12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 05 Jul 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 16:30 WIB
12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang
Perbesar
Ilustrasi Lidah Buaya Credit: pexels.com

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya atau aloe vera dikenal mampu menyehatkan kulit wajah. Gel lidah buaya mengandung banyak air, nutrisi, antioksidan, dan zat yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri. 

Berkat kandungannya tersebut, tak heran jika banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan dasarnya, seperti pelembab, sunscreen, sabun dan sampo, serta serum wajah.

Lidah buaya menjadi salah satu perawatan alami yang ampuh untuk menangani berbagai permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, kerutan, kusam, berminyak dan masalah kulit lainnya. Cara pengaplikasiannya bisa digunakan sebagai masker wajah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/7/2022).


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang
Perbesar
Ilustrasi kulit terbakar.

1. Meredakan Kulit Terbakar

Manfaat lidah buaya untuk wajah dapat meredakan kulit terbakar. Cara pengaplikasiannya, bisa dengan mengoleskan pada area terdampak setidaknya sehari tiga kali menggunakan kain kasa. Namun, jika ingin melindungi kulit dari papar sinar matahari, pastikan juga jangan pernah lupa pakai tabir surya.

2. Mengobati Luka Lecet

Manfaat lidah buaya untuk wajah adalah menyembuhkan luka lecet ringan di bagian dahi atau dagu. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang luka setidaknya seminggu tiga kali. Selain itu, lidah buaya juga berguna meminimalisir rasa nyeri serta sensasi terbakar.

3. Meredakan Luka Sayat

Manfaat lidah buaya untuk wajah adalah meredakan luka karena sayatan. Struktur molekular dalam lidah buaya membantu mengobati luka secara cepat, meningkatkan kolagen serta melawan bakteri. Cara pengaplikasiannya bisa dengan mengoleskannya sehari tiga kali.


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang
Perbesar
ilustrasi kulit kering/pexels

4. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah membantu mengatasi kulit kering. Gel lidah buaya mampu meresap cepat ke kulit. Itulah mengapa, gel lidah buaya baik untuk kulit berminyak. Meski demikian, gel lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi kulit kering. Cara menggunakannya pun mudah. Anda bisa mengoleskannya ke wajah setelah mandi sebagai pengganti pelembap.

5. Meredakan Gejala Eksim

Manfaat lidah buaya untuk wajah adalah melembapkan kulit kering maupun gatal karena eksim. Selain itu, gel lidah buaya berguna juga untuk meringankan dermatitis seboroik. Walaupun jenis eksim berminyak sering dijumpai pada kulit kepala, kondisi ini juga bisa memengaruhi kulit wajah serta belakang telinga.

6. Meredakan Gejala Psoriasis

Manfaat lidah buaya untuk wajah diyakini meredakan peradangan maupun gatal-gatal karena psoriasis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa mengaplikasikannya pada area terdampak setidaknya sehari dua kali.


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang
Perbesar
Ilustrasi Masalah Jerawat Credit: pexels.com/Molly

7. Mengobati Jerawat Meradang

Gel lidah buaya memiliki kandungan anti-peradangan yang bermanfaat membantu meredakan jerawat meradang, seperti nodula dan pustula. Untuk menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area terdampak menggunakan kapas setidaknya sehari tiga kali.

8. Membersihkan Make Up

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa untuk membersihkan make up. Membersihkan riasan wajah atau make up sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan kulit wajah di sekitar mata sangatlah halus, apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi. Gel lidah buaya dapat menjadi penghapus makeup yang cukup baik untuk wajah, karena dapat membersihkan dengan lembut dan alami.

9. Mencerahkan Kulit

Wajah kerap mengalami kondisi munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja terlalu banyak terpapar sinar matahari, stres, genetika, atau kerusakan radikal bebas dari waktu ke waktu. Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah dengan menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah.

Bagi anda yang sedang hamil, bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk menyamarkannya. Manfaat lidah buaya untuk wanita adalah menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah. Selain itu, lidah buaya juga bisa bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih.


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Bantu Obati Jerawat Meradang
Perbesar
ilustrasi penuaan dini/pexels

10. Mencegah Penuaan Dini

Selanjutnya, kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Pasalnya sifat antioksidan dalam lidah buaya dipercaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda.

11. Mengatasi Mata Panda

Tanaman lidah buaya memiliki kelebihan sebagai bahan alami pelembap kulit. Kandungan yang ada di dalam lidah buaya diyakini efektif untuk mengurangi lingkar hitam pada mata secara alami. Gel lidah buaya turut membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit.

Hal tersebut dapat membantu melembapkan kulit di daerah sekitar mata tampak lebih cerah. Cara memakainya bisa mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur di daerah sekitar mata dan biarkan semalaman.

12. Bahan Scrub untuk Kulit Sensitif

Kulit yang sensitif cenderung mudah iritasi apabila tidak cocok dengan produk tertentu. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, penting untuk mengetahui manfaat lidah buaya untuk wajah ini.  Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan yang tergolong aman untuk kulit sensitif. Kemudian kandungan lidah buaya juga dinilai cocok untuk dijadikan campuran scrub. Cara menggunakannya hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan oatmeal untuk mendapatkan tekstur scrub yang baik. Anda bisa melakukan proses eksfoliasi pada sel-sel kulit mati dengan cepat dan mudah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya