akan memandu pengunjung. Tempat ini juga tersedia stand oleh - oleh juga tempat makan, sehingga pengunjung tidak akan kelaparan saat berada disini. 

3. The Lost World Castle

Wisata Sleman yang satu ini merupakan wisata buatan dan terletak di kawasan lereng gunung merapi. Tempat wisata ini dibangun menyerupai Benteng Takeshi dengan lahan seluas 1,2 hektar. Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto menarik, mulai dari kapal bajak laut, rumah pohon, permainan sembilan dimensi, permadani terbang,  gledekan dan masih banyak spot foto menarik lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

Harga masuk ke The lost world castle, cuman Rp 30.000 dan semua wahana bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada juga tempat makan yang tersedia, toko oleh-oleh yang tersedia di pintu keluar. Saat berada disini jangan lupa untuk mengabadikan momen sebanyak mungkin. 


Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

Candi Sambisari
Perbesar
Candi Sambisari (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

4. Candi Abang

Tempat wisata sleman yang satu ini berada pada puncak bukit di pinggir jalan desa. Untuk mengakses tempat wisata ini, memerlukan kendaraan roda empat dan menuju puncak bisa diakses dengan motor atau ditempuh dengan jalan kaki dikarenakan jalan yang sudah mulai rusak. Meski keutuhan candi sudah tidak sempurna, namun keindahan dan keunikannya tidak sirna. Candi ini berbentuk piramida dengan sumur di tengahnya. Candi yang dibangun sekitar abad ke-9 dan ke-10 ini merupakan tempat penyimpanan harta karun pada zaman dulu. Salah satu keunikan dari tempat ini, jika musim hujan akan berwarna hijau, dan jika musim kemarau akan berwarna merah. 

5. Candi Sambisari

Tempat wisata sleman ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di desa Sambisari, kemudian dipugar oleh Dinas Purbakala pada tahun 1986 yang kemudian diabadikan menjadi candi sambisari. Relief yang unik serta pemandangan yang indah membuat tempat ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan. 

6. Istana Ratu Boko

Istana ratu boko merupakan salah satu candi peninggalan Agama Budha. Tempat wisata ini menyajikan hamparan sawah yang sejuk dipandang mata. Untuk menikmati pemandangan, telah tersedia kursi dari pihak pengelola sehingga pengunjung bisa melihat keindahan dari ketinggian. Spot foto yang tersedia disini juga menarik, ditambah pesona matahari saat terbenam, membuat tempat ini menghasilkan spot foto landscape terbaik.  

7. Museum Gunung Merapi

Bagi kamu yang menyukai geologi, destinasi wisata yang satu ini cocok sekali untuk dikunjungi. Wisata Sleman yang satu ini menyuguhkan miniatur gunung merapi yang mengeluarkan asap. Tak hanya miniatur yang bisa kamu lihat, keindahan gunung merapi bisa kamu saksikan dari museum ini. 


Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

Taman Pelangi Yogyakarta
Perbesar
Punya rencana libur lebaran di Yogyakarta? Liburan ke Kota Pelajar yang satu ini memang merupakan salah satu pilihan yang tepat.

8. Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata ini sekarang menjadi tempat yang cukup kekinian. Menampilkan berbagai budaya pada masa para bangsawan dinasti mataram membuat museum ini memiliki daya tarik dan esensi tersendiri. Museum ini juga menyediakan berbagai koleksi batik yang bisa dilihat. 

9. Taman Kaliurang 

Tempat yang berada di kecamatan Pakem, Jl. Astomulyo ini menyediakan tempat untuk rekreasi keluarga, dengan hamparan tanaman yang hijau, membuat taman wisata yang berada di kaki gunung merapi selatan ini menjadi tempat yang cocok untuk liburan keluarga. Tersedia juga area piknik dan jalan santai bagi wisatawan yang berkunjung di sini. 

10. Taman Pelangi

Taman pelangi Yogyakarta merupakan area rekreasi untuk semua kalangan. Tersedia berbagai lampion berukuran kecil hingga besar, tersebar mengelilingi Monumen Jogja Kembali. Di tengah gelapnya malam,membuat lampu warna - warni yang menghiasi tempat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk berfoto. Untuk menikmati keindahan yang ada di tempat ini, cukup dengan Rp 15.000 saat weekday dan Rp 20.000 saat weekend. Tersedia juga berbagai wahana unik yang bisa dicoba mulai dari bianglala mini, tandem, speed boat, boom-boom car dan masih banyak lagi. 


Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

Studio Alam Gamplong di Yogyakarta
Perbesar
Latar Batavia Era Jajahan Belanda di Studio Alam Gamplong (dok. Instagram @gamplong_studio/ Brigitta)

11. Blue Lagoon

Tempat wisata sleman yang satu ini, adalah wisata air jogja yang cukup terkenal dan sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Cukup dengan Rp 10.000 juga uang parkir Rp. 5.000 Kamu sudah bisa menikmati keindahan yang sangat mahal. Tempat wisata ini juga menyediakan tempat penyewaan ban juga pelampung juga alat snorkeling yang tarifnya masih bisa dijangkau oleh pengunjung. Tersedia gazebo untuk tempat beristirahat serta warung makan untuk makan. Akses jalan menuju lokasi terbilang jauh, namun terbayar dengan wahana serta pemandangan yang tersedia di sana. 

12. Studio Alam Gamplong 

Studio Alam Gamplong adalah destinasi wisata yang cukup populer dikalangan masyarakat. Tempat yang awalnya digunakan sebagai lokasi syuting ini memiliki banyak replika, mulai dari replika benteng batavia, bangunan kampung pecinan, serta terdapat sebuah kereta kuda. Studio alam gamplong semakin dikembangkan sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi dengan berbagai spot foto menarik. 

13. Kali Kuning Park 

Destinasi wisata yang satu ini memiliki panorama yang tidak kalah indah serta sejuk. Menampilkan pegunungan, hutan pinus serta air terjun yang segara membuat tempat ini terlihat asri dan memikat mata. Saat berada di sini, kamu bisa mengabadikan momen indah dengan hamparan alam yang sejuk. Ini juga menjadi tempat yang cocok ketika melepas penat. 


Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi

museum Monjali
Perbesar
Monumen Jogja Kembali menjadi salah satu museum yang wajib dikunjungi wisatawan ketika datang ke Jogja. Berbagai peninggalan dan kisah perjuangan kemerdekaan terekam disini.

14. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah salah satu wisata edukasi yang wajib dikunjungi. Saat memasuki monumen ini disuguhkan dengan berbagai replika dan diorama yang menceritakan tentang perjuangan bangasa Indonesia. Tersedia 3 lantai dengan sajian yang berbeda. Lantai teratas merupakan tempat hening yang digunakan untuk mendoakan para pahlawan, lantai kedua merupakan ruangan yang berisi diorama tentang perjuangan merebut kembali kemerdekaan, dan lantai satu tersaji berbagai replika peninggalan zaman penjajahan. 

15. Merapi Park

Tempat wisata sleman yang satu ini sering juga disebut sebagai the world landmarks, karena terdapat beberapa miniatur kota-kota besar di dunia. Berbagai wahana tersedia disini mulai dari Brandenburg, Jerman, Menara Pissa, Kincir Angin Belanda, Big Ben London, Pagoda, Patung liberty Amerika dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat wisata ini, dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 30.000 dan anak yang berusia dibawah 2 tahun memiliki akses masuk secara gratis. 

16. Tebing Breksi

Wisata Sleman yang satu ini menawarkan pemandangan bebatuan yang dipahat secara artistik. Tempat yang awalnya digunakan sebagai penambangan batu alam, kini dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan bekas tebing kapur yang indah akibat bekas tambang. Tempat ini tersedia berbagai fasilitas juga spot foto menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya