Harga Tiket Pesawat Berbagai Rute Meroket, Apa Penyebabnya? Dan Bagaimana Cara Dapatkan Harga Terjangkau?

Oleh Gilar Ramdhani pada 06 Jul 2022, 13:11 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 14:27 WIB
Harga Tiket Pesawat Berbagai Rute Meroke
Perbesar
Ilustrasi Pesawat Terbang. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Harga tiket pesawat di dunia yang belakangan lebih mahal dari sebelumnya, menjadi perbincangan publik, tak terkecuali masyarakat di Indonesia yang ikut terdampak. Banyak pihak mengeluhkan kondisi tersebut, mengingat saat ini intensitas penerbangan rute domestik dan internasional kembali menggeliat. Namun sayangnya, memperoleh tiket pesawat dengan harga terjangkau justru kian sulit bagi masyarakat yang ingin jalan-jalan. Lantas, apa penyebab harga tiket pesawat melambung tinggi?

VP Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan, “Pegipegi melihat kenaikan pada harga tiket jika dibandingkan dengan tahun 2019 ataupun awal tahun 2022. Misalnya, pada bulan Mei dan Juni, ada kenaikan nilai tiket pesawat rata-rata sekitar 1,5 kali di beberapa maskapai. Tren kenaikan ini sudah dimulai semenjak bulan April 2022 dan terlihat berkorelasi dengan naiknya demand perjalanan, dan juga faktor-faktor lain yang berpengaruh sehingga masih sulit untuk memprediksi penurunan tiket pesawat saat ini.”

Setidaknya ada enam faktor yang diperkirakan membuat harga tiket pesawat di dunia menjadi lebih mahal, yaitu:

Petama, adanya kenaikan harga bahan bakar avtur yang kemudian dimasukkan dalam hitungan harga tiket di setiap jasa penerbangan. Perhitungan tersebut tidak hanya mempertimbangkan harga avtur, melainkan biaya ground handling, navigasi, dan lalu lintas udara.

Kedua, sejumlah maskapai penerbangan menurunkan kapasitasnya, baik dari jumlah pesawat dan jumlah kursi yang terbatas- akibat pandemi COVID-19. Di sisi lain, adanya peningkatan pada kebutuhan jasa penerbangan menjadi tidak seimbang dengan penawaran. Hal ini karena situasi dimana jumlah permintaan lebih besar daripada penawaran, maka menyebabkan kekurangan suatu produk/jasa yang berakibat pada kenaikan harga produk/jasa tersebut.

Ketiga, tren kenaikan harga tiket pesawat terjadi setelah pandemi melonggar. Sebagai contoh, melansir dari data studi Mastercard Economics Institute terdapat fakta bahwa biaya penerbangan dari Singapura rata-rata 27 persen lebih tinggi pada April 2022 dibandingkan tahun 2019. Sedangkan, dari Australia 20 persen lebih tinggi.

Keempat, sejumlah maskapai yang sempat menganggur karena keterbatasan penerbangan selama pandemi butuh waktu untuk bangkit kembali. Hal ini mengingat banyaknya perbaikan dan penyesuaian yang harus dimatangkan lebih jauh. Ditambah, selama pandemi COVID-19, ratusan ribu pilot, pramugari, ground handler, dan staf penerbangan lainnya kehilangan pekerjaan. Kondisi tersebut belum memungkinkan bagi maskapai untuk memaksimalkan penerbangan sesuai permintaan pasar saat ini.

Kelima, dengan minimnya jumlah pesawat yang terbang menyebabkan pemesanan kursi penumpang lebih sedikit. Jika dibiarkan penjualan kursi dengan harga normal, maka tidak cukup untuk memenuhi biaya pemulihan dan lainnya.

Keenam, khusus penerbangan domestik di Indonesia, Kementerian Perhubungan telah memberi izin maskapai penerbangan untuk menetapkan fuel surcharge atau biaya tambahan bahan bakar kepada konsumen terhitung sejak 18 April 2022, yang membuat harga tiket lebih mahal.


Tips mendapatkan tiket pesawat terjangkau

Ryan menyebutkan, masyarakat masih bisa memperoleh harga tiket pesawat yang lebih terjangkau jika bisa memaksimalkan cara-cara tertentu, yakni:

Pesan di hari Senin dan Minggu

Tiket pesawat juga bisa diperoleh dengan harga murah jika dipesan sekitar hari Senin dan Minggu. Waktu tersebut adalah momen terbaik untuk memesan tiket perjalanan Anda dengan potensi biaya yang dapat dihemat sebesar 2-4 persen.

Pilih keberangkatan hari Jumat

Momen keberangkatan juga berpengaruh pada harga tiket pesawat. Hari Jumat merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Selain itu, Jumat juga menjadi waktu yang tepat melakukan wisata, dikarenakan masyarakat cenderung mengambil cuti sehari untuk menikmati long weekend.

Pesan tiket sekitar satu bulan sebelum keberangkatan

Memesan tiket pesawat sekitar satu bulan sebelum rencana keberangkatan merupakan salah satu alternatif lainnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau. Periode 27-39 hari merupakan momen terbaik untuk memesan tiket pesawat karena bisa menghemat biaya hingga 13 persen.

Gunakan maskapai LCC

Biasanya maskapai Low Cost Carrier (LCC) memiliki banyak promo dan menghadirkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan maskapai full service.

Manfaatkan aplikasi pemesanan

Masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi pemesanan tiket transportasi dan akomodasi tertentu untuk memperoleh tiket pesawat yang terjangkau.

“Kami menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi pemesanan tiket dan transportasi, seperti aplikasi Online Travel Agency (OTA). Karena biasanya ada banyak program promo yang dihadirkan untuk para pengguna aplikasi yang biasanya tidak bisa didapatkan di jenis platform pemesanan lain, seperti desktop atau mobile web,” kata Ryan.

Misalnya, masyarakat bisa memanfaatkan momentum program flash sale dengan kuota dan waktu tertentu untuk memesan tiket pesawat, seperti pada siang hari sekitar pukul 12.00 atau malam hari sekitar pukul 22.00 ke atas.

Selain itu, membeli melalui OTA juga mempermudah untuk menyesuaikan akomodasi dan transportasi sesuai kebutuhan. Pelanggan dapat menentukan maskapai dan jadwal keberangkatan, pilihan akomodasi, serta lokasi dengan mudah.

Pengguna aplikasi OTA juga biasanya akan mendapatkan keuntungan tertentu, seperti kupon atau poin yang bisa dikoleksi dan ditukarkan dengan potongan harga atau keuntungan lainnya, termasuk saat memesan tiket pesawat.

Tertarik berkunjung ke destinasi wisata pilihan Anda menggunakan pesawat? Tak perlu khawatir, Anda bisa dapatkan harga terjangkau dalam promo Pegipegi Time 7.7. Dapatkan hotel serta pesawat domestik dan internasional dengan harga terjangkau untuk kebutuhan traveling Anda dengan diskon mulai dari Rp 77.000,- dalam special flash sale 7.7 di tanggal 7 Juli mulai pukul 12:00.

Bagi Anda yang melewati special flash sale, jangan sedih, ada flash sale hotel dan pesawat untuk dapatkan diskon hingga 50 persen yang bisa diperoleh selama periode 6-9 Juli pada pukul 12.00 - 18.00. Dan Pegipegi juga menghadirkan promo yang berlangsung setiap saat (Always On) untuk Anda selama periode Pegipegi Time 7.7 berlangsung pada 6-12 Juli.

Temukan berbagai promo menarik lainnya dari Pegipegi untuk liburan yang lebih hemat! Jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan kesehatan Anda. Pegipegi Lagi, Yuk!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya