Cara Pembuatan Tape Ketan Daun Jambu Khas Cirebon, Lengkap dengan Tips Anti Gagal

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 05 Jul 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 15:35 WIB
20150713-Oleh-oleh Khas Cirebon-Jabar
Perbesar
Tape Ketan khas Cirebon dibungkus daun jambu air. Rasanya manis sedikit asam, dan cita rasa khas dari fermentasi serta aroma daun jambu air membuat tape ketan ini semakin digemari. Senin (13/7/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Tape merupakan makanan tradisional yang cukup populer di Jawa, mulai dari Jawa Timur hingga Jawa Barat. Cara pembuatan tape melalui sebuah proses fermentasi.

Jenis tape juga beragam. Ada tape singkong yang di Jawa Barat disebut peuyeum. Ada pula tape ketan. Maka tidak mengherankan jika cara pembuatan tape pun bermacam-macam.

Banyaknya daerah yang memproduksi dan cara pembuatan tapenya berbeda, membuat jenis varian makanan tradisonal ini pun bermacam-macam.

Untuk tape ketan saja, ada banyak varian. Misalnya saja, tape ketan hijau, tape ketan hitam, tape ketan yang dibungkus daun pisang, tape ketan yang dibungkus daun jambu, dan sebagainya.


Tape ketan daun jambu khas Cirebon

Ada sebuah daerah yang dikenal sebagai penghasil tape ketan. Daerah itu tidak lain adalah Cirebon. Cirebon mungkin lebih dikenal sebagai Kota Udang, namun tape ketan yang dihasilkan juga terasa istimewa.

Ini tentu tidak lepas dari cita rasa yang dihasilkan dari cara pembuatan tape ketan yang khas di Cirebon.

Tape ketan Cirebon memiliki cita rasa yang legit, juicy, hampir tanpa rasa asam. Menariknya lagi, jika kebanyakan tape ketan dibungkus dengan daun pisang, cara pembuatan tape ketan Cirebon sedikit berbeda.

Cara pembuatan tape ketan Cirebon dibungkus dengan daun jambu. Hal itu membuat tape ketan Cirebon memiliki aroma yang khas, kombinasi tape ketan dan aroma jambu. Cara pembuatan tape ketan Cirebon yang dibungkus dengan daun jambu merupakan resep yang diwariskan secara turun temurun.

Tape ketan daun jambu khas Cirebon ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional di Cirebon. Namun sekarang, tape ketan daun jambu khas Cirebon ini juga sudah banyak dijual secara online.


Cara pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon

tape ketan
Perbesar
tape ketan hijau (wikimedia commons)

Kalaupun ingin mencoba membuatnya sendiri, cara pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon ini juga tidak begitu sulit. Hanya saja, karena cara pembuatan tape selalu melalui proses fermentasi, perlu ketelitian dalam menentukan menentukan takaran ragi yang digunakan.

Berikut cara pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon, seperti yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022).

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tape ketan daun jambu khas Cirebon.

1. Beras ketan 500 gr.

2. ±5 gr ragi tape dihaluskan

3. Gula pasir.

4. Daun jambu.

 


Langkah-langkah membuat tape ketan daun jambu

tape ketan
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Imam Ainudin Firmansyah

Cara pembuatan tape ketan daun jambu pun juga relatif mudah. Setidaknya ada enam langkah langkah penting dalam proses pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon ini.

1. Cuci beras ketan yang yang telah disiapkan hingga bersih. Setelah beras ketan dicuci hingga bersih, rendam dengan menggunakan air panas selama kurang lebih selama 3-4 jam sampai beras ketan menjadi lebih empuk.

2. Setelah selesai direndam, tiriskan beras ketan, lalu kukus selama kurang lebih 20-30 menit.

3. Angkat beras ketan yang telah dikukus. Cuci lagi hingga bersih, lalu kukus kembali sampai matang.

4. Setelah matang, tuang ketan di tampah atau wadah lain yang cukup luas. Kemudian ratakan ketan di atas permukaan tampah sampai ketan menjadi dingin.

5. Setelah ketan menjadi dingin, taburkan ragi. Campur ketan dengan ragi hingga merata. Setelah itu taburkan gula dan campur hingga merata.

6. Terakhir bungkus ketan yang sudah dicampuri ragi dan gula dengan daun jambu. Taruh dalam toples tertutup rapat, simpan dalam suhu ruangan selama kurang lebih tiga hari.

Demikian cara pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon.


4 tips agar cara pembuatan tape tidak gagal

Gagal menerapkan cara pembuatan tape akan menghasilkan tape dengan rasa yang kurang sedap. Akan tetapi kegagalan tersebut bisa dihindari dengan memperhatikan 4 hal ini.

1. Kebersihan

Kebersihan menjadi faktor yang penting dan dapat mempengaruhi hasil tape ketan. Kebersihan ruang dan alat yang digunakan akan membuat tape yang dihasilkan terasa sangat masam.

2. Takaran ragi

Salah satu hal yang menantang dalam menerapkan cara pembuatan tape adalah menentukan takaran ragi. Terlebih lagi jika mengingat bahwa ragi merupakan bahan krusial dalam proses fermentasi.

Untuk dapat menghasilkan tape ketan yang manis maka takaran ragi harus tepat. Terlalu sedikit menggunakan ragi akan membuat proses fermentasi menjadi lebih lama. Hal itulah yang akan mempengaruhi rasa ketan menjadi masam.

3. Ragi tidak diayak

Agar mendapatkan tape ketan dan warna yang cantik, penting untuk mengayak ragi yang telah dihaluskan. Menaburkan ragi tanpa diayak terlebih dahulu akan meninggalkan serbuk putih di permukaan tape ketan.

4. Waktu fermentasi

lamanya proses fermentasi juga sangat penting untuk diperhatikan. Idealnya dalam menerapkan cara pembuatan tape yang tepat, fermentasi dianjurkan berlangsung sekitar tiga hari.

Proses fermentasi yang terlalu lama akan membuat rasa tape semakin asam karena kadar alkohol meningkat. Itulah tips untuk menghindari kegagalan dalam menerapkan cara pembuatan tape ketan daun jambu khas Cirebon.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya