Analogi adalah Persamaan Antara Dua Benda yang Berlainan, Kenali Jenisnya

Oleh Husnul Abdi pada 06 Jul 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 19:30 WIB
Analogi adalah
Perbesar
Analogi adalah Credit: pexels.com/fauxels

Liputan6.com, Jakarta Analogi adalah istilah yang mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang. Hal ini tidak mengherankan karena penggunaannya mungkin hanya bisa kamu temukan pada konteks tertentu saja. Namun, istilah ini digunakan dalam berbagai bidang.

Analogi juga dapat dimanfaatkan sebagai penjelasan atau sebagai bagian dari penalaran. Kesimpulan yang diambil dari sebuah analogi dapat menyampaikan atau membandingkan fakta tertentu dengan fakta spesifik lainnya.

Analogi adalah persamaan yang biasa digunakan untuk menjelaskan suatu hal. Dalam kehidupan sehari-hari, analogi mungkin sering kamu gunakan untuk menjelaskan sesuatu yang rumit. Kamu menjelaskannya dengan lebih sederhana menggunakan contoh yang mungkin akan lebih mudah dimengerti orang lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022) tentang analogi .


Analogi adalah

Terlalu Banyak Basa-Basi
Perbesar
Ilustrasi Berbicara Credit: pexels.com/Alexander

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), analogi adalah persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan. Sementara itu, dalam ilmu Linguistik, analogi adalah kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk lain. Analogi adalah penalaran yang berasal dari satu hal tertentu kepada hal lain yang serupa, kemudian menyimpulkan apa yang benar untuk satu hal juga akan benar untuk hal lainnya.

Analogi adalah cara kamu dalam menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan menggunakan persamaan. Hal ini mungkin tidak jarang kamu lakukan, misalnya saat membantu orang lain untuk memahami suatu penjelasan atau informasi yang rumit. Analogi adalah saat kamu menggunakan contoh yang umum atau akan lebih mudah dipahami, sehingga hal yang sebelumnya rumit dapat dipahami oleh orang lain.

Analogi tidak hanya menunjukkan keserupaan yang dimiliki kedua hal yang berbeda, tetapi akan ditarik kesimpulan atas dasar keserupaan itu. Jadi, analogi dapat dimanfaatkan sebagai penjelasan atau sebagai bagian dari penalaran. Kesimpulan yang diambil dari sebuah analogi dapat menyampaikan atau membandingkan fakta tertentu dengan fakta spesifik lainnya. Hal ini disebut juga dengan analogi logis atau pemikiran melalui analogi.

Analogi terkadang juga disebut dengan analogi induktif, yaitu proses penalaran dari satu fenomena ke fenomena serupa lainnya, kemudian menyimpulkan bahwa apa yang terjadi pada fenomena pertama juga akan terjadi pada fenomena lain. Jadi dalam setiap tindakan kesimpulan analogi ada 3 elemen yaitu peristiwa utama yang menjadi dasar analogi, persamaan utama yang menjadi pengikat, dan fenomena yang ingin dianalogikan.


Pengertian Analogi Menurut Para Ahli

Pengertian Analogi Menurut Para Ahli
Perbesar
Pengertian Analogi Menurut Para Ahli Credit: freepik.com

Mengutip dosenpendidikan, pengertian analogi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

- Louis O. Kattsef, (1992:32)

Analogi adalah berusaha untuk mencapai kesimpulan dengan menggantikan dengan apa yang kita coba untuk membuktikan dengan sesuatu yang serupa dengan hal tersebut, namun yang lebih dikenal, dan kemudian menyimpulkan kembali apa yang mengawali penalaran kita.

- Mundiri, (2008:157)

Analogi adalah proses dari fenomena menuju fenomena yang lain yang sejenis kemudian disimpulkan bahwa apa yang terjadi pada fenomena yang pertama akan terjadi pada fenomena yang lain

- Syarkawi dhofir, (2000:78)

Analogi adalah proses berfikir untuk menyimpulkan sesuatu berdasarkan kesamaannya dengan sesuatu yang lain.

- Poespoprodjo, (1999:179)

Analogi adalah suatu perbandingan yang dipakai untuk mencoba membuat suatu ide yang dapat dipercaya guna membuat suatu konsep yang sulit menjadi mudah dan jelas.

- Soekadijo

Analogi adalah berbicara dua hal yang berlainan, yang satu bukan yang lain, dan dua hal yang berlainan itu dibandingkan satu dengan yang lainnya .

- Poedjawijatna, (2004:40)

Analogi adalah pengertian yang menunjuk sesuatu yang sama tetapi dalam kesamaan itu ada sesuatu yang berbeda pula.


Jenis Analogi

Jenis Analogi
Perbesar
Ilustrasi Mengobrol dan Berdiskusi Credit: freepik.com

Analogi adalah persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan. Ada dua jenis analogi, di antaranya yaitu analogi induktif dan analogi deklaratif. Berikut beberapa jenis analogi:

Analogi induktif

Analogi induktif adalah analogi yang disusun berdasarkan persamaan prinsip pada dua fenomena yang berbeda, selanjutnya ditarik kesimpulan bahwa apa yang terdapat pada fenomena pertama terdapat pula pada fenomena yang kedua. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam analogi induktif adalah persamaan yang berisikan ciri-ciri esensial yang berhubungan erat dengan kesimpulan yang dikemukakan. Jadi, kesimpulan analogi induktif tidak bersifat universal tapi khusus, kendati unsur keseluruhan tetap diikutkan di dalamnya.

Analogi deklaratif

Analogi deklaratif adalah metode untuk menjelaskan sesuatu yang belum dikenal atau masih samar, dengan menggunakan hal yang sudah dikenal. Pembelajaran dengan mengembangkan penalaran analogi diharapkan akan membantu memahami matode melalui perbandingan dengan matode lain yaitu dengan mencari keserupaan sifat di antara matode yang dibandingkan.

Hubungan Kausal

Hubungan Kausal biasanya disebut dengan penalaran yang didapatkan dari gejala yang saling memiliki keterkaitan. Dalam hubungan kausal terdapat hubungan sebab akibat. Hubungan sebab akibat dalam hubungan kausal dapat sampai pada penyimpulan yang berbentuk akibat ataupun sebaliknya.

Biasanya hubungan sebab akibat terjadi pada tiga pola. Hubungan ini berbentuk dari sebab menjadi akibat, akibat menjadi sebab, dan akibat menjadi akibat. Pola yang biasa digunakan yaitu sebab menjadi akibat dan akibat menjadi sebab.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya