Pengertian Atletik adalah Olahraga Kekuatan, Ketangkasan, dan Kecepatan

Oleh Laudia Tysara pada 07 Jul 2022, 17:20 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi olahraga jogging
Perbesar
Ilustrasi olahraga jogging. (Sumber: Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu atletik? Atletik adalah jenis cabang olahraga. Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian atletik adalah olahraga yang mengandalkan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, contoh olahraga atletik adalah jalan cepat, lari cepat, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari gawang, lompat jauh, lompat tinggi, lompat tiga kali, lompat galah, tolak peluru, lempar cakram, lontar martil, dan lempar lembing.

Kapan olahraga atletik masuk ke Indonesia? Di Indonesia, kedatangan olahraga atletik adalah baru dikenal pada sekitar 1930-an. Pada saat itu, pemerintah Hindia Belanda mengajarkan berbagai macam olahraga atletik di sekolah.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang atletik, pengertian atletik menurut para ahli, dan macam-macam olahraga atletik, Kamis (7/7/2022).


Pengertian Atletik adalah Olahraga Kekuatan, Ketangkasan, dan Kecepatan

Atlet Asal Sumut, Abdul Hafiz Kuasai Kelas Lempar Lembing Senior Putra
Perbesar
Atlet Lempar Lembing asal Papua, Agustinus Abadi Nd saat laga final Kejurnas Lempar Lembing Senior Putra di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Kamis (1/8/2019). Agustinus Abadi Nd menempati urutan kedua dengan lemparan terjauh 67,81 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengertian atletik adalah olahraga yang mengandalkan kekuatan hingga ketangkasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian atletik adalah cabang olahraga (terutama yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan), terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar.

Pengertian atletik adalah secara bahasa berasal dari bahasa Yunani yang artinya Atlon atau pertandingan atau perjuangan. Bagaimana para ahli menjelaskan tentang pengertian atletik adalah sebagai cabang olahraga yang memerlukan ketangkasan?

1. Pengertian Atletik Menurut Muhajir

Pengertian atletik adalah jenis olahraga yang tumbuh dan bisa berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berlari, melompat, berjalan, dan melempar.

2. Pengertian Atletik Menurut Ballesteros

Pengertian atletik adalah aktivitas jasmani yang terdiri dari beberapa nomor lomba yang terpisah yang berdasarkan kemampuan gerak dasar manusia, misalkan berlari, berjalan, melempar, dan melompat.

3. Pengertian Atletik Menurut Sukirno

Pengertian atletik adalah induk dari semua cabang olahraga (Mother Of Sport) dan merupakan olahraga yang paling tua dari lainnya.

4. Pengertian Atletik Menurut Eddy Purnomo

Pengertian atletik adalah kegiatan atau beraktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan yang dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu adalah lari, jalan, lempar, dan lompat.

5. Pengertian Atletik Menurut Mochammad Djumidar A. Widya

Pengertian atletik adalah satu di antara unsur pendidikan jasmani dan kesehatan. Atletik merupakan komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta adanya pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang selaras, serasi, dan seimbang.

6. Pengertian Atletik Menurut Eri Periatama

Pengertian atletik adalah olahraga yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di lintasan dan lapangan (track and field sport).

Melansir dari World Athletics, olahraga atletik adalah pada awalnya dipopulerkan oleh bangsa Yunani sekitar abad ke-6 SM. Saat itu, perlombaan lari menjadi satu-satunya cabang olahraga atletik yang ditandingkan.

Olahraga atletik memiliki organisasi formal pada abad ke-19, di mana latihan dan olahraga reguler sudah diajarkan di berbagai sekolah Eropa. Pada perkembangannya, olahraga atletik mulai diperlombakan dalam Olimpiade yang diikuti oleh berbagai negara pada 1896 silam.

International Amateur Athletic Federation (IAAF) bertugas untuk melakukan standarisasi pencatatan waktu, rekor dunia, serta menggelar kompetisi atletik di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, olahraga atletik baru dikenal pada sekitar 1930-an. Pada saat itu, pemerintah Hindia Belanda mengajarkannya di sekolah.

Kemudian, olahraga atletik berkembang dan perkumpulan atletik pertama kali didirikan pada 3 September 1950 di Semarang. Saat ini, perkumpulan tersebut dikenal dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan masih tetap bertahan hingga saat ini.


Macam-Macam Olahraga Atletik dan Penjelasannya

Raih Medali Perak, Begini Aksi Atlet Lompat Jauh Maria Natalia
Perbesar
Atlet Lompat Jauh Indonesia, Maria Natalia Londa saat beraksi dalam laga nomor triple jump putri SEA Games di Stadium Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (23/8). Maria Natalia Londa berhasil meraih medali perak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengertian atletik adalah sekumpulan cabang olahraga yang melibatkan lari, lompat, lempar, dan berjalan. Hampir setiap negara di dunia terlibat dalam kompetisi atletik ini. Apa saja yang termasuk macam-macam olahraga atletik?

Ini penjelasan macam-macam olahraga atletik yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Jalan Cepat

Macam-macam olahraga atletik adalah jalan cepat. Jalan cepat biasanya diadakan di jalan raya atau lintasan lari. Jarak umum macam-macam olahraga atletik seperti jalan cepat berkisar dari 3.000 meter hingga 100 kilometer.

Jalan cepat berbeda dengan berlari karena satu kaki harus selalu terlihat menyentuh tanah. Kaki yang digerakkan maju ke depan harus diluruskan sejak saat persentuhan pertama dengan tanah hingga badan mencapai posisi vertikal.

2. Lari Cepat

Macam-macam olahraga atletik adalah lari cepat. Lari cepat, lari jarak pendek atau sprint merupakan berlari dalam jarak pendek dengan waktru singkat. Saat ini ada tiga jenis lari cepat yaitu lari 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

3. Lari Jarak Menengah

Macam-macam olahraga atletik adalah lari jarak menengah dengan jarak hingga 3000 meter. Jarak tengah standar adalah lari 800 meter, 1500 meter, meskipun 3000 meter juga dapat diklasifikasikan sebagai perlombaan jarak menengah.

4. Lari Jarak Jauh

Macam-macam olahraga atletik adalah lari jarak jauh. Ini bentuk lari terus menerus dalam jarak setidaknya 3 km. Secara fisiologis, olahraga ini sebagian besar bersifat aerobik dan membutuhkan stamina serta kekuatan mental.

Tiga jenis yang paling umum adalah lari lintasan, lari di jalan raya, dan lari lintas alam, yang semuanya ditentukan oleh medannya.

5. Lari Gawang

Macam-macam olahraga atletik adalah lari gawang. Lari ini, lari cepat dengan cara melewati gawang sebanyak 10 buah gawang yang memiliki ketinggian tertentu dan dipasang di dalam lintasan. Jika dilihat dari aspek jarak, lari gawang termasuk kategori nomor lari jarak pendek.

6. Lompat Jauh

Macam-macam olahraga atletik adalah lari jauh. Ini bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Lompat jauh dilakukan dengan cepat dan jalan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarah sejauh-jauhnya.

7. Lompat Tinggi

Macam-macam olahraga atletik adalah lompat tinggi. Ini bentuk gerakan melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki ke depan ke atas sebagai upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin dan secepat mungkin jatuh.

Lompat tinggi dilakukan dengan melakukan tolakan pada salah satu kaki untuk mencapai suatu ketinggian tertentu. Tujuan utama dari macam-macam olahraga atletik adalah lompat tinggi untuk mengangkat badan setinggi mungkin agar dapat melewati mistar.

8. Lompat Tiga Kali (Triple Jump)

Macam-macam olahraga atletik adalah lompat tiga kali. Lompat tiga kali mirip dengan lompat jauh. Peserta lari menuruni trek dan melakukan lompatan, loncatan, lalu lompat ke lubang pasir. Jarak yang ditempuh, dari tepi papan ke lekukan terdekat di pasir, kemudian diukur.

9. Lompat Galah

Macam-macam olahraga atletik adalah lompat galah. Olahraga atletik ini dilakukan memakai sebuah galah panjang dan fleksibel sebagai alat untuk melompati sebuah pembatas.

Lompat galah sebagai olahraga atletik adalah biasanya diklasifikasikan sebagai salah satu dari empat lompatan besar dalam atletik, di samping lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat rangkap tiga.

10. Tolak Peluru

Macam-macam olahraga atletik adalah tolak peluru. Ini lakukan di mana seorang atlet membentuk gerakan menolak atau mendorong suatu peluru yang terbuat dari logam.

Olahraga atletik ini dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Bukan dilempar, tetapi ditolak atau didorong dengan tangan satu yang diletakkan di pangkal bahu.

11. Lempar Cakram

Macam-macam olahraga atletik adalah lempar cakram. Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melembarkan sebuah kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih. Gaya dalam melakukan lempar cakram adalah gaya samping dan gaya belakang.

12. Lontar Martil

Macam-macam olahraga atletik adalah lontar martil. Lontar martil atau hammer throw ini mengandalkan kekuatan. Martil yang digunakan adalah bola logam yang dipasang oleh kawat baja ke pegangan.

Ukuran bola macam-macam olahraga atletik adalah bervariasi antara kompetisi pria dan wanita. Pelempar biasanya membuat tiga atau empat putaran sebelum melepaskan bola. Atlet biasanya melempar empat atau enam kali per kompetisi.

13. Lempar Lembing

Macam-macam olahraga atletik adalah lempar lembing. Lempar lembing menjadi satu cabang olahraga dalam atletik dengan media berupa lembing, yaitu sejenis tombak, tapi lebih ringan dan kecil. Tujuan dari lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan lembing sejauh-jauhnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya