Sukses

21 Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Masakan

Manfaat kelapa hijau memanglah sangat banyak, baik itu untuk kesehatan, kecantikan, vitalitas pria, dan masakan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kelapa hijau tidak sekadar untuk melepas dahaga. Kelapa hijau memiliki manfaat yang begitu besar, termasuk untuk manfaatnya untuk kesehatan, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui, kelapa hijau sebenarnya tidak sama dengan kelapa muda. Dibandingkan dengan kelapa muda biasa, kelapa hijau memiliki kandungan air yang lebih banyak, sehingga manfaat kelapa hijau banyak digunakan sebagai pelepas dahaga.

Manfaat kelapa hijau juga bisa dirasakan dari rasa air yang yang lebih manis dari kelapa muda biasa, sehingga air kelapa muda hijau dapat diminum langsung tanpa perlu dicampur apapun.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi kelapa hijau pun lebih banyak dari kelapa muda biasa. Dalam satu butir buah kelapa hijau saja, terdapat beragam jenis nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, mangan, potassium, magnesium, sodium, vitamin C, dan kalsium. Melihat kandungan nutrisinya yang begitu kaya, sudah jelas jika manfaat kelapa hijau bagus untuk kesehatan.

Selain baik untuk kesehatan, manfaat kelapa hijau juga bagus untuk kecantikan dan vitalitas pria. Berikut manfaat kelapa hijau seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat kelapa hijau untuk kesehatan

1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat kelapa hijau adalah mencegah dehidrasi. Ini karena kelapa hijau mengandung cairan elektrolit yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

2. Menjaga kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan manfaat kelapa hijau lainnya. Ini tak lepas dari efek air kelapa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

3. Cegah batu ginjal

Sebuah penelitian mengatakan bahwa manfaat kelapa hijau dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Penumpukan kristal pada ginjal itulah yang menjadi penyebab utama batu ginjal.

4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat kelapa hijau yang tak kalah menarik adalah mengontrol tekanan darah. Ini tidak lain karena kandungan nutrisinya yang berupa kalium yang tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian di West Indian Medical Journal membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi air kelapa secara rutin menunjukkan hasil tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

5. Mencegah diabetes

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kelapa hijau antara lain dapat mengontrol kadar gula darah, yang mana dapat menurunkan risiko diabetes.

Selain itu, air kelapa hijau juga memiliki cita rasa yang lebih manis jika dibandingkan air kelapa muda biasa sehingga tidak perlu tambahan gula untuk menikmatinya. Terdapat pula kandungan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat dikontrol.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat kelapa hijau lainnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini tidak lain karena kelapa hijau memiliki kandungan vitamin C yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, kelapa hijau juga mengandung zat fenol yang efektif melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh bakteri, virus, dan radikal bebas.

7. Melancarkan metabolisme

Manfaat kelapa hijau juga dapat diandalkan untuk melancarkan metabolisme tubuh.Menjaga laju metabolisme tubuh tetap stabil tidak hanya dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat. Mengandalkan manfaat air kelapa hijau bisa dijadikan salah satu solusinya.

Air kelapa hijau dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung.

8. Menetralkan racun

Racun bisa masuk ke tubuh kita dengan berbagai cara, termasuk melalui makanan yang kita makan sehari-hari. Nah, manfaat kelapa hijau dapat membantu menetralisir yang masuk ke dalam tubuh kita.

Manfaat kelapa hijau dalam menetralkan racun tidak lepas dari zat anti racun, berbagai elektrolit, dan antioksidan yang cukup efektif menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat kelapa hijau untuk vitalitas pria

9. Mencegah disfungsi ereksi

Manfaat kelapa hijau dapat merangsang dan memperkuat fungsi reproduksi. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat kelapa hijau dinilai mampu memperkuat daya tahan seksual pria.

10. Meningkatkan gairah

Manfaat kelapa hijau yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan aliran darah menuju alat kelamin. Hal ini dipicu oleh kandungan kepala hijau berupa protein dan karbon, sehingga dapat merangsang gairah pria.

11. Meningkatkan stamina

Manfaat kelapa hijau dalam hubungannya dengan aktivitas reproduksi yakni dapat meningkatkan stamina pria.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi air kelapa hijau bisa mencapai detak jantung lebih tinggi, dan kehilangan cairan lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang sebelumnya hanya minum air putih atau air elektrolit lainnya.

12. Menangkal dampak buruk nikotin

Zat nikotin pada rokok menjadi salah satu zat berbahaya yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami gangguan impotensi.

Ketika terkena polusi udara termasuk asap rokok, kadar kalium dalam tubuh menjadi sangat rendah. Di Kondisi seperti itu, air kelapa hijau bisa memberi asupan kalium karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Selain itu, kelapa juga memiliki zat yang bersifat menetralkan racun, sehingga dapat menangkal bahaya yang ditimbulkan nikotin.

13. Meningkatkan hormon testosteron

Gangguan seksual umumnya disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar. Sementara itu manfaat kelapa hijau antara lain memiliki kandungan nutrisi seperti sodium, potasium hingga magnesium yang dapat memperlancar aliran darah.

Disamping itu, ruting mengonsumsi air kelapa hijau juga dapat meningkatkan jumlah produksi hormon testosteron.

4 dari 5 halaman

Manfaat kelapa hijau untuk kecantikan

14. Menurunkan berat badan

Penampilan yang cantik dan menarik ada hubungannya dengan berat badan yang ideal. Selain mempengaruhi penampilan, berat badan berlebih juga punya dampak buruk bagi kesehatan.

Namun manfaat kelapa hijau juga meliputi menurunkan berat badan. Itu tidak lepas dari kandungan kelapa hijau seperti lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa sebagai obat penurun berat badan juga tidak menimbulkan efek samping apapun.

15. Mencegah penuaan dini

Tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus di wajah jelas mengganggu perempuan yang ingin tampil cantik. Manfaat kelapa hijau juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Ini karena kandungan sitokinin yang berperan dalam penumbuhan yang dapat mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Sitokinin dalam air kelapa hijau mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan antitrombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

16. Menyehatkan kulit

Manfaat kelapa hijau juga dapat menjaga elastisitas kulit dan melindunginya dari radikal bebas.

Ini tidak lepas dari peran vitamin C dalam kelapa hijau. Asupan vitamin C yang cukup sangat dibutuhkan oleh kulit untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

5 dari 5 halaman

Manfaat kelapa hijau untuk masakan

17. Memperkaya rasa

Air kelapa hijau memiliki cita rasa manis yang alami. Meski manis pada kelapa hijau tidak bisa menggantikan gula, namun menambahkan air kelapa di masakan seperti kare, gulai, opor, akan memperkaya cita rasa masakan.

18. Penyedap alami

Selain memiliki cita rasa manis alami, air kelapa hijau juga memiliki cita rasa gurih di dalamnya. Menggunakan air kelapa hijau sebagai pengganti air di masakan akan memberikan cita rasa gurih alami.

19. Menguatkan aroma masakan

Mengaplikasikan air kelapa sebagai pengganti air biasa dalam masakan juga akan meningkatkan aroma masakan. Aroma air kelapa yang harum akan meningkatkan selera makan.

20. Menghilangkan bau amis

Bau amis memang merupakan hal lumrah muncul pada bahan makanan seperti seafood dan daging. Hanya saja tidak semua orang bisa tahan dengan bau itu, bahkan bisa sampai muntah.

Manfaat kelapa hijau bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Untuk masak ikan berkuah, cukup ganti air biasa dengan air kelapa ini.

21. Membuat daging menjadi empuk

Selain menghilangkan bau amis, menggunakan air kelapa juga dapat mencegah daging sapi jadi alot ketika dimasak. Manfaat kelapa hijau juga akan terasa dalam proses mengempukkan daging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini