Cara Mengatasi Kucing Muntah, Kenali Penyebabnya

Oleh Woro Anjar Verianty pada 07 Jul 2022, 21:05 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 21:05 WIB
Scabies Kucing - Vania
Perbesar
Ilustrasi Scabies Kucing/https://unsplash.com/Yerlin Matu

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab kucing muntah. Kondisi ini membuat para pecinta dan pemilik kucing kerap kali mengalami kekhawatiran karena melihat kucing kesayangannya mengalami muntah-muntah yang merupakan salah satu gejala jika kucing sakit.

Setiap kucing tentu akan muntah sesekali dan merupakan hal yang normal, namun perlu diketahui juga bahwa kucing yang muntah secara berulang perlu mendapat perhatian lebih karena penyebab kucing muntah perlu diketahui agar dapat mengetahu secara pasti cara mengatasi yang tepat.

Lazimnya penyebab kucing muntah tidak hanya karena sakit namun juga bisa disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi, rasa tidak nyaman pada tenggorokan seperti batuk yang tidak tertahankan dan gangguan saluran pencernaan yang dialami oleh kucing.

Dilansir Liputan6.com Rabu (6/7/2022) dari laman GreatPetCare.com berikut ini adalah beberapa penyebab kucing muntah. Pahami juga cara mengatasi kucing muntah sesuai dengan yang dianjurkan oleh pakar kesehatan hewan yang dapat dilakukan oleh para pemilik kucing.


Penyebab kucing muntah

6 Tingkah Kucing Saling Bermesraan Ini Bikin Majikan Senyum
Perbesar
6 Tingkah Kucing Saling Bermesraan Ini Bikin Majikan Senyum (Twitter/araffilindra)

1. Bola Rambut

Penyebab kucing muntah yang pertama dan sering terjadi adalah karena bola rambut yang tersangkut di tenggorokan kucing. Saat kucing menjilati diri mereka sendiri, lidah kasar mereka menarik bulu lepas dari kulit yang kemudian tertelan.

Rambut yang tidak sengaja tertelan ini kemudian terkumpul dan dalam jumlah besar menumpuk di perut dan tidak dapat dicerna, yang kemudian menyebabkan kucing mengalami muntah dan memuntahkan bola rambut.

Penyebab kucing muntah ini tidak perlu dikhawatirkan oleh para pemilik kucing karena merupakan hal yang wajar, namun jika kucing sering mengalami kerontokan bulu, pemilik kucing tetap perlu membawa kucing untuk berkonsultasi ke dokter hewan karena dapat menjadi awal dari gangguan pencernaan yang mungkin akan dialami kucing jika tidak ditangani.

 2. Gastroenteritis

Penyebab kucing muntah berikutnya adalah Gastroenteritis yang merupakan istilah untuk sakit perut yang dialami oleh hewan, Gastroenteritis dapat terjadi karena ketidak hati-hatian saat kucing makan, mengonsumsi makanan yang beracun bagi kucing, atau efek samping obat.

Jika kucing mengalami muntah akibat salah mengonsumsi makanan atau Gastroenteritis, biasanya efek yang muncul ringan dan tidak berlangsung lama sehingga pemilik kucing tidak perlu khawatir dengan kondisi kucing yang nantinya akan segera membaik, namun jika tidak membaik dalam waktu lama maka sangat disarankan untuk segera dibawa ke dokter hewan terdekat.

 3. Benda Asing atau Penghalang

Kucing seringkali memiliki kebiasaan untuk memakan benda-benda asing yang tidak boleh dikonsumsi seperti mainan, ikat rambut, plastic, tali dan juga lain sebagainya yang akhirnya menjadi penyebab kucing muntah.

Hal ini terjadi karena benda asing yang masuk kedalam tubuh kucing akhirnya menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada saluran pencernaan dalam tubuh kucing hingga akhirnya kucing mengalami muntah untuk dapat mengeluarkan benda asing dari dalam tubuhnya.

Penyebab kucing muntah ini sering terjadi karena sifat kucing yang suka mengeksplor diri dan makan berbagai macam benda asing yang ditemuinya. Jika pemilik mengetahui kucing memakan benda asing yang menyebabkan muntah dan tidak dapat dikeluarkan. Cara mengatasi kucing muntah ini disarankan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan.


Cara Mengatasi Kucing Muntah

Kucing - Vania
Perbesar
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Tengyart

4. Alergi Makanan dan Penyakit Radang Usus

Penyebab kucing muntah lainnya adalah karena alergi yang dimiliki oleh kucing, penyebab kucing muntah ini cukup jarang terjadi pada kucing karena kondisi setiap kucing yang berbeda-beda sejak lahir sehingga peluang kucing mengalami muntah karena alergi terbilang kecil untuk terjadi.

Namun jika diketahui kucing memiliki alergi, pemilik perlu waspada karena alergi ini dapat menyebabkan kucing muntah akibat terjadinya radang saluran pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi makanan pemicu alergi. Beberapa kucing mungkin juga mengalami diare kronis akibat alergi yang dialaminya sehingga perlu sangat diperhatikan oleh pemilik kucing.

 5. Penyakit Sistemik

Kucing juga berpeluang untuk memiliki penyakit kronis seperti penyakit ginjal, pankreatitis, dan hipertiroidisme yang mana semuanya dapat menjadi penyebab kucing muntah dan mual yang parah serta kronis karena berbagai mekanisme yang terjadi di dalam tubuh.

Cara mengatasi kucing muntah akibat penyakit sistemik, pemilik kucing perlu untuk selalu melakukan kontrol dengan dokter hewan untuk mengidentifikasi kondisi yang mendasarinya, juga menjaga kondisi kucing dalam kehidupan sehari-harinya.

 6. Parasit

Penyebab muntah kucing akibat parasit merupakan faktor yang lebih sering terjadi pada anak kucing, namun juga tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada kucing dalam segala usia. Dalam beberapa kasus pemilik kucing juga akan menemukan cacing hidup dalam muntahan kucingnya.

Parasit internal yang terjadi pada kucing dapat disebabkan oleh cacing gelang, cacing pita, cacing tambang dan cacing kuku. Cara mengatasi kucing muntah karena parasit sangat disarankan untuk pemilik kucing membawa kucingnya ke dokter hewan terdekat.

 7. Hamil

Kehamilan pada kucing juga menjadi salah satu faktor penyebab kucing muntah, walau tidak terjadi pada semua kucing namun kerap kali pada awal kehamilan kucing akan mengalami mual dan kurang nafsu makan hingga akhirnya mengalami muntah.

Hal ini disebabkan adanya gelombang hormon dalam tubuh kucing dan juga adanya perubahan rahim yang akhirnya membuat tubuh kucing terasa tidak nyaman dan membuat mereka cepat lelah. Hal ini biasa terjadi saat kucing hamil sehingga pemilik kucing tidak perlu khawatir jika kucing yang sedang hamil mengalami muntah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya