15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 08 Jul 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2022, 10:00 WIB
15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
Ilustrasi minyak zaitun/credit: pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah tak perlu diragukan lagi. Bahan alami yang sudah digunakan sejak lama untuk perawatan kulit ini dipercaya dapat mengatasi masalah di kulit wajah.

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Minyak zaitun juga mengandung zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit.

Melihat berbagai kandungan nutrisi dalam minyak zaitun tersebut. Tidak heran jika manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah ini begitu diminati. Mulai dari mengahaluskan kulit wajah, menjadi remover make up, hingga menghilangkan bekas jerawat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
Ilustrasi menghapus riasan mata. (via; mugeek.net)

1. Melembapkan kulit wajah

Minyak zaitun dipercaya bisa melembapkan dan mengatasi kulit wajah yang kering dengan cara mengunci kelembapan di kulit. Minyak ini juga diduga dapat dijadikan pelembap untuk kulit yang terpapar sinar matahari.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan tersebut bisa didapatkan dengan mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis ke wajah. Jika minyak zaitun yang dioleskan terlalu tebal, lap dengan tisu agar tidak menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengurangi jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini bisa Anda rasakah apabila menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun.

3. Membersihkan atau remover make-up

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus sisa-sisa make-up di wajah. Banyak merek kosmetik yang membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak alami, salah satunya minyak zaitun.


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
ilustrasi penuaan dini/pexels

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan wajah, dan meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah.

5. Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang banyak tidak disukai. Tak hanya mengganggu penampilan, pori-pori yang besar juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Melalui pori-pori yang besar, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo.

Nah, untuk mengecilkannya, anda bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dengan mengoleskannya di area-area tertentu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

6. Bantu hilangkan komedo

Minyak zaitun adalah obat alami untuk komedo. Menggunakan minyak zaitun di wajah akan membuka sumbat pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat. Jadi manfaat minyak zaitun untuk kecantikan ini tidak boleh anda lewatkan.


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
Kutil di Wajah.

7. Mengencangkan kulit wajah

Antioksidan dalam minyak zaitun mampu mengencangkan kulit wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya. Jadi, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sebagai perawatan harian.

8. Menghilangkan kutil di wajah

Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal. Bila digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah makin sakit. Nah, untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah ini, anda bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

Anda bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dengan mengoleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

9. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Sebab mengandung vitamin E yang tinggi. Cara mengaplikasikannya cukup teratur mengoleskan minyak zaitun pada area bekas jerawat yang menghitam di kulit.


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
Ilustrasi kulit halus. Credits: pexels.com by Mikhail Nilov

10. Penangkal sinar matahari

Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit wajah.

11. Mengurangi radang kulit wajah

Melansir dari halaman Oregon State University, vitamin E digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit setelah terpapar sinar matahari. Peran vitamin E dari minyak zaitun digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit yang disebabkan peradangan.

12. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan berikutnya bisa menjadi penghalus kulit alami. Hasilnya akan lebih maksimal bila dicampur dengan buah pepaya, sebab enzim papain akan membantu meregenerasi kulit.

Selain itu terdapat vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah. Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun semakin mempercepat wajah jadi halus seketika. Langkahnya, haluskan buah pepaya dan campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 30 menit. Bilas menggunakan air hangat.


Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa Jadi Remover dan Haluskan Kulit
Perbesar
Ilustrasi bulu mata lentik.

13. Scrub untuk kulit bersisik dan kering

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan selanjutnya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Minyak zaitun akan melembabkan dan mengatasi kulit gatal meradang tipe kulit bersisik dan kering.

Sebaiknya menggunakan scrub wajah alami dengan racikan minyak zaitun dan garam laut. Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni bersama 5 sendok teh garam laut. Lalu, pijat lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lain yang kering. Campuran garam dan minyak akan membantu mengelupas kulit kering, serta meningkatkan kelembaban wajah Anda.

14. Menumbuhkan bulu mata

Minyak zaitun kaya akan asam lemak esensial yang bertindak sebagai emolien untuk menumbuhkan, melembabkan, dan melembutkan bulu mata Anda. Cara termudah untuk mengoleskan minyak zaitun adalah dengan menggunakan sikat bulu mata yang sudah dibalur minyak lalu sapukan ke bulu mata Anda.

15. Mempertebal alis

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan lainnya adalah dapat menebalkan, melembutkan, melembabkan, memperbaiki, dan melindungi alis. Vitamin A dan E yang terkandung pada minyak zaitun dapat membantu rambut alis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih tebal serta membantu membuatnya tetap gelap. Untuk menggunakan minyak zaitun, oleskan minyak pada alis dan pijat lembut selama 5 menit sebelum tidur.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya