Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar, Ketahui Manfaatnya

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 05 Jul 2022, 18:20 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 18:20 WIB
Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar, Ketahui Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias/credit: pexels.com/Sigrid

Liputan6.com, Jakarta Tanaman penyebab leukemia atau bisa dikenal dengan pohon dolar tersebut sempat viral karena disebut sebagai memicu penyakit leukemia. Namun hal itu terbantahkan dengan adanya sejumlah pakar ahli yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak lah benar. 

Tanaman yang memiliki nama latin Zamioculcas zamiifolia ini memiliki daun yang berbentuk uang kertas dan berwarna hijau. Tanaman hias ini dapat mempercantik rumah anda, selain itu sebenarnya dalam hal metode tanam dan perawatannya juga cukup mudah.

Berbeda dengan tanaman hias lainnya, tanaman penyebab leukemia atau pohon dolar ini tak membutuhkan perawatan terlalu banyak. Sehingga, cocok bagi anda penggemar tanaman hias yang tak memiliki waktu lebih untuk melakukan serangkaian perawatan tertentu.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tanaman penyebab leukemia atau pohon dolar dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbaga sumber, Selasa (5/7/2022).


Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia

Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar, Ketahui Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias/credit: pexels.com/Andrea

Tanaman penyebab leukemia atau pohon dolar memiliki nama latin Zamioculcas zamiifolia tersebut beberapa tahun yang lalu pernah dianggap sebagai penyebab salah satu penyakit mematikan yakni leukemia. Isu tersebut tersebar kepada publik melalui pesan berantai yang berasal dari oknum tak bertanggung jawab baik berupa pesan berbahasa Indonesia dan Malaysia. Alhasil, banyak kalangan yang justru menghindari jenis tanaman tersebut.

Namun hal ini pun langsung mendapatkan bantahan dari pihak yang namanya tercatut ke dalam pesan berantai tersebut yakni Kampus USM dan Kementerian Kesehatan Malaysia. Secara tidak langsung, bantahan tersebut pun menyimpulkan bahwa pohon dolar bukanlah tanaman penyebab leukemia seperti yang beredar luas di masyarakat.

Menurut pihaknya, penyakit leukemia tersebut hanya dapat terjadi lantaran tiga hal yakni faktor genetik atau bawaan, faktor eksternal berupa zat kimia, hingga faktor internal yang dipicu oleh kebiasaan buruk yang dilakukan secara berulang-ulang.

Meskipun sebenarnya keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.


Cara Merawat Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar

Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar, Ketahui Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi merawat tanaman.

Pohon dolar bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Benua Afrika. Tanaman hias satu ini banyak ditemui di kawasan kering seperti Kenya, Tanzania dan Zanzibar. Pohon dolar tumbuh di kawasan berbatu dan pasir, oleh karenanya tanaman hias ini sangat mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air. Salah satu yang membuat banyak orang tergila-gila pada pohon dolar adalah bentuknya yang super unik. Batangnya memanjang, terlihat sangat eksotis. Daunnya juga kaku, mengilap dan bertekstur kasar, serta tidak mudah rontok. Karena karakteristik dan tampilannya tersebut membuat tanaman penyebab leukemia ini dapat mempercantik suasana di dalam rumah anda.

Bahkan, kini pohon dolar banyak diletakkan di beberapa sudut ruangan seperti meja kerja untuk meningkatkan produktifitas. Cara merawat pohon dolar atau yang pernah disebut sebagai tanaman penyebab leukemia tersebut pun tak sesulit yang dibayangkan.

Anda tak perlu menyiraminya setiap hari, melainkan dalam kurun waktu 2-3 hari sekali. Tanaman ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tak ingin repot mengurus tanaman dengan hasil tampilan yang cantik dan menawan.

Hindarkan pula pohon dolar dari paparan sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk meletakkan tanaman pada ruangan dengan suhu 15 hingga 24 derajat Celcius. Hal ini secara langsung dapat menghindarkan tanaman dari suhu yang tinggi.


Manfaat Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar

Mengenal Tanaman Penyebab Leukemia atau Pohon Dolar, Ketahui Manfaatnya
Perbesar
Ilustrasi Diare.

Selain untuk mempercatik ruangan dalam rumah, tanaman penyebab leukemia atau pohon dolar ini banyak memiliki manfaat. Pohon dolar diklaim dapat menjaga kualitas udara sehingga tanaman yang satu ini cukup tepat untuk diletakkan di dalam ruangan.

Hal ini jelas bermanfaat bagi Anda yang menginginkan konsep rumah dengan penyejuk alami. Selain ramah lingkungan, Anda pun juga dapat menghemat pengeluaran dengan menekan biaya listrik di rumah Anda.

Caranya pun sederhana, cukup letakkan beberapa pohon dolar dengan pot silinder yang cantik di beberapa sudut rumah Anda sebagai pemurni udara alami. Pemilihan bentuk pot tersebut bukan tanpa alasan, pot silinder disebut dapat meningkatkan kualitas struktur akar hingga batang pada pohon dolar.

Selain itu, pohon unik nan cantik tersebut juga mampu menghilangkan beberapa senyawa organik yang mudah menguap. Beberapa senyawa tersebut antara lain seperti toluene, benzena, etilbenzena, hingga xilena. Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah pohon dolar meski dulunya pernah disebut sebagai tanaman penyebab leukemia di kalangan banyak orang.

Tak hanya itu, tanaman penyebab leukemia ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai obat diare, melancarkan pencernaan, sebagai anti-bakteri, penangkal radikal bebas, mengatasi wasir, dan mengatasi pegal-pegal pada tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, anda juga perlu hati-hati karena daun dolar bisa menyebabkan ruam pada kulit. Pasalnya daun dolar mengandung oksalat, senyawa yang menyebabkan rasa gatal hingga ruam pada kulit. Agar terhindar dari itu, anda perlu mencuci tangan usai menyentuh daun dolar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya