Perubahan yang Disebabkan oleh Latihan dalam Berbagai Organ Tubuh disebut Efek Latihan

Oleh Husnul Abdi pada 05 Jul 2022, 20:20 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 20:20 WIB
Efek Latihan
Perbesar
Ilustrasi Melatih Otot Kaki Credit: pexels.com/Anna

Liputan6.com, Jakarta Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Hal ini berkaitan dengan kebugaran jasmani, yang tentunya harus dipenuhi oleh setiap orang agar mampu menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa lelah berlebihan.

Kebugaran jasmani dapat dilatih dengan berolahraga atau latihan secara teratur. Semakin sering latihan fisik atau berolahraga, semakin bertenaga tubuh seseorang. Mencapai kebugaran jasmani juga juga dapat mendukung kesehatan kamu.

Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Latihan fisik sendiri ada beberapa jenis sesuai dengan tujuannya. Perubahan dalam berbagai organ tubuh karena latihan ini akan mengantarkan kamu pada kebugaran jasmani. Makin tinggi taraf kebugaran jasmani kamu, maka semakin bagus juga kemampuan kerja fisik yang kamu miliki.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022) tentang perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan.


Perubahan yang Disebabkan oleh Latihan dalam Berbagai Organ Tubuh disebut Efek Latihan

Latihan Ketahanan Otot
Perbesar
Ilustrasi Latihan Ketahanan Otot Credit: pexels.com/Nathan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Efek latihan adalah perubahan fisiologis (organ tubuh) hampir pada seluruh sistem tubuh, terutama pada otot dan kardiovaskuler. Efek latihan ini tentunya akan kamu dapatkan saat melaksanakanya secara teratur. Efek latihan ini biasanya juga tergantung kepada jenis latihan seperti apa yang kamu lakukan.

Biasanya perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan ini dilakukan sesuai dengan tujuan tertentu. Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Hal ini berkaitan dengan kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani sendiri yaitu kebugaran yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan dan daya tahan otot, daya tahan kardiovaskuler, serta fleksibilitas.

Kebugaran jasmani merupakan sebuah kemampuan fisik yang dimiliki seseorang dalam tujuan melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan. Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan ini tentunya bertujuan untuk mencapai kebugaran jasmani ini.


Contoh Latihan Fisik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani

ilustrasi push up/unsplash
Perbesar
ilustrasi push up/unsplash

Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Mengutip Bola.com, berikut contoh latihan fisik yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani, sesuai dengan tujuan tertentu:

- Push up untuk melatih kekuatan otot lengan.

- Sit up untuk melatih kekuatan otot perut.

- Back lift untuk melatih otot punggung.

- Latihan kekuatan otot lengan dan bahu.

Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Efek latihan yang telah disebutkan di atas akan berpangaruh terhadap organ tubuh kamu, baik organ tubuh bagian luar maupun dalam.


Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

ilustrasi straight leg sit up/freepik
Perbesar
ilustrasi straight leg sit up/freepik

Perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Hal ini tentunya akan berkaitan juga dengan unsur-unsur kebugaran jasmani, yaitu sebagai berikut:

- Kekuatan (Strenght)

Unsur-unsur kebugaran jasmani yang pertama adalah kekuatan. Kekuatan adalah kemampuan otot ketika menerima beban saat melakukan aktivitas. Kekuatan otot, baik otot lengan atau otot kaki, bisa diperoleh dari latihan rutin dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

- Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah unsur-unsur kebugaran jasmani yang merupakan kemampuan seseorang mengerjakan gerakan dengan terus-menerus dalam bentuk sama dan waktu singkat.

- Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan merupakan kemampuan seseorang menggunakan sistem jantung, paru-paru atau pernapasan, serta peredaran darahnya dengan efektif dan efisien.

- Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot juga merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Daya otot sendiri adalah kemampuan seseorang menggunakan kekuatan maksimum yang dikeluarkan dalam waktu singkat.

- Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.


Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Meningkatkan Massa Otot
Perbesar
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Lisun

- Kelincahan (Agility)

Kelincahan maksudnya sebuah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu dengan cepat. Salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelincahan sebagai unsur-unsur kebugaran jasmani adalah bulu tangkis, tenis, dan tinju.

- Koordinasi (Coordination)

Selanjutnya koordinasi, yaitu sebuah kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.

- Reaksi (Reaction)

Unsur-unsur kebugaran jasmani selanjutnya adalah reaksi. Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.

- Daya Lentur (Flexibility)

Daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.

- Ketepatan (Accuracy)

Unsur-unsur kebugaran jasmani yang terakhir adalah ketepatan. Ketepatan adalah sebuah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

Jadi, perubahan yang disebabkan oleh latihan dalam berbagai organ tubuh disebut efek latihan. Hal ini sangat berkaitan dengan pembahasan kebugaran jasmani dan olahraga.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya