Cara Membuat Yogurt Ala Rumahan, Begini Prosesnya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 07 Jul 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 20:10 WIB
Kalsium
Perbesar
Ilustrasi Yogurt Credit: unsplash.com/Sara

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat yogurt cukup sederhana. Ada banyak cara membuat yogurt yang bisa dicoba. Cara membuat yogurt ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Yogurt termasuk makanan fermentasi yang menyehatkan. Yogurt mengandung protein, lemak, vitamin, dan prebiotik yang baik untuk tubuh. Yogurt bisa mendukung pencernaan yang sehat.

Cara membuat yogurt sendiri bisa menghemat pengeluaran. Cara membuat yogurt bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan. Proses pembuatan yogurt dilakukan dengan memanaskan susu, mendinginkannya, menambahkan starter, inkubasi, dan pendinginan yogurt.

Sebenarnya, ada dua cara membuat yogurt. Pertama, secara tradisional menggunakan pemanasan dan pendinginan. Kedua menggunakan alat khusus pembuat yogurt. Berikut dua cara membuat yogurt sendiri di rumah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022).


Proses pembuatan yogurt

Yogurt dan santan
Perbesar
Ilustrasi Yogurt Credit: pexels.com/Anna

Melansir MasterClass, cara membuat yogurt diawali dengan memanaskan susu dan mengombinasikannya dengan kultur yogurt pemula, paling sering sesendok yogurt yang sudah dibuat. Campuran susu disimpan pada suhu hangat setidaknya selama delapan jam, membiarkan kultur tersebut berkembang, menghasilkan yogurt yang lembut.

Inkubasi adalah proses penting dalam cara membuat yogurt. Inkubasi adalah tahap ketika yogurt benar-benar dihidupkan. Kombinasi susu dan kultur harus tetap mendekati 46 derajat celcius sehingga memerlukan tempat yang terisolasi untuk menyimpannya setidaknya selama delapan hingga sepuluh jam.

 


Cara membuat yogurt ala rumahan

Yogurt
Perbesar
Ilustrasi Yogurt Credit: pexels.com/Junki

Melansir MasterClass, berikut cara membuat yogurt rumahan:

Pilih susu

Cara membuat yogurt yang pertama adalah memilih susu yang ingin digunakan: susu skim, susu rendah lemak, atau susu murni. Kamu bahkan dapat menggunakan susu kambing jika lebih suka rasanya. Semakin tinggi lemak susu, semakin kental dan kaya yogurt. Kamu juga dapat memilih antara susu mentah atau dipasteurisasi.

Panaskan susu

Panaskan susu hingga suhu 82 derajat celcius. Jadi siapkan termometer memasak atau permen digital untuk memantau suhunya. Nyalakan kompor dengan api sedang. Tuang susu ke dalam panci, aduk untuk memanaskan susu secara merata. Angkat dari api saat susu mencapai suhu 82 derajat celcius.

Dinginkan suhu

Tuang susu ke dalam stoples kaca, seperti stoples dengan penutup. Biarkan susu dingin hingga 46 derajat celcius. Kamu dapat membiarkannya pada suhu kamar atau dapat mempercepat proses pendinginan dengan penangas air.

Cukup isi bak besar, atau wastafel, dengan air dingin dan taruh stoples di dalamnya. Jika telah memanaskan susu dalam wadah yang tahan terhadap peralihan dari panas ke dingin tanpa retak, seperti oven Belanda, kamu dapat menggunakan air es. Pantau susu dengan termometer.

Tambahkan starter

Saat susu mendingin hingga hingga 46 derajat celcius, saatnya menambahkan starter yogurt. Kultur ini adalah kumpulan awal kultur hidup yang akan mekar dan tumbuh di dalam susu. Starter yogurt bisa berbentuk bubuk atau yogurt dengan kultur hidup. Cukup tambahkan sesendok yogurt buatan sendiri atau yang dibeli di toko sebelumnya. Masukkan sesendok besar yogurt ke setiap toples sampai benar-benar tercampur dengan susu.


Cara membuat yogurt ala rumahan: Inkubasi

Yogurt drink
Perbesar
Ilustrasi yogurt drink. (Foto: pixabay.com)

Ada beberapa pilihan proses inkubasi dalam cara membuat yogurt. Berikut pilihan cara menginkubasi yogurt:

Oven

Tutup stoples kaca dan masukkan ke dalam oven. Nyalakan lampu oven, tanpa menyalakan panasnya. Kamu bisa menggunakan handuk dapur untuk membungkus wadah untuk isolasi ekstra. Hindari membuka pintu oven. Gunakan termometer dengan probe di salah satu stoples dan layar jarak jauh yang tetap berada di luar oven untuk memudahkan pemeriksaan suhu.

Alat pembuat Yogurt

Jika lebih suka pendekatan yang lebih praktis, cobalah pembuat yogurt. Alat pembuat yogurt sudah dilengkapi alat yang lengkap seperti wadah yogurt dan inkubator. Beberapa model akan memberi tahumu saat susu telah mencapai suhu yang tepat dan saat yogurt sudah siap.

Slow cooker

Slow cooker juga bisa digunakan untuk menginkubasi yogurt. Panaskan susu dengan api kecil di slow cooker selama dua jam. Ketika mencapai suhu 82 derajat celcius, matikan mesin dan biarkan susu tertutup, sampai suhu turun menjadi 43 derajat celcius sekitar tiga jam. Kocok starter ke dalam susu dan biarkan di dalam crockpot tertutup selama sepuluh jam. Bagi ke dalam stoples kaca dan dinginkan.

Pendingin

Pendingin sederhana bisa menjadi inkubator yang hebat. Tempatkan botol susu berkultur ke dalam pendingin baik dengan air hangat (ganti air setiap beberapa jam jika lebih dingin) atau botol air panas.

Bantalan pemanas

Jika tidak ada area berinsulasi lain yang tersedia, jaga agar wadah kultur susu tetap hangat dengan meletakkannya di atas bantal pemanas bertutup handuk yang disetel ke sedang.


Cara membuat yogurt ala rumahan: penyimpanan yogurt

ilustrasi yogurt rendah lemak untuk mencegah sakit jantung/pexels
Perbesar
ilustrasi yogurt/pexels

Dinginkan yogurt

Setelah delapan sampai sepuluh jam, keluarkan yogurt ketika telah mencapai konsistensi yang diinginkan: semakin lama diinkubasi, semakin kental yogurt. Whey, produk sampingan air dari fermentasi susu, akan menumpuk di atasnya. Kocok kembali cairan ke dalam yogurt atau saring yogurt dengan lembut melalui kain tipis atau saringan untuk menghilangkan cairan jika menginginkan yogurt gaya Yunani yang lebih kental.

Penyimpanan yogurt

Cara membuat yogurt ala rumahan yang terakhir adalah proses penyimpanan. Tempatkan stoples dengan yogurt yang sudah jadi ke dalam lemari es. Mereka akan bertahan hingga dua minggu. Pastikan untuk menyimpan beberapa yogurt sebagai kultur starter untuk batch berikutnya. Tambahkan perasa sebelum mendinginkan atau saat mengeluarkan yogurt untuk dinikmati.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya