6 Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan, Mencegah Kanker hingga Diabetes

Oleh Woro Anjar Verianty pada 06 Jul 2022, 13:10 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 13:36 WIB
es cincau hitam
Perbesar
Ilustrasi es cincau hitam./Copyright shutterstock.com/g/pattana

Liputan6.com, Jakarta Cincau Hijau merupakan salah satu bahan utama yang dijadikan sebagai komponen makanan penutup yang umum ditemui di negara-negara asia seperti china, Malaysia, Taiwan, singapura hingga Indonesia. Banyak digemari oleh banyak orang, cincau hijau tidak hanya enak namun juga terdapat banyak manfaat cincau hijau yang dapat diambil dengan mengkonsumsinya. 

Cincau hijau juga sering menjadi menu untuk disuguhkan saat bulan Ramadhan di Kawasan asia tenggara, hal ini karena banyak orang yang telah mengetahui manfaat cincau hijau salah satunya adalah dapat meredakan sakit tenggorokan yang biasanya muncul Ketika umat islam berpuasa.

Selain diolah menjadi minuman yang menyegarkan, banyak juga olehan cincau hijau yang memang dimanfaatkan dan berguna untuk pengobatan mengatasi masakah Kesehatan yang telah teruji dan diteliti secara medis.

Manfaat cincau hijau bagi Kesehatan ini diperoleh karena kandungan daun cincau hijau yang kaya akan karbohidrat, lemat, protein dan senyawa lainnya seperti polifenol dan flavonoid, serta ada juga kandungan mineral dan vitamin yang tinggi seperti kalsium, fosfor, vitamin A serta vitamin B.

Cincau hijau juga memiliki banyak kandungan yang mampu untuk membantu mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh, meredakan peradangan dan banyak lagi, berikut dilansir dari healthtalks.net beberapa manfaat cincau hijau yang baik untuk Kesehatan tubuh.


Manfaat Cincau Hijau Untuk Kesehatan

[Bintang] Cincau Hitam
Perbesar
Cincau hitam | Sumber Foto: hungryisland.files.wordpress.com

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat cincau hijau yang pertama adalah dapat membantu fungsi sistem pencernaan hingga tingkat maksimal karena memiliki senyawa gula yang mampu untuk melawan bakteri penyebab sakit perut.

Selain itu daun cincau hijau juga memiliki beberapa senyawa alkaloid yang mengandung vitamin B dan C dalam jumlah yang cukup banyak, yang mana dua vitamin ini berfungsi untuk mencegah terjadinya diare dan membersihkan saluran pencernaan sehingga mengurangi sakit perut akibat mulas dan sembelit.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dikenal mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, manfaat cincau hijau yang berikutnya adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Dimana cincau hijau diketahui mengandung vitamin A, B1, C dan juga kalsium phosphorus, serta karbohidrat namun tetap rendah kalori.

Sehingga mengkonsumsi cincau hijau selain enak dan dapat mengenyangkan, konsumsi cincau hijau juga cocok untuk menurunkan berat badan dalam proses diet tinggi serat yang tidak menyebabkan anda merasa lapar selama melakukan diet.

3. Mencegah Kanker

Manfaat Cincau Hijau yang selanjutnya adalah mencegah kanker yang mungkin menyerang tubuh, hal ini karena cincau hijau mengandung antioksidan seperti senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang diketahui terbukti ampuh untuk menghilangkan sel tumor pada kanker hati, ginjal, paru-paru, payudara dan leher rahim.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga turut menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih terlindungi dari efek radikal bebas dan menurunkan resiko terserang penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.


Manfaat Cincau Hijau Yang Kaya Akan Kandungan Bermanfaat

Telusuri Manfaat Cincau untuk Kesehatan
Perbesar
Telusuri Manfaat Cincau untuk Kesehatan

4. Mencegah Diabetes

Manfaat cincau hijau yang berikutnya adalah untuk mencegah diabetes, hal ini karena cincau hijau mengandung senyawa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang diketahui dapat mengontrol kadar gula darah tinggi penderita diabetes.

Dengan mengkonsumsi cincau hijau yang mengandung dua senyawa ini, penderita diabetes tidak perlu khawatir jika ada kenaikan gula dalam darah karena gula yang terdapat dalam cincau hijau tidak menyebabkan lonjakan insulin dalam bentuk apa pun.

Selain itu menurut studi lain juga turut menunjukan kandungan flavonoid dalam cincau hijau juga sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga konsumsi cincau hijau sangat disarankan untuk menjadi salah satu bentuk gaya hidup sehat yang bisa dilakukan.

5. Mengobati Demam dan Radang Tenggorokan

Banyak orang yang mengkonsumsi olahan cincau hijau saat merasakan hawa panas dalam tubuh, hal ini karena manfaat cincau hijau yang dapat mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tendradine, dan kardioplegik serta vitamin A dan B yang memiliki efek anti racun dan anti inflamasi.

Sehingga penggunaan cincau dingin untuk demam dan sakit tenggorokan sangat dianjurkan dan dapat membantu untuk meringankan demam dan radang yang dialami karena efek anti racun dan anti inflamasi yang dikandung daun cincau hijau.

Efek anti racun dan juga anti inflamasi ini juga turut bisa membantu meredakan gejala peradangan yang dialami saat mengalami alergi dan keracunan saat memakan seafood yang mungkin terjadi pada siapa saja.

6. Membantu dan Mempercepat Pergerakan Usus

Dua elemen yang dikandung dalam cincau hijau adalah air dan serat yang mana dua hal ini juga merupakan hal mendasar untuk memiliki pencernaan yang sehat. Karena kekurangan cairan dalam tubuh dapat berdampak buruk pada keseimbangan air dalam tubuh dan akhirnya dapat menyebabkan buang air besar menjadi sulit atau sembelit.

Kandungan dalam cincau hijau yang kaya akan serat dan air membuat manfaat cincau hijau bagi tubuh juga bisa untuk membantu proses menyalurkan makanan melalui saluran pencernaan dengan lancar untuk membuat pencernaan yang sehat dan mudah buang air besar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya