19 Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan, Tidak Cuma untuk Wajah

Oleh Woro Anjar Verianty pada 07 Jul 2022, 19:50 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 19:50 WIB
Kolagen Wajah
Perbesar
Ilustrasi orang yang sedang merawat kulit untuk menjaga produksi kolagen. Credits: pexels.com by Mikhail Nilov

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kolagen yang banyak diketahui adalah untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit, namun kenyataannya kolagen juga sangat bermanfaat untuk Kesehatan bagian tubuh lainnya seperti untuk membantu pertumbuhan tulang, kornea, gigi dan banyak lagi. Selain itu kolagen juga terkenal dapat mengatasi penuaan dini dan mencegah penyakit kronis lainnya.

Kolagen merupakan protein yang sangat penting dalam membangun dan mendukung jaringan yang ada dalam tubuh. Sayangnya produksi kolagen akan ikut berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Untuk mengatasinya perlu adanya suplemen kolagen agar tubuh tetap mendapatkan manfaat kolagen secara optimal.

Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen kolagen menjadi sangat populer terutama yang dikemas dalam bentuk bubuk minuman maupun dalam kapsul. Tidak hanya dari suplemen manfaat kolagen juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan-makanan yang mengandung asupan kolagen seperti kulit babi dan kaldu tulang.

Kolagen juga bisa didapatkan dengan konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, brokoli dan paprika. Hal ini karena vitamin yang terkandung dalam makanan dapat membantu produksi dan sintesis alami kolagen dalam tubuh, sehingga tubuh dapat tetap menikmati manfaat kolagen.

Berikut ini merupakan daftar manfaat kolagen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022) yang mana tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit namun juga sangat bermanfaat untuk tubuh mulai dari pembentukan tulang sehingga mencegah penyakit kronis.


Manfaat Kolagen untuk Kesehatan

kolagen/mlg
Perbesar
Manfaat dan Efektivitas Suplemen Kolagen/copyright shutterstock

1. Meningkatkan Kesehatan kulit

Manfaat kolagen yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit dengan menjaga nya tetap lembab. Karena seiring dengan bertambah tuanya usia, tubuh juga akan memproduksi kolagen lebih sedikit dari yang diperlukan kulit dan membuat kulit menjadi kering.

Dalam 11 studi yang telah diuji, menunjukan bahwa memberikan suplemen kolagen dapat membantu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen sendiri dan juga meningkatkan produksi protein lain yang membantu struktur kulit untuk tetap sehat.

2. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat kolagen yang telah diteliti dan dibuktikan selanjutnya adalah kemampuannya membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tepatnya menjaga jaringan karet yang melindungi persendiaan. Apalagi mengingat dengan bertambahnya usia, risiko seseorang mengalami gangguan sendi degenerative seperti osteoarthritis turut meningkat.

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoarthritis dan mengurangi sendi secara keseluruhan. Kolagen yang dikonsumsi akan menumpuk di tulang rawan dan merancang jaringan untuk membuat kolagen sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya peradangan dan mengurangi rasa sakit di bagian sendi.

3. Mencegah Keropos Tulang

Manfaat kolagen pada tulang juga diketahui dapat mencegah kerapuhan tulang, karena sebagian besar jaringan tulang terbuat dari kolagen yang berfungsi untuk memberi struktur yang kuat dan saat kolagen dalam tubuh berkurang karena bertambahnya usia, hal itu juga turut terjadi pada massa tulang.

Oleh karena itu konsumsi kolagen sangat diperlukan untuk tetap menjaga kepadatan tulang agar memperkecil kemungkinan seseorang terkena osteoporosis dan resiko patah tulang.

4. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat kolagen tidak hanya pada tulang tapi juga pada otot, karena kolagen merupakan komponen penting dari pembentukan otot. Kolagen dipercaya dapat menambah massa otot bagi orang yang mengalami penyusutan otot karena usia atau penyakit.

Pendapat ini juga turut didukung oleh beberapa penelitian yang juga turut menyarankan konsumsi kolagen tambahan untuk dapat meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine, yang mana kolagen tambahan ini juga turut merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kolagen yang berikutnya adalah untuk membantu risiko Kesehatan jantung. Kolagen menyediakan struktur untuk arteri yang merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Kurangnya kolagen dalam tubuh dapat membuat arteri menjadi kurang fleksibel dan elastis dan dapat menyebabkan aterosklerosis dan penyakit-penyakit lain yang ditandai dengan penyempitan arteri seperti serangan jantung dan stroke.


Manfaat Kolagen untuk kecantikan

Kolagen untuk Kulit
Perbesar
Ilustrasi orang yang merawat kulit untuk meningkatkan jumlah kolagen. Credits: pexels.com by Sora Shimazaki

6. Meningkatkan Kekuatan Rambut

Kolagen juga dikenal dapat meningkatkan kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok dan dapat tumbuh lebih lama. Selain itu manfaat kolagen yang dikonsumsi melalui suplemen juga terbukti melindungi rambut dari uban, dimana kolagen mampu melindungi folikel rambut dari kerusakan karena kandungan asam amino yang terkandung di dalamnya.

7. Meningkatkan Kekuatan Kuku

Sama seperti tulang, kuku juga turut membutuhkan kolagen untuk meningkatkan kekuatan dan mencegah kuku mengalami kerapuhan. Manfaat kolagen ini kemudian membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Untuk meningkatkan kekuatan kuku, selain kolagen tambahan juga bisa dengan mengkonsumsi makanan bervitamin tinggi yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku.

8. Menjaga Kesehatan Usus

Memiliki kemampuan untuk membantu penyerapan air di dalam usus dan melindungi jaringan ikat usus membuat manfaat kolagen yang didapat dari konsumsi kolagen tambahan bisa juga untuk menjaga kesehatan usus.

Hal ini karena kolagen juga merupakan bagian jaringan ikat dalam usus besar dan saluran pencernaan, sehingga dengan konsumsi kolagen yang cukup juga akan membantu untuk menjaga kesehatan usus

9. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat kolagen juga untuk menjaga bagian terpenting dalam tubuh yaitu otak, dimana dalam beberapa peneliti yang ada menunjukan bahwa kolagen turut memberikan dampak positif terhadap pasien dengan skizofrenia dengan mengobati gejalanya terutama Depresi dan hilangnya kefasihan mental. Sedangkan untuk kondisi normal, konsumsi kolagen dapat bermanfaat untuk meningkatkan visual memori dan perhatian.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kolagen yang jarang diketahui adalah membantu membakar lemak dalam tubuh, hal ini karena kandungan glisin dana sam amino yang berfungsi untuk membakar lemak dan menguatkan otot tubuh. Dengan membantu membakar lemak dalam tubuh, maka kolagen juga turut membantu dalam menurunkan berat badan saat kita berolahraga agar proses diet bisa berjalan lebih cepat.


Manfaat Kolagen dalam Makanan yang Dikonsumsi

Vitamin C
Perbesar
Ilustrasi vitamin C yang bagus untuk produksi kolagen. Credits: pexels.com by Lisa Fotios

11. Sumber Protein Yang Mudah Dicerna

Manfaat kolagen yang juga masih jarang diketahui adalah sebagai sumber protein yang mudah dicerna oleh tubuh untuk memperlancar kerja tubuh dalam memecah protein sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

Tubuh memiliki fungsi untuk mencerna protein yang masuk melalui makanan seperti protein nabati dan hewani. Terlalu banyaknya protein yang masuk ke dalam tubuh kerap kali membuat seseorang mengalami kembung serta gejala pencernaan lainnya.

12. Menghaluskan Kerutan

Manfaat kolagen bagi kulit selain menjaga kelembaban juga dapat untuk menghaluskan kerutan yang muncul pada wajah, hal ini karena suplemen kolagen memiliki kemampuan untuk merangsang tubuh memproduksi lebih banyak kolagen yang baik untuk kulit.

13. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat kolagen untuk kulit yang mungkin sudah banyak diketahui adalahuntuk meningkatkan elastitas kulit. Dimana kolagen berfungsi memberi struktur pada kulit dan menjaga kelembapannya sehingga tetap sehat.

Kandungan kolagen dalam tubuh juga dapat merawat kekenyalan serta elastisitas kulit, melembabkan kulit secara alami, dan mengurangi risiko peregangan pada kulit. Sehingga anda juga dapat terhindar dari keriput sejak dini.

14. Mengontrol Gula Darah

Manfaat kolagen yang berhubungan dengan kandungan glisin berikutnya adalah untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Dimana dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa glisin dapat membantu mengontrol insulin dan gula darah,

Ditemukan juga bahwa tubuh yang memiliki kadar glisin yang tinggi dalam tubuh cenderung tidak mengalami obesitas atau memiliki resistensi insulin. Glisin juga membantu tubuh lebih efisien dengan melepaskan hormone khusus yang membantu mencerna glukosa dengan lebih mudah dan cepat.

15. Membantu Menjaga Tidur Yang Berkualitas

Kandungan glisin dalam kolagen turut memiliki manfaat bagi tubuh, dimana manfaat kolagen yang didapat dari kandungan glisin ini adalah dapat membantu menjaga tidur yang berkualitas.

Dalam sebuah penelitian menunjukan konsumsi tiga gram glisin yang diminum sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dengan cara menurunkan suhu tubuh inti dan menghambat aktivitas otot selama tidur.


Manfaat Kolagen dalam Suplemen Kolagen

Minuman Kolagen Ternyata Bisa Atasi Jerawat Membandel
Perbesar
Atasi jerawat membandel dengan minuman kolagen (Byoote)

16. Dapat Meningkatkan Mood

Manfaat kolagen yang membantu meningkatkan kualitas tidur turut menjadi alasan bagaimana kolagen dapat meningkatkan suasana hati atau mood dimana tidur yang cukup saat malam dan dapat beraktivitas dengan maksimal di pagi harinya.

Glisin juga diketahui meningkatkan kadar serotonin tanpa meningkatkan kadar dopamine yang baik untuk menjadi ritme dan menjaga mood tetap baik selama beraktivitas.

17. Melindungi Dari Asma

Manfaat kolagen yang dapat melindungi dari asma didapat karena kandungan Glutathione dalam kolagen yang sangat penting untuk menjaga fluiditas lendir dalam tubuh yang berfungsi melindungi sistem pernapasan dan melindungi tubuh dari penyakit asma atau penyakit paru-paru lainnya yang mungkin menyerang jika kadar glutathione dalam tubuh rendah.

18. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan kerusakan sel, membuat manfaat kolagen juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Hal ini karena kolagen memiliki kandungan glisin yang mana merupakan salah satu dari tiga asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat antioksidan utama yang terbukti meningkatkan glutathione dalam sel.

19. Menjaga Kesehatan Hati Dan Ginjal

Masih dengan kandungan glisin dalam kolagen, glisin juga membantu meminimalisir kerusakan yang dapat dialami hati dan ginjal saat menyaring zat asing, racun atau alkohol yang melebihi batas ambang. Hal ini membuat manfaat kolagen berikutnya yang bisa didapatkan dengan konsumsi kolagen tambahan adalah hati dan ginjal yang terjaga kesehatannya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya